Food
Kuri, Simbol Makanan Lezat Di Musim Gugur
2016-10-13 06:26:28
HIS Travel

Tahukah kamu, kalau ada beberapa makanan yang hanya bisa kamu nikmati di musim gugur. Nah, Kuri adalah salah satunya. Tahukah kamu seperti apa bentuknya? Kuri adalah sejenis kacang besar dengan kulit keras berwarna coklat tua dan dipenuhi atau duri yang cukup lunak. Dari tampaknya, kuri mirip seperti rambutan. Kuri, atau yang dalam bahasa indonesia disebut kastanye ini merupakan simbol musim gugur di Jepang. Kuri selalu dihidangkan pada tahun baru, yang melambangkan kerja keras, kesuksesan dan kekuatan.

Kuri merupakan salah satu panganan yang paling tradisional, bahkan masyarakat Jepang sudah membudidayakan Kuri ini sebelum mereka membudidayakan padi lho. Kuri termasuk jenis flora yang susah untuk dibudayakan karena pohon ini membutuhkan kelembaban tanah tertentu. Salah satu lokasi pembudidayaan kuri yang paling utama bisa kamu temukan di Ibaraki.

Ada banyak sekali cara untuk mengolah kuri. Cara yang paling mudah adalah dengan cara merebus atau digongseng. Di Jepang, kuri juga dijadikan hidangan kue (wagashi) yang sangat lezat. Kuri yang dimasak dengan nasi (kurigohan) pun sangat digemari karena memiliki citarasa yang unik. Sebaiknya tidak mengonsumsi buah kuri dalam keadaan mentah ya. Karena buah kuri yang masih mentah mengandung tannic acid yang cukup tinggi dan membuat rasa buah kuri tidak bersahabat di lidah.

Cara mengolahnya cukup mudah kok. Kuri yang masih utuh di pohon, berada di dalam kulit yang berduri lunak dan berwarna hijau atau coklat. Di dalam satu buah kuri, biasanya terdiri dari dua hingga tiga biji kuri yang masih terbungkus lapisan tipis yang lunak menyerupai kayu yang yang masih harus kamu kupas sebelum bisa dikonsumsi. Supaya lebih mudah untuk melepas kulitnya, kuri biasanya direbus atau digongseng terlebih dahulu.

Nah, di musim gugur ini, tahukah kamu apa saja hidangan berbahan dasar kuri yang sering dijumpai?

-    Kurigohan

Kurigohan adalah nasi yang dalam proses memasaknya kemudian dicampurkan kuri dan bahan-bahan lainnya. Tentu saja, kuri-nya sebelumnya diolah terlebih dahulu. 

-    Kuriokowa

Kalau kurigohan merupakan pencampuran antara kuri dengan nasi, Kuriokowa merupakan hidangan pencampuran antara kuri dengan okowa (ketan).

-    Kurikinton

Kurikinton merupakan masakan ubi manis yang dikukus dan dicampur dengan kuri. “Kinton” dapat berarti buliran emas. Kurikinton merupakan makanan khas tahun baru di Jepang, karena hidangan ini memiliki makna agar bisnis di tahun ini lancar dan rezeki yang berlimpah. Rasanya yang manis, membuat makanan ini menjadi favorit anak-anak.

-    Kuri Manju

Merupakan jenis manju yang cukup populer di Jepang. Kuri manju merupakan jenis yaki manju atau manju panggang. Isinya diisi oleh kuri utuh atau kuri yang sudah dicincang. Kuri manju sangat populer untuk dijadikan oleh-oleh di musim gugur, lho.

Selamat mencoba...