People & Culture
Terhanyut dalam Keseruan La Tomatina di Buñol
2017-07-09 18:07:19
HIS Travel

Pernahkah anda berada dalam kerumunan lautan manusia yang pecah di alun-alun kota ?
Dan apa jadinya apabila kerumunan massa tersebut dibekali dengan stok tomat yang -bisa dibilang- tidak terbatas ?

imagesource : lotterymagazine
Yap, keseruan tiada henti yang akan terlintas di benak anda ketika rentetan lemparan tomat mulai berdatangan silih berganti ke segala arah dan menghantam siapapun yang ada di jalur lemparan. Apabila anda mendambakan euforia yang dulu anda dapatkan ketika saling lempar lumpur bersama teman kecil anda, La Tomatina adalah jawaban dari kerinduan anda. Tercatat sebagai salah satu festival terliar di Eropa, Buñol yang terletak di provinsi Valencia, Spanyol sebagai tuan rumah La Tomatina, mengundang anda dan partner berwisata anda untuk larut dalam gelaran acara setahun sekali ini.

imagesource : By flydime (La Tomatina (25.08.2010) / Spain, Buñol) [CC BY-SA 2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0)], via Wikimedia Commons
Tradisi berupa festival ini dimulai di tahun 1945, dan kemudian diadakan setiap hari rabu terakhir di bulan Agustus; dan sebagai catatan, hingga saat ini tidak ada yang tahu dengan pasti alasan awal mula terjadinya festival ini. 

Cara Bergabung dalam La Tomatina

imagesource : By flydime (La Tomatina (25.08.2010) / Spain, Buñol) [CC BY-SA 2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0)], via Wikimedia Commons
Kebanyakan peserta festival menghadiri acara ini di pagi hari dan kemudian pulang kembali ke rumahnya masing-masing ketika malam menjelang. Namun, apabila anda sebagai wisatawan ingin menikmati rangkaian acara yang disajikan, anda dapat menghadiri kota Buñol 3-5 hari sebelum La Tomatina dimulai. Karena pada saat itu terdapat beragam acara lain yang tidak kalah seru seperti parade, kembang api, pentas dansa, dan pentas musik.
Dengan menyisihkan uang anda senilai kurang lebih Rp150.000,- melalui pembelian tiket secara online, anda sudah dapat terjun bersama 120 ton tomat segar dan ribuan orang dewasa lainnya untuk saling adu lempar tomat satu sama lainnya. Namun, ada baiknya anda memesan tiket jauh-jauh hari, karena tiket La Tomatina cenderung sold-out 1-2 minggu sebelum hari pelaksanaannya. Atau anda dapat menggunakan jasa Tour & Travel dalam paket-paket wisatanya untuk mengamankan kursi anda di festival La Tomatina.

Perang Dimulai !!

imagesource : By Carlesboveserral (Own work) [CC BY-SA 4.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)], via Wikimedia Commons
Sejak pagi hari, anda akan menemui adanya belasan truk yang berisi tomat segar diparkirkan disekitaran alun-alun kota Buñol. Dan tepat pukul 11 pagi waktu setempat, akan terdengar suara meriam yang ditunggu-tunggu massa yang telah -biasanya- berdiri rapi menunggu sejak jam 9 pagi waktu setempat. Bunyi dentuman meriam tersebut menjadi penanda dimulainya La Tomatina, dan seketika saat itu juga dari truk-truk yang telah disiagakan akan ditumpahkan tomat yang akan jatuh ke sela-sela kaki para peserta. Dengan demikian, La Tomatina telah resmi dibuka; dan biasanya berlangsung selama 1 jam, hingga bunyi meriam yang kedua terdengar.
Disela-sela lemparan tomat yang silih berganti anda akan sering menemukan tawa dan canda dari para peserta; mulai dari para peserta yang cukup baik untuk meremas tomat terlebih dahulu sebelum melemparnya hingga para peserta yang tidak sebegitu baik dan melempar tomat mentah-mentah ke arah anda. Maka perhatikan pula pakaian yang anda kenakan di La Tomatina; ada baiknya anda menggunakan baju-baju anda yang sudah cukup jelek ditambah dengan sepatu. Pertimbangkan juga untuk mengenakan googles atau kacamata renang untuk melindungi mata anda. Jangan coba-coba untuk membawa kamera, karena anda akan menjadi target paling empuk diantara lautan manusia yang melempar tanpa arah.

imagesource : MikeJamieson(1950), La Tomatina En Reno 024, Flickr


Dan jangan lupa, satu hal yang paling penting, tenggelamkan diri anda dalam suasana La Tomatina dan nikmati pengalaman baru ini.