Tips
Keliling Toyama dengan Toyama City Tram
2017-12-04 11:15:46
HIS Travel

Sebagai kota yang dikenal dengan keindahan alamnya, Toyama menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak banyak digemari wisatawan yang ingin menikmati liburan yang menyenangkan. Meskipun jarak yang cukup jauh dari Tokyo, kamu tidak akan merasa rugi kalau berwisata ke Toyama.

Toyama memiliki satu moda transportasi yang cukup jarang ditemukan di kota lain di Jepang, yaitu Tram.

Toyama City Tram menjadi salah satu moda transportasi utama di Toyama. Tram bisa menjadi alternatif kamu ketika berwisata di kota Toyama, karena selain jalurnya yang mencakup banyak objek wisata di Toyama, siapa sih yang tidak ingin mencoba seperti apa rasanya menaiki tram di Toyama? Apalagi dengan designnya yang futuristik, menaiki Tram di Toyama bisa menjadi pengalaman unik yang sulit didapatkan di tempat lain.

Toyama City Tram terdapat 3 jalur. Jalur pertama adalah jalur dengan perjalanan dari Stasiun Toyama hingga Iwase. Jalur kedual adalah jalur dengan perjalanan dari Stasiun Toyama hingga Iwase, dan dilanjutkan menuju Daigaku-mae. Kemudian untuk jalur yang ketiga adalah jalur dengan perjalanan mengitari sekitar Stasiun Toyama dan area pusat Kota Toyama(Centram).

Jalur yang tram ini lalui tidak begitu panjang, hanya sekitar 7 hingga 8 kilometer. Untuk Centram sendiri jalurnya hanya berjarak sekitar 4 kilometer. 

Image source : https://www.chitetsu.co.jp/english/trams/

Untuk waktu beroperasinya sendiri cukup berbeda. Tram beroperasi setiap 10 menit sekali di setiap pagi atau jam rush hour, 15 menit sekali di siang hari, dan 30 menit sekali ketika malam tiba.

Salah satu yang menarik dari tram ini adalah, terdapat staff yang siap membantu untuk penumpang yang sudah lanjut usia atau cacat di siang hari. 

Menaiki tram ini hanya 200 yen untuk dewasa, dan 100 yen untuk anak-anak usia hingga 11 tahun. Untuk anak dibawah 6 tahun, maka tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Kalau kamu berencana untuk menaiki tram ini seharian, kamu bisa membeli tiket khusus, yaitu ‘1 Day Transportation Ticket’ yang bisa digunakan di semua jalur. Harganya cukup murah di kantong. 820 yen untuk dewasa dan 410 yen untuk anak-anak.

Sudah tahu jalur dan harga tiketnya, selanjutnya adalah bagaimana cara menaiki tram ini.

Karena untuk satu tram hanya terdiri dari beberapa gerbong (maksimal 3 gerbong), untuk naik dan turunnya penumpang hanya disediakan masing-masing 1 pintu. 

Image source : https://www.chitetsu.co.jp/english/trams/

Untuk penumpang yang akan naik, harus menggunakan pintu yang berada di bagian tengah tram, dan ketika turun harus menggunakan pintu yang berada di depan.

Untuk sistem pembayarannya sendiri, akan dikenakan ketika kamu akan turun. Mesin pembaca kartu sudah tersedia di bagian depan di samping pengemudi. Kalau kamu tidak memiliki IC Card, kamu juga bisa menggunakan koin. Untuk sistem pembayaran, kamu tidak bisa membayar dengan uang kertas ya. Karena mesin tidak akan menerima uang kertas. Selain itu, pembayaran dengan koin sebisa mungkin bayarlah dengan uang pas. Karena kalau kamu membayar dengan uang lebih, kamu tidak akan mendapatkan kembalian.

Lalu objek wisata apa saja yang dilalui apabila menaiki Toyama City Tram ini?

Ada banyak objek wisata menarik di Toyama yang dilalui oleh jalur tram ini, salah satunya adalah reruntuhan Kastil Toyama beserta taman kastilnya yang indah (turun di Stasiun marunouchi), kemudian ada juga Sato Memory Museum (Sato-Kinen-Bijutsukan) yang berada tidak jauh dari Taman Kastil Toyama.

image source : http://www.toyamashi-kankoukyoukai.jp/en/historical/

Selain itu tram ini juga melalui Grand Plaza, Sogawa Street, Ikedaya Yasubei Shoten, Toyama City Hall, Toyamako Observation Towers, dan masih banyak lagi.

Begitulah mengenai Toyama City Tram. Selamat berwisata..

Top Image Source : http://www.toyamashi-kankoukyoukai.jp/en/historical/