Jepang
Kereta di Jepang
2015-07-29 10:28:34
HIS Travel

Jepang memiliki sistem transportasi yang menjadi salah satu yang paling maju di dunia. Jasa perkeretaapiannya saja sudah mencakup hampir semua tempat tujuan yang memungkinkan. Kereta api merupakan alat transportasi utama di Jepang, terutama untuk menghubungkan kota-kota utama dan alat angkut komuter di kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka.

Jika kamu berkunjung ke Tokyo, atau mencoba tinggal di kota ini, ada beberapa tips untuk menggunakan kereta dan subway (kereta bawah tanah) di Tokyo.

Satu dari banyak hak yang dapat memusingkan adalah terdapat kurang lebih 10 perusahaan kereta yang berbeda di Tokyo. Beberapa di antara mereka adalah JR (Japan Rail), Eidan, Toei, Keio, Odakyu, Keikyu, Seibu, dan Tokyu.

JR merupakan perusahaan yang terbesar dan terpopuler khususnya untuk orang yang baru datang ke Tokyo. JR sangat dikenal dengan ketepatan waktunya yang luar biasa. Jika kalian ingin membeli kartu masuk Japan Rail, maka kartu itu hanya berlaku untuk kereta-kereta JR.

Kartu masuk JR (JR Pass), adalah tiket khusus yang berlaku untuk Wisatawan dari luar negeri yang mengunjungi Jepang untuk wisata. Dengan satu kartu memungkinkan wisatawan untuk naik kereta yang dimiliki JR termasuk kereta Shinkansen. Jika kamu ingin menaiki Shinkansen untuk pergi ke beberapa tempat seperti Kyoto atau Osaka, dapat menggunakan JR Pass. Sangat ekonomis bukan? Informasi lengkap mengenai JR Pass dapat dilihat disini http://his-travel.co.id/jrpass.

Tapi jika kamu ingin menghabiskan waktu di daerah-daerah atau di dalam kota, belilah tiket untuk kereta api lokal di mesin penjualan tiket di setiap stasiun, dan pergilah ke Ticket Reservation Offices (Kantor Pemesanan Tiket) (“Midori no Madoguchi”) untuk tiket dengan kelas yang berbeda, dan juga untuk perjalanan jarak jauh.

Subway (kereta api bawah tanah) tersedia di semua kota-kota besar dan memberikan transportasi yang cepat dan efisien. JR Yamanote-sen loop line di Tokyo dan Osaka Kanjo-sen loop line, keduanya mengitari pusat-pusat kota mereka. Di Tokyo, harga tiket JR dimulai dari ¥130, tiket subway ¥160 untuk Tokyo Metro dan ¥170 untuk kereta api Toei (Metropolitan), dan harga keduanya meningkat sesuai dengan jarak yang ditempuh.

Hampir semua stasiun memiliki mesin penjualan tiket dan mesin pemeriksaan tiket otomatis di gerbang masuk/keluarnya.

Berikut adalah beberapa contoh penamaan jalur kereta di Jepang:

Jalur Nanboku = jalur selatan - utara (南 nan = selatan, 北 boku = utara)

Jalur Tozai = jalur timur - barat (東 to = timur, 西 zai = barat)

Jalur Chou = jalur pusat (中央 pusat)

Jalur Toyoko = jalur Tokyo-Yokohama

Jalur Saikyo = jalur Saitama-Tokyo

Jalur Keiyo (京葉) dimana 京 diambil dari Tokyo(東京) dan 葉 diambil dari Chiba(千葉). Jadi dengan kata lain jalur Keiyo adalah jalur dari Tokyo ke Chiba.