People & Culture
5 Fakta Yang Terselip Dibalik Kemeriahan Festival Niihama Taiko Jepang
2017-10-17 14:28:10
HIS Travel

Jepang adalah negri yang berbudaya. Meskipun negara yang berjuluk negri sakura ini sudah terbilang maju, budaya mereka tak tergerus oleh arus globalisasi begitu saja. Terbukti, kita dapat menemukan banyak hal unik saat berkunjung kesana. Tak hanya makanan dan pakaian saja, banyak hal menarik semisal Festival Niihama Taiko yang patut untuk disaksikan secara langsung saat sedang berada disana.

Ya! Festival Niihama Taiko hanyalah satu dari beberapa festival yang rutin dilangsungkan di Jepang. Walaupun begitu, pada dasarnya festival musim gugur yang satu ini adalah sebuah ritual sakral yang menjadi salah satu simbol yang mewakili kota Niihama. Jadi tak mengherankan bila tradisi ini terus menerus dilestarikan oleh penduduk jepang hingga sekarang.

Kali ini, kami akan membahas tentang 5 fakta yang terselip dibalik kemeriahan Festival Niihama Taiko Jepang. Anda penasaran? Simak terus sampai akhir yuk! Selamat menyimak ya!

 

1. Festival Niihama Taiko Adalah Salah Satu Dari Tiga Festival Besar Di Shikoku Jepang

Di wilayah Shikoku, Festival Niihama Taiko adalah salah satu yang paling ramai dan diminati oleh para wisatawan. Betapa tidak? Festival ini adalah salah satu acara yang mewakili kota Niihama di Jepang. Seperti yang kami singgung pada bagian awal tadi, ini adalah festival yang yang kental akan nuansa sakral, dan merupakan bentuk syukur untuk merayakan hasil panen yang melimpah.

Usut punya usut, festival ini memiliki sejarah yang sangat kaya. Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa acara etno-budaya ini mewakilkan nilai sejarah bangsa jepang dari era ribuan tahun yang lalu.

Penasaran dengan keramaian yang ada di Festival ini? Datang dan saksikan saja secara langsung! Anda boleh kok merencanakan liburan ke Jepang bersama H.I.S Travel Indonesia sesegera mungkin! Ajak teman-teman juga ya agar suasana semakin ramai!

 

2. Merupakan Festival Yang Bertajuk Otoko-Matsuri (Festival Pria)

Dalam pelaksanaannya, festival ini didominasi oleh para pria. Karenanya, tak heran bila festival budaya yang satu ini dijuluki “Otoko-Matsuri” atau bila diterjemahkan adalah Festival Pria. Dalam acara ini tak cuma puluhan pria yang dilibatkan. Anda dapat melihat ratusan pria saling berkolaborasi guna menunjukan aksinya di sepanjang acara.

Anda seorang wanita? Jangan khawatir! Negara Jepang adalah negri yang ramah dengan kaum hawa kok! Seperti Indonesia, Jepang merupakan negri yang ber etika. Bahkan bila dibandingkan, mayoritas orang jepang memiliki sifat yang lebih santun terhadap wanita asing ketimbang masyarakat Indonesia kebanyakan.

 

3. Merupakan Pertunjukan Yang Mempertontonkan Kekuatan Para Pria Jepang

Inti dari festival ini adalah moment dimana Kakikurabe diberlangsungkan. Disini, 3 ton Taiko-dai diangkat dengan bergotong royong, oleh para pria yang sudah cukup terlatih. Meskipun begitu, bukanlah hal yang mudah untuk melakukan hal ini mengingat beratnya beban yang harus dipikul.

Kakikurabe sendiri diadakan di seantero kota selama festival diberlangsungkan. Jadi, Anda tak akan kesulitan untuk mengambil gambar saat prosesi pengangkatan Taiko-dai diberlangsungkan. Siapkan kamera yang resolusinya paling oke ya! Selimut cantik bordir yang memiliki string kusus berwarnanya pasti akan memanjakan setiap mata yang memandangnya. Baik disiang hari ataupun malam hari, Taiko-dai terlihat sama kerennya untuk diamati kok!

Tapi patut diingat, Anda tidak boleh terlalu dekat saat mereka sedang bergerak ya! Harus tetap utamakan keselamatan dimanapun Anda berada!

 

4. Selama Festival, Hidangan Fuguzaku Adalah Salah Satu Hal Yang Paling Diburu Oleh Para Wisatawan

Merasa lapar saat larut dalam keramaian Festival Niihama Taiko? Makan Fuguzaku saja! Hidangan yang satu ini bisa Anda temui di penjual makanan terdekat kok! Soal rasa tak usah ditanya. Bila lidah Anda menyukai cita rasa makanan Jepang, pasti akan ketagihan!

Bila ditanya tentang bahan dari sajian khas Niihama ini, bahan yang digunkan adalah daging dan kulit ikan puffer. Selain itu, bawang hijau dan ikan bandeng threadfish yang sudah dibumbui dengan rempah, semakin memperkaya citarasa dari sajian yang satu ini. Ohya, menu ini memakai saus ponzu loh! Penasaran dengan rasanya? Coba saja sendiri!

 

5. Festival Niihama Taiko Menawarkan Souvenir Yang Unik Dan Membuat Anda Rindu Dengan Ramainya Suasana Festival Yang Ada

Berlibur ke Jepang tanpa membawa pulang souvenir? Pasti rasanya ada sesuatu yang kurang ya! Meskipun di festival ini kita dapat memperoleh banyak pengalaman baru yang menarik, rasanya kurang berkesan bila tak ada hal yang kita boyong ke tanah air untuk dijadikan kenang-kenangan.

Koleksi foto pribadi memang bisa dijadikan kenang-kenangan tersendiri. Namun apa iya, Anda tidak mau membeli satu dari beberapa jenis seni bordir in frame yang secara eksklusive dibuat oleh produsen lokal terkenal di kota Niihama?

Desainnya yang simple dan khas, membuat Anda tak akan menyesal karena sudah membeli souvenir unik yang satu ini. Dan, benda yang satu ini pasti akan membuat kenangan Anda saat mengikuti Festival Niihama Taiko semakin terlengkapi.

Selain menjadi koleksi pribadi, sepotong karya seni bordiran naga naik dan turun menyerupai desain Taiko-dai ini juga dapat Anda berikan ke kolega Anda setiba di tanah air nanti. Pasti mereka akan senang menerima buah tangan spesial ini dari Anda.

Oke, itulah tadi artikel singkat tentang 5 Fakta Yang Terselip Dibalik Kemeriahan Festival Niihama Taiko Jepang dari tim H.I.S Travel Indonesia. Butuh informasi lebih lengkap tentang festival ini? Ingin memesan paket liburan ke Jepang agar dapat mengikuti festival ini? Hubungi langsung H.I.S Travel Indonesia ya!

Terimakasih sudah menyimak artikel ini hingga usai, sampai jumpa lagi ya!

Top image source : https://www.flickr.com/photos/ihorner/289393688/