People & Culture
Kesan Unik Polisi di Jepang
2016-10-06 08:24:13
HIS Travel

Jepang merupakan salah satu negara teraman di dunia. Penelitian menunjukkan sejumlah faktor yang membuktikan tingkat kriminalitas rendah di Jepang. Hal tersebut adalah karena budaya dan anti-kekerasan. Hal-hal yang menimbulkan kemarahan dan agresi adalah hal memalukan di tengah masyarakat Jepang. Menurut beberapa ahli, tradisi tersebut sudah ada setelah Perang Dunia II ketika Jepang bangkit kembali dari keterpurukan pasca bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Hingga saat ini Jepang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Apabila dibandingkan dengan negara-negara lain, Jepang memiliki tingkat pengangguran dan penggunaan obat-obatan terendah, sehingga tingkat kriminalitas pun menjadi rendah bahkan jarang ditemukan kasus-kasus kriminal seperti di beberapa negara kebanyakan.

Keamanan tersebut pastinya tidak lepas dari peran polisi. Apabila kamu pernah pergi ke Jepang, kamu akan melihat polisi Jepang sangat berbeda dengan di Indonesia. Polisi Jepang mungkin terkesan tidak efektif atau tidak terlalu mengancam untuk pelaku kejahatan, dengan menggunakan sepeda untuk patroli atau mobil patroli yang kecil. Meskipun terlihat tidak begitu efektif atau tidak begitu 'seram' untuk mengancam pelaku kejahatan, tetapi Departemen kepolisian Jepang, khususnya Tokyo Metropolitan Police merupakan organissasi polisi yang besar yang dirancang untuk dapat menghadapi kejahatan terorganisir dan kelompok politik radikal.

Kekuatan polisi Jepang begitu luar biasa. Pelaku kejahatan akan ditahan selama 23 hari untuk diinterogasi tanpa tuduhan, tanpa jaminan yang ditawarkan dan tanpa perwakilan umum. Bahkan jika pelaku kejahatan merupakan orang asing, kedutaan besar pelaku di Jepang tidak bisa membebaskan begitu saja dari situasi tersebut. Para pelaku akan mengakui kesalahan mereka ketika diinterogasi.

Sama seperti di Indonesia, polisi Jepang selalu menyalakan lampu mereka ketika patroli. Hal ini tidak selalu ditunjukkan agar kendaraan lain untuk menepi. Ketika polisi ingin kalian untuk menepi, maka mereka akan menggunakan sirene. Mereka juga akan menggunakan megafon atau pengeras suara untuk memberikan instruksi, misalnya untuk memberitahu bahwa mereka akan menerobos lampu merah.

Polisi juga menggunakan megafon untuk memberikan peringatan, misalkan "Mobil merah! Dilarang untuk menelepon ketika berkendara" dan lain sebagainya. Jadi, kamu harus selalu memperhatikan sekitar ketika mengemudi, apalagi ketika mobil polisi lewat di sekitarmu, misalnya dengan mengecilkan volume musik di mobilmu.

Meskipun terkesan penuh dengan peraturan yang ketat, berikut kesan-kesan unik yang akan terlihat dari polisi di Jepang dalam menjaga keamanan Negaranya.

1. Kepolisian Terbesar di Dunia

Kepolisian Metropolitan Tokyo merupakan kepolisian terbesar di dunia. Jepang merupakan salah satu negara dengan tingkat kejahatan terendah di dunia. Namun, Tokyo memliki jumlah petugas kepolisian terbesar di dunia, yaitu 43.273 polisi dan 3.095 petugas bekerja paruh waktu. Antisipasi yang begitu kuat dari negara Jepang untuk keamanan setiap masyarakatnya. Pada hitungan terakhir ada 289.800 polisi di Jepang. Sebagian besar pekerjaan ini dibagi untuk 47 prefektur Jepang (pasukan polisi prefektur). Ada juga berbagai organisasi polisi dengan tingkat nasional. Bahkan ada 13.500 petugas polisi perempuan yang bekerja di Jepang.

2. Kendaraan Polisi yang Bervariasi

Kepolisian di Jepang berusaha mencoba untuk mudah dilihat di komunitas masyarakat. Penggunaan sepeda untuk patroli sangat umum digunakan. Penggunaan mobil kecil dengan kapasitas mesin 660 cc seperti ini juga umum digunakan. Untuk keadaan darurat dan untuk patroli di jalan tol, mereka menggunakan sedan limusin seperti Toyota Crown. Selain itu kepolisian Jepang memiliki kendaraan anti huru hara. Kendaraan ini digunakan untuk menangani aksi-aksi demo, menjaga keamanan pada event-event dan festival yang dipadati oleh jutaan orang.  Departemen kepolisian yang besar juga memiliki helikopter untuk patroli di udara.

3. Kepolisian Terlucu di Dunia

Jepang itu tidak pernah terlepas dari kesan lucu. Warga Jepang menyukai hal-hal yang lucu. Di Jepang, karakter lucu diperlukan sebagai iklan untuk menjual segala sesuatu, dari permen hingga layanan perbankan. Hal ini juga berpengaruh terhadap kepolisian di Jepang. Setiap pasukan kepolisian di Jepang memiliki karakter logo yang unik dan lucu. Karakter polisi yang paling dikenal berasal dari Tokyo Metropolitan Police Departement, bernama Pipo-kun. Poster-poster kejahatan di Jepang juga dibuat dengan sangat lucu atau bahkan sangat mengintimidasi.

Begitulah kesan unik polisi di Jepang. Polisi di Jepang bisa ditemui di manapun dan akan menangani masalah sekecil apapun, termasuk kehilangan sepeda. Polisi Jepang bisa tampak menakutkan. Namun, kebanyakan orang menemukan bahwa polisi Jepang mudah untuk didekati dan sangat membantu. Pos polisi kecil pun tersebar di manapun, jadi jangan pernah khawatir tersesat di Jepang.