Jepang
Liburan ke Izu, Kunjungi Festival Kawazu Cherry Blossom
2018-03-23 07:49:45
HIS Travel

Mekarnya bunga sakura menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu oleh wisatawan yang ingin berlibur di Jepang. Ketika bunga sakura bermekaran, ada festival khusus yang digelar untuk menikmati keindahan bunga sakura ini. Salah satu festival yang menjadi tujuan favorit para pelancong baik wisatawan lokal maupun mancaneraga adalah festival Kawazu Cherry Blossom atau Kawazu Sakura Matsuri.

Kawazu Sakura Matsuri di Kota Kawazu

Festival Kawazu Cherry Blossom atau Kawazu Sakura Matsuri diadakan di sebuah kota kecil bernama Kawazu. Kota ini terletak di Semenanjung Izu yang termasuk dalam wilayah Prefektur Shizuoka. Kota ini hanya berjarak 2 jam perjalanan dari Tokyo dengan menggunakan kereta.
Lalu apa keistimewaan Kota Kawazu?

Kota Kawazu menjadi satu-satunya tempat paling awal bunga sakura bermekaran. Jenis bunga sakura yang mekar paling awal ini dikenal dengan nama Kawazuzakura. Travel Mates sudah bisa melihat bunga sakura di kota ini sejak awal Bulan Februari sampai awal Bulan Maret. Tahun ini Kawazu Sakura Matsuri atau festival Kawazu Cherry Blossom diadakan mulai tanggal 10 Februari 2018 hingga 10 Maret 2018. 
Ada kurang lebih 8.000 pohon sakura Kawazuzakura yang bisa ditemukan di kota ini dan bermekaran dalam waktu yang bersamaan.

Bisa dibayangkan betapa indahnya pemandangan kota dengan bunga-bunga berwarna merah jambu dengan kelopak-kelopaknya yang besar. 
Pohon sakura Kawazuzakura tersebut ditanam oleh penduduk Kota Kawazu pada tahun 1950. Pada penduduk kota memiliki harapan mempunyai tempat yang indah untuk mengadakan pesta hanami. Kini, bertahun-tahun kemudian impian tersebut telah menjadi kenyataan. Tak hanya penduduk Kota Kawazu saja yang bisa menikmati keindahannya tetapi juga para wisatawan yang berasal dari luar Jepang. Setiap tahunnya, tak kurang dari 2 juta orang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan bunga sakura yang bermekaran paling awal. 


Di Kota Kawazu, Travel Mates bisa menikmati indahnya bunga sakura dalam sebuah festival yang digelar di sepanjang tepian Sungai Kawazu. Pohon-pohon sakura berjajar sekitar 4 kilometer panjangnya di sepanjang tepian sungai. Anda bisa berjalan-jalan menyusuri tepian sungai sambil menikmati keindahan bunga sakura yang sedang bermekaran atau duduk-duduk santai di bangku yang telah disediakan. 


Selama festival Kawazu cherry blossom berlangsung, banyak pula gerai-gerai yang menawarkan aneka makanan khas Kawazu, souvenir, makanan kering, hingga pohon Kawazuzakura berukuran kecil yang bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Tak hanya di siang hari, festival berlanjut hingga malam hari. Pemandangan di malam hari terasa semakin indah dan romantis dengan cahaya lampu-lampu yang diatur sebagai penerangan. 


Lantas bagaimana cara untuk menuju ke festival Kawazu Cherry Blossom? Lokasi festival tersebut mudah diakses dari Kota Tokyo dengan menggunakan kereta. Travel Mates bisa menggunakan kereta Odoriko dari Stasiun Tokyo menuju ke Stasiun Odawara, lalu menuju ke Stasiun Ito, Stasiun Kawazu sampai ke Stasiun Shimoda yang berada di ujung selatan Semenajung Izu. Semua jalur kereta Odoriko ini masuk dalam cakupan JR East Tohoku Area Pass atau JR East Nagano Niigata Area Pass.
Jika sudah tiba di Stasiun Kawazu, berjalanlah sekitar 5 menit menuju ke lokasi festival yang berada di tepian sungai Kawazu. Dalam perjalanan menuju lokasi festival, Anda sudah bisa melihat pohon-pohon sakura yang berjajar di pinggir jalan. Perjalanan tersebut sungguh akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. 

Spot Wisata Lain di Kawazu
Kawazu tidak hanya menawarkan keindahan bunga sakura yang bermekaran di sepanjang tepian Sungai Kawazu. Setelah berkunjung ke festival Kawazu cherry blossom, Travel Mates bisa melanjutkan perjalanan wisata dengan mengunjungi beberapa spot wisata menarik. 

Onsen Fontain Park
Onsen fontain park adalah kolam permandian air panas alami di Kota Kawazu. Di tempat ini terdapat tujuh kolam air panas alami dengan karakternya masing-masing. Sambil berendam dalam air panas alami, Travel Mates disuguhi pemandangan alam berupa pemandangan pegunungan dan pemandangan laut. Lokasi onsen fontain park ini tak jauh dari spot wisata Kawazu Nanadaru. 

Kawazu Nanadaru
Kawazu Nanadaru adalah spot wisata alam berupa tujuh air terjun yang terletak di pegunungan yang berada di atas Kota Kawazu. Ketinggian air terjun tersebut beragam mulai dari 2 meter hingga 30 meter. Uniknya lagi, dalam perjalanan untuk sampai ke air terjun ini Travel Mates akan disambut oleh patung-patung para pahlawan dalam cerita “Izu No Odoriko” atau Penari dari Izu yang pernah mendapatkan penghargaan Nobel Prize. 
Untuk sampai ke air terjun ini, Anda bisa naik bus dari Stasiun Kawazu lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang sekitar 1 Km menyusuri hutan yang asri. Tak perlu kuatir dengan medannya, sebab jalan menuju ke air terjun tersebut sudah dibuat begitu nyaman sehingga bisa dilewati siapa saja dengan mudah. Dalam perjalanan tersebut, sesekali Anda bisa berhenti untuk mengabadikan keindahan air terjun dari dek observasi atau jembatan. 

Wasabidanosato
Wasabidanosato adalah sebuah kebun Wasabi atau tanaman sejenis kubis yang merupakan tanaman asli Jepang. Kebun Wasabi terbilang sulit untuk ditemukan bahkan di berbagai daerah di Jepang. Wasabi biasanya digunakan sebagai penyedap untuk masakan Sashimi dan juga Sushi. Wasabidanosato adalah kebun Wasabi terbesar di Jepang dan juga kebun Wasabi terindah. 


Nah, itulah daya tarik Kota Kawazu yang menjadi salah satu tujuan favorit untuk menikmati keindahan bunga sakura yang bermekaran. Jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke festival Kawazu cherry blossom dan spot wisata menarik lainnya yang berada di Kota Kawazu. Travel Mates akan merasakan pengalaman tak terlupakan berlibur ke Jepang saat bunga sakura sedang bermerakan. Rencanakan liburan Anda mulai sekarang dan dapatkan penawaran-penawaran menarik hanya di H.I.S. Travel Indonesia.