Tips
Kippu, Solusi Jalan-Jalan Murah di Jepang
2016-02-19 08:10:37
HIS Travel

Kalau kamu sedang berada di Jepang pada periode libur tertentu dan ingin berkeliling Jepang sambil menikmati perjalanan santai menggunakan kereta, maka kamu harus coba 18 Kippu atau bisa disebut dengan Seishun 18 Kippu.

Apa itu Seishun 18 Kippu?

Seishun 18 Kippu adalah tiket kereta yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan jasa JR (Japan Railway) di line apapun dari utara hingga selatan Jepang. Kartu ini dikeluarkan oleh salah satu perusahaan kereta terbesar Jepang untuk memberikan layanan lebih kepada pengunanya dalam berkunjung ke berbagai tempat di Jepang menggunakan kereta. 

Keterbatasannya adalah kartu ini hanya berlaku untuk kereta reguler dan kereta cepat (kaisoku) dengan tempat duduk bebas. Dalam artian, akan makan waktu cukup lama jika kamu memilih tiket ini untuk bepergian dari Tokyo menuju daerah-daerah Kansai di selatan Jepang karena yang bisa digunakan hanya kereta reguler saja. Kamu tidak dapat menggunakan tiket ini untuk naik Shinkansen ataupun kereta limit express. Namun kamu bisa tetap naik kereta malam (dengan catatan untuk reservasi tiket terlebih dahulu dengan tambahan biaya yang tidak mahal).

Seishun 18 Kippu ini bisa dinikmati oleh siapa saja, tidak pandang umur, jenis kelamin dan kewarganegaraan. Jadi meskipun namanya “Seishun” atau dalam Bahasa Indonesia diaryikan sebagai “Masa Muda”, yang disini berarti masa yang penuh petualangan dan perjalanan, tetapi tiket ini tidak dibatasi umur sama sekali.

Harga tiketnya adalah 11,850 yen (baik untuk dewasa maupun anak-anak). Selembar tiket Seishun 18 Kippu dapat digunakan untuk 5 kali kesempatan. Misalnya kamu menggunakan 1 kali kesempatan pada hari ini, maka kamu dapat bebas berwisata kemanapun naik JR dengan gratis di hari tersebut. 4 kali kesempatan sisanya, dapat kamu pergunakan esok harinya, atau di lain hari selama masih dalam batas  periode berlakunya.

Jadi pada dasarnya, selama satu hari kamu dapat menggunakan 1 kali kesempatan seharga 2,370 yen untuk naik JR sepuasnya di bawah harga standar!

Tiket ini juga tidak hanya bisa dipakai untuk satu orang, tapi kamu juga bisa menggunakannya bersama teman atau keluargamu. Kalau kamu bepergian bersama seorang teman, maka 1 kali kesempatan adalah untukmu, dan kesempatan ke-2 adalah untuk temanmu, dan seperti itu terus berikutnya sampai dengan batas 5 kali kesempatan per tiket. Jadi, 5 kali kesempatan tersebut, dapat dibagi kepada 5 orang untuk naik JR berlima selama seharian penuh. Dengan ini 5 kali kesempatan dipakai sekaligus. Atau dengan pola, 1 kali kesempatan digunakan oleh kamu, kemudian 4 kesempatan sisanya digunakan berdua dengan teman atau kerabat kamu.

Tetapi untuk penggunaan selembar tiket Seishun 18 Kippu untuk beberapa orang, maka rombongan tersebut tidak boleh terpisah satu sama lain (mengingat yang digunakan adalah 1 bagian tiket). Penggunaan 5 kali kesempatan ini juga tidak harus 5 hari berturut-turut. Hari apapun diperkenankan, selama tiket masih dalam masa penggunaan yang berlaku.

Tiket ini bisa dibeli di stasiun-stasiun utama tertentu di JR. Setelah tiba di stasiun, segera cari konter berwarna hijau (JR Midori Madoguchi) untuk mendapatkan tiket ini. untuk kamu yang kesulitan dengan Bahasa Jepang, kamu bisa bertanya dan membeli tiket 18 Kippu ini di stasiun-stasiun utama seperti Shibuya, Shinjuku, Tokyo, Kyoto, Shin-Odaka dan sebagainya.

Info lengkap dan update periodenya bisa kamu cek di official web berikut : http://www.jreast.co.jp/e/pass/seishun18.html

Nah, apakah kamu berminat untuk mencoba tiket 18 Kippu?

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia