Info Muslim
Kenyamanan Privasi Berendam di Hyotan Onsen
2016-09-29 21:16:06
HIS Travel

Sebagai wisatawan yang berkunjung ke Jepang, salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan adalah onsen. Onsen adalah pemandian air panas yang bersumber dari mata air pegunungan. Sama seperti di Indonesia, negeri matahari terbit ini juga banyak memiliki gunung vulkanik yang masih aktif, tidak heran jika di hotel-hotel dan tempat wisata terdapat pemandian air panas atau onsen ini.

 

 

Meski onsen tersebar di seluruh wilayah Jepang, terdapat satu daerah yang dikenal sebagai "Kota Onsen", yaitu Kota Beppu yang terletak di Prefektur Oita. Oita merupakan Prefektur yang terkenal dengan pegunungan dan wisata onsen yang alami, di sepanjang jalan wisatawan akan menemukan air panas belerang yang mengeluarkan uap dan asapnya dari dalam gorong-gorong atau lubang-lubang jalan. Terdapat beberapa onsen terkenal di Perefektur Oita, salah satunya adalah Hyotan Onsen yang merupakan tempat pemandian air panas terbesar dan terlengkap yang ada di Oita.

 

Hyotan Onsen bisa ditempuh hanya 15 menit dengan berjalan kaki dari Jigoku Mushi Kobo, salah satu mata air panas dengan julukan 'neraka' di Beppu. Hyotan Onsen disebut-sebut sebagai satu-satunya Onsen dengan fasilitas terbaik di Beppu. Hal itu dibuktikan dengan tersedianya fasilitas yang bervariasi dan lengkap. Ada 16 tipe kolam berendam yang tersedia di Hyotan Onsen, dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan jenis kelamin, 8 kolam untuk perempuan dan 8 kolam lagi untuk laki-laki, beberapa diantaranya dialiri langsung oleh mata air panas disekitarnya.

 

Onsen menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, tidak hanya sekedar berendam, onsen juga memiliki etika-etika khusus. Etika-etika yang harus diperhatikan ketika masuk ke dalam onsen masih termasuk tidak biasa di kalangan masyarakat Indonesia. Contohnya, etika melepas pakaian ketika berendam di dalam kolam bersama dengan pengunjung lainnya.

 

 

Bagi sebagian besar orang masih merasa malu, oleh karena itu beberapa onsen di Jepang mulai menyediakan fasilitas Private Bath, yaitu kamar atau ruangan yang terdapat kolam kecil untuk berendam, biasanya digunakan oleh keluarga yang ingin menikmati privasi mereka. Atau wisatawan muslim yang ingin merasakan sensasi berendam air hangat di Jepang.

 

Berikut etika lainnya yang harus diperhatikan.

 

1. Melepas Alas Kaki

Tempat onsen kebanyakan menggunakan tatami atau tikar Jepang sebagai lantai, jadi ketika memasuki onsen tidak diperkenankan memakai sepatu atau sandal luar ruangan, pastikan juga untuk menyimpan sandal dan sepatu di tempat yang telah disediakan agar tidak berantakan.

 

2. Melepas Baju dan Simpan di Loker

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa ketika memasuki onsen harus melepaskan pakaian seluruhnya. Umumnya di setiap onsen tesedia loker untuk menyimpan pakaian dan barang-barang pengunjungnya di ruang ganti. Meskipun Jepang terkenal dengan keamanannya, untuk berjaga-jaga kamu bisa menggunakan loker koin untuk menyimpan barang-barang berharga seperti ponsel atau dompet.

 

3. Mencuci Badan Sebelum Berendam

Meskipun akan berendam, setiap pengunjung diharuskan mencuci badan dengan bersih terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam onsen. Setelah badan bersih, baru bisa berendam.

 

3. Jangan Menaruh Apapun di Dalam Onsen

Ketika masuk ke dalam onsen, pengunjung tidak diperkenankan membawa apa pun ke dalam air. Hanya membawa handuk ketika berendam, tapi handuk yang dibawa digunakan untuk diletakkan di atas kepala, tidak untuk ditaruh di dalam air.

 

4. Berendam dengan Tenang

Berendamlah dengan tenang, nikmati kehangatan airnya agar tubuh menjadi rileks. Tidak diperkenankan teriak-teriak atau berbicara dengan suara keras.

 

5. Keringkan Badan Setelah Berendam

Terakhir, keringkan badan setelah berendam dengan handuk yang dibawa sebelum kembali ke ruang ganti baju.

 

 

Itulah pengalaman berendam di onsen yang menjadi kegiatan khas orang Jepang. Karena banyaknya etika untuk berendam di dalam onsen, itulah alasan mengapa fasilitas Private Bath tersedia, supaya kamu yang baru pertama mencoba berendam di onsen dan khawatir melupakan etika-etika yang ada karna gugup, Private Bath bisa jadi pilihan. Hyotan Onsen merupakan salah satu onsen dengan fasilitas Private Bath di Beppu, tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan Indonesia.

 

Informasi :

 

Hyotan Onsen

159-2 Kannawa, Kota Beppu, Prefektur Oita

Tel: 0977-66-0527

 

Lokasi Kota Beppu dapat ditempuh selama 2,5 jam dari Fukuoka dengan Limited Express Train Sonic (JR Kyushu). Untuk menuju Hyotan Onsen, taksi bisa jadi pilihan dengan waktu tempuh selama 40 menit dari Stasiun Beppu.