Tips
Lebih Mudah Wisata di Hiroshima dengan Trem
2017-08-11 07:23:24
HIS Travel

Hiroshima, sebuah prefektur yang terletak di Pulau Honshu dan dikenal sebagai pusat industri tekstil dan barang-barang dari karet. Sebagai kota warisan budaya dunia, Kota Hiroshima memiliki daya tarik yang selalu diminati wisatawan yang berkunjung ke Jepang. Mulai dari sejarah yang akan selalu dikenang seluruh dunia, keajaiban kuil Utsukushima di atas laut, hingga keindahan alamnya di Pulau Miyajima.

Oleh karenanya, akses transportasi di Hiroshima menjadi hal yang sangat penting bagi wisatawan. Trem Hiroshima (www.hiroden.co.jp) hadir untuk membawa wisatawan menjelajahi Kota Hiroshima. Trem ini akan membawa wisatawan ke mana pun hanya dengan tarif 160 yen. 

Image source: voyapon.com

Jalan-jalan utama di pusat Kota Hiroshima didominasi oleh trem, bus umum, dan mobil. Berbeda dengan Kota Tokyo yang dipenuhi lintasan-lintasan subway yang mungkin membuat wisatawan sedikit kebingungan. Sistem trem Hiroshima adalah jaringan rel kereta api bersejarah dan modern yang sangat nyaman. Tersedia tujuh jalur berbeda yang melintasi Kota Hiroshima ke berbagai tujuan.

Image source: voyapon.com

Kota Hiroshima merupakan kota kecil, yang berarti untuk waktu tempuh perjalanan dengan trem rata-rata tidak lebih dari 15 menit sehingga memungkinkan wisatawan melakukan perjalanan lebih dari satu sisi kota ke sisi lainnya dalam waktu kurang dari setengah jam. Sangat memudahkan bagi wisatawan yang ingin melakukan one-day-tour di Kota Hiroshima.

Dengan hampir 80 pemberhentian yang tersebar di seluruh kota, trem Hiroshima yang sudah ada sejak tahun 1910 ini akan membawa wisatawan ke berbagai tujuan di Kota Hiroshima. Meskipun terkesan kuno dan vintage, trem Hiroshima tetap mengikuti kemajuan teknologi yang selalu menjadi keunggulan di Jepang. Sebagian besar pemberhentian trem dilengkapi dengan layar yang memuat informasi penumpang secara real-time. Dengan rute yang berbeda setiap jalurnya, wisatawan harus memastikan naik trem yang sesuai dengan tujuan.

Image source: voyapon.com

Meskipun pada dasarnya transportasi umum di Jepang cukup sederhana dan mudah dimengerti, tetapi cara pembelian tiket dan penggunaannya terkadang cukup unik sehingga tidak jarang mengakibatkan situasi yang canggung dan tidak nyaman. Tidak terkecuali trem Hiroshima ini. Setibanya di halte pemberhentian, berjalanlah ke depan trem dan letakkan uang di dalam kotak plastik transparan yang terletak di samping pengemudi.

Perlu diingat, wisatawan harus menggunakan uang tunai untuk pembayaran trem Hiroshima dan pastikan untuk menyiapkan uang pas sebelum naik trem. Apabila tidak memiliki uang koin, tersedia mesin penukar koin di sebagian besar halte. Penge
mudi biasanya tidak akan menghitung uang yang dimasukkan, jadi tidak perlu menunggu konfirmasi mengenai jumlahnya, cukup bayar dan turun dari trem. Alternatif apabila wisatawan tidak ingin membayar dengan uang tunai, tersedia PASPY di mesin-mesin penjual otomatis. Tiket unlimited 1 hari bisa juga didapatkan di Stasiun Hiroshima dan sebagian besar hotel seharga 600 yen. Pass 1 hari ini bisa digunakan untuk semua bus dalam kota dan rekomendasi tepat bagi wisatawan yang sering menggunakan transportasi umum.

Image source: voyapon.com

Trem Hiroshima merupakan cara paling efektif dan nyaman untuk menjelajahi Kota Hiroshima. Apabila menemukan kesulitan ketika membeli dan menggunakan trem, jangan ragu untuk bertanya pada penduduk lokal. Ayo rencanakan liburan ke Hiroshima mulai dari sekarang. Dan rasakan keajaiban 4 musim di Jepang bersama Cool Japan Travel Fair 2017.

Banner image source: voyapon.com