Tips
Keliling Hongkong dengan Octopus Card
2017-02-18 07:45:48
HIS Travel

Berwisata ke luar negeri memang menyenangkan. Untuk kamu yang ingin wisata hemat, pasti pilihan utama adalah dengan menggunakan transportasi umum.

Hongkong dikenal akan sistem transportasinya yang cukup lengkap dan mumpuni. Berbagai moda transportasi tersedia disana, seperti MTR (Mass Transit Railways), bus, ferry, trem, taksi, minibus, dan lain sebagainya.

Masing-masing memiliki rute dan tarif sendiri-sendiri. Nah, untukmu yang berada di Hongkong untuk berwisata, pasti akan sulit kan kalau harus mengeluarkan uang receh setiap kali kamu menaiki bus atau trem? Apalagi kalau membeli tiket satuan untuk MTR dan ternyata kamu salah keluar stasiun.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu pasti membutuhkan kartu prabayar yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.

Octopus Card merupakan kartu yang wajib dimiliki selama berada di Hongkong. Terlebih untuk kamu yang menggunakan transportasi umum selama berada di Hongkong, kamu bisa pergi kemanapun tanpa perlu repot-repot membawa uang receh.

Selain digunakan di transportasi umum seperti MTR (Mass Transit Railways), bus, ferry dan trem, kartu ini juga bisa digunakan untuk pembelian di toko, restoran, supermarket, bakkery, mesin penjual, dan masih banyak lagi.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu men-tap kartumu di media pembaca kartu di tempat-tempat yang sudah disediakan. Sensornya pun cukup sensitif, lho. Hanya dengan mendekatkan tas atau dompet yang berisi octopus card, mesin sudah dapat membacanya.

Sering kali harga yang diberikan juga lebih murah dibandingkan mereka yang menggunakan uang tunai atau membeli tiket single journey di mesin otomatis untuk MTR. Apalagi kalau di bus, kamu biasanya tidak akan mendapatkan kembalian kalau memberikan uang dengan jumlah lebih. Jadi mau tidak mau kamu harus menyiapkan uang pas untuk satu kali perjalanan.

Bagaimana membuat kartu Octopus?

Untuk kamu yang baru tiba di Hong Kong International Airport, kamu bisa membelinya di counter Airport Express di dalam maupun di luar bandara. Salah satunya berada Terminal 1 HK Airport setelah keluar dari imigrasi baik di Hall A dan B.

Octopus card tersedia dengan berbagai jenis, karena beberapa transportasi umum di Hongkong memberikan tarif yang berbeda-beda tergantung usia penumpangnya. Tarif transportasi untuk anak-anak dan orang usia lanjut adalah setengah (1/2) dari tarif dewasa.

Harga Octopus Card

Dewasa : HKD 150 (Deposit HKD 50, dan saldo kartu HKD 100)

Anak-anak : HKD 70 (Deposit HKD 50, dan saldo kartu HKD 20)

Lanjut Usia (di atas 60 tahun) : HKD 70 (Deposit HKD 50, dan saldo kartu HKD 20)

Cara Mengisi Octopus Card

Cara yang paling mudah adalah dengan mendatangi Customer Service yang ada di stasiun-stasiun MTR terdekat. Selain itu, kamu juga bisa mengisi ulang Octopus Card di beberapa minimarket seperti (7-eleven dan Circle K), atau di supermarket. Bahkan kamu juga bisa mengisi ulang di beberapa restoran fast food seperti di Mc Donald dan KFC. Tersedia juga add value machine (mesin isi ulang) yang tersedia di stasiun MTR.

Untuk wisatawan yang hanya singgah beberapa hari di Hongkong dan tidak ingin menyimpan kartu ini, kamu juga bisa mengembalikannya di pusat layanan stasiun MTR atau di bandara. Sisa nilai yang ada di kartu kamu (termasuk deposit) bisa kamu tarik kembali.

Selamat berwisata...

 

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/hongkong

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia