People & Culture
Kerajinan Tradisional Kanazawa
2016-05-28 07:57:25
HIS Travel

Kanazawa adalah kota utama dari Prefektur Ishikawa yang berada di pinggiran dekat Laut Jepang. Sebagai akibat dari ekonomi yang hidup dan kebijakan pengembangan budaya selama Zaman Edo, Ishikawa menghasilkan bermacam-macam kesenian dan kerajinan tradisional yang terkenal di dunia. Pada Juni 2009, UNESCO menunjuk Kanazawa sebagai kota kerajinan dan seni tradisional (City of Craft and Folk Art).

Hal ini membuat Kanazawa menjadi salah satu kota terbaik untuk kamu yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kerajinan tradisional Jepang. Di Kanazawa, ada dua seni kerajinan tradisional yang menjadi kebanggaan Ishikawa, yaitu Kanazawa Gold Leaf dan Kaga Yuzen.

Kanazawa Gold Leaf

Lembaran Emas Kanazawa adalah salah satu kesenian dan kerajinan yang paling terkenal di Ishikawa. Lebih dari 99% lembaran emas yang diproduksi di Jepang diproduksi di Jepang diproduksi di Kanazawa. Lembaran emas Kanazawa dibuat dengan cara memukul-mukul emas hingga menjadi lembaran tipis. Saking tipisnya bahkan lembaran tersebut dapat menghilang apabila digosok dengan jari.

Produksi lembaran emas dimulai sejak akhir abad ke-16. Keluarga Maeda yang memerintah klan Kaga pada zaman feodal, mengundang banyak perajin ke Kanazawa. Tetapi karena pada saat itu Shogun hanya menginzinkan gold beating di daerah tertentu seperti Edo dan Kyoto, produksi ini sempat terhambat. Baru sekitar abad ke-19 produksi lembaran emas hidup kembali secara terbuka di Kanazawa.

Lembaran emas digunakan untuk kerajinan tangan, seperti kendi, mangkuk dan hiasan. Selain itu digunakan juga untuk dekorasi di kuil, altar dan peralatan Buddha. Kamu bisa menemukan penggunaan lembaran emas di kuil terkenal seperti Kyoto Kinkakuji (Kuil Paviliun Emas) dan kuil Shinto Toshogu di Nikko, Prefektur Tochigi.

Di Kanazawa, toko lembaran emas menjual berbagai macam produk seperti kosmetik dan makanan yang mengandung lembaran emas, serta kerajinan tangan lembaran emas termasuk tembikar, peralatan kayu, ornamen dan aksesoris. Kamu juga bisa melihat cara produksi lembaran emas atau mencoba sendiri dekorasi benda-benda dengan lembaran emas.

Kaga Yuzen

Image source : http://so-meru.blogspot.co.id/

Yuzen berarti teknik tradisional pencelupan sutra untuk kimono atau produk yang dibuat oleh teknik. Teknik yang paling terkenal adalah Kyoto Yuzen dan Kaga Yuzen. Berbeda dengan Kyoto Yuzen, karakteristik dari Kaga Yuzen adalah keindahan alam yang ralistis dalam lima warna hidup yang disebut Kaga gosai yang artinya lima warna Kaga. Kaga gosai sering menggunakan gradasi pencelupan yang disebut bokashi.

Image source : http://so-meru.blogspot.co.id/

Gulungan Yuzen diselesaikan melalui proses yang rumit seperti transfer pola, paste coating, pewarnaan, penguapan dan pengeringan. Pola Kaga Yuzen yang halus, indah dan memukau membuat kain yang dihasilkan menjadi barang mewah.

Image source : http://so-meru.blogspot.co.id/

Pada beberapa toko kamu dapat mencoba sendiri bagaimana cara pembuatan Kaga Yuzen seperti melakukan pencelupan atau mencoba memakai kimono di kota.

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia