Tips
Praktis dan Ekonomis, Keliling Area Tohoku dengan JR East Tohoku Pass
2018-03-21 06:45:03
HIS Travel

JR Pass menjadi solusi transportasi yang praktis dan ekonomis selama berada di Jepang. Lalu bagaimana jika Travel Mates ingin berkeliling di area tertentu saja? Bila Anda ingin berkeliling di area tertentu saja, maka direkomendasikan untuk menggunakan JR Area Pass. Salah satunya JR East Tohoku Pass yang berfokus pada wilayah Tohoku saja. Dari segi harga, tentu lebih ekonomis karena cakupannya yang lebih sempit dibandingkan dengan JR Pass. 
JR East Tohoku Pass

Area Tohoku meliputi enam prefektur di bagian timur dan di bagian utara Pulau Honshu yakni Aomori, Akita, Fukushima, Miyagi, Iwate dan Yamagata. Pariwisata menjadi industri utama yang menggerakkan roda kehidupan di area Tohoku. Ada banyak daya tarik wisata yang menarik para pelancong untuk datang berkunjung. 
Untuk memudahkan wisatawan yang berlibur ke area Tohoku inilah disediakan secara khusus JR East Tohoku Pass. JR East Tohoku Pass ini hanya disediakan untuk wisatawan asing yang menggunakan visa jangka pendek atau tidak melebihi 90 hari. Bagi Travel Mates yang ingin berkeliling ke area Tohoku, JR East Tohoku Pass bisa diperoleh selagi masih berada di tanah air melalui website H.I.S. Travel Indonesia. Nantinya e-ticket yang diperoleh bisa ditukarkan di Jepang dengan menunjukkan paspor asli.

Penukaran e-ticket bisa dilakukan di bandara dan stasiun-stasiun di Jepang seperti di Bandara Narita terminal 1, terminal 2, terminal 3 dan terminal internasional, Bandara Haneda, Bandara Sendai, stasiun-stasiun kereta besar di Tokyo, Stasiun Yokohama, Stasiun Aomori, Stasiun Sendai, Stasiun Marioka, Stasiun Yamagata, Stasiun Hachinobe, Stasiun Fukushima dan Stasiun Mito.

Lantas kemudahan apa saja yang akan diperoleh bagi pemegang JR East Tohoku Pass ini? Biaya pembelian tiket yang Travel Mates keluarkan sungguh sebanding dengan luasnya jangkauan JR East Tohoku Pass yang ditawarkan. Dengan memiliki Area Pass ini, Anda bisa mengakses seluruh jalur kereta JR di wilayah Tokyo, kereta Narita Express dari Bandara Narita menuju ke Stasiun Shinagawa, Stasiun Tokyo, Stasiun Shibuya, Stasiun Ikebukuro dan Stasiun Shinjuku, serta kereta Tokyo Monorail dari Bandara Haneda menuju ke Stasiun Hamamatsucho. 

Tak hanya itu saja, berbekal JR East Tohoku Pass ini Anda juga bisa menggunakan kereta Tohoku Shinkansen dari Stasiun Tokyo menuju ke Stasiun Sendai dan Stasiun Shin-Aomori, kereta Hokuriku Shinkansen dari Stasiun Tokyo menuju Stasiun Karuizawa dan Stasiun Sakuradaira, kereta Joetsu Shinkansen dari Stasiun Tokyo sampai ke Stasiun Echigo Yuzawa, kereta Izu Kyuko dari Stasiun Ito hingga ke Stasiun Izukyu Shimoda, kereta Tobu Express, Spacia Kinugawa dan Spacia Nikko dari Stasiun Asakusa hingga ke Stasiun Tobu-Nikko, seluruh jalur kereta JR East Line, Aomori Railway dan kereta Iwate Ginga dan juga seluruh bus BRT yang meliputi rute tepi pantai Sanriku Kaigan. Cakupan ini sangat luas, bukan? 

Kelebihan lainnya yang ditawarkan JR East Tohoku Pass ini adalah Travel Mates tak perlu menentukan masa pakai tiket terusan tersebut sewaktu melakukan pembelian. JR East Tohoku Pass ini berlaku selama 5 hari dalam kurun waktu 14 hari sejak penerbitannya dan bisa digunakan sepanjang hari. 
Soal kenyamanan tak perlu diragukan lagi. Sebagai alat transportasi utama di Jepang, setiap penumpang dijamin akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan saat menggunakan kereta. Kereta-kereta di negeri sakura ini memiliki kursi-kursi yang nyaman, bersih dan luas sehingga Travel Mates benar-benar bisa menikmati perjalanan. Perjalanan dengan jarak ratusan kilometer pun bisa ditempuh dengan waktu yang cepat hanya dalam hitungan jam saja. Jadi, Anda bisa makan pagi di Nagano, lalu makan siang di Aomori dan makan malam di Tokyo di hari yang sama. Menakjubkan, bukan? 

Wisata Menarik di Tohoku
Area Tohoku menawarkan begitu banyak tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Hirosaki Park yang terdapat di Prefektur Aomori. Hirosaki Park yang merupakan bagian dari kastil Hirosaki menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan bunga sakura. Tempat ini masuk ke dalam daftar 100 tempat terbaik untuk melihat mekarnya bunga sakura di Jepang dan juga masuk dalam daftar 100 kastil terbaik di Jepang. Karena itu Travel Mates wajib mengunjungi tempat ini. 

Jika ingin berkunjung ke Hirosaki Park sebaiknya datanglah pada saat digelar festival bunga sakura Hirosaki yakni mulai tanggal 23 April sampai dengan 6 Mei 2018. Anda akan melihat keindahan bunga-bunga sakura yang sedang bermekaran di Hirosaki Park yang ditumbuhi lebih dari 2500 pohon sakura. Untuk mencapai Hirosaki Park, Travel Mates bisa menggunakan kereta menuju ke Stasiun Hirosaki. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi Hirosaki Park. 

Sumber gambar: www.jreast.co.jp

Atraksi wisata populer lainnya di area Tohoku adalah festival kembang api Omagari. Festival kembang api Omagari ini merupakan festival kembang api nomor satu di Jepang yang tak boleh Travel Mates lewatkan. Tak kurang dari 800.000 orang datang ke Omagari demi menonton keindahan festival kembang api ini. Selama sekitar 4 jam lamanya, Anda akan disuguhi dengan berbagai warna kembang api yang diluncurkan di angkasa dengan jumlah total sekitar 18.000 kembang api. Sudah terbayang keindahannya, kan? 

Festival kembang api Omagari ini biasanya diselenggarakan di musim panas sekitar akhir bulan Agustus. Untuk mencapai lokasi festival, Travel Mates bisa menggunakan kereta menuju ke Stasiun Omagari. Lalu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama sekitar 25 menit untuk mencapai tempat perayaan festival kembang api Omagari. 


Nah, itu hanya dua contoh daya tarik wisata menarik yang terdapat di area Tohoku. Tentu masih banyak daya tarik wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi dengan menggunakan JR East Tohoku Pass. Misalnya saja pemandangan sakura di Kitakami Tenshochi Park, Resort Ski Gala Yuzawa, air terjun Nanadaru, festival rumah igloo di Yokote, danau Towada, museum kapal Hakkodamaru, danau Tazawa, kuil Yamagata, Ginzan onsen dan sederet spot wisata lainnya. Tak hanya berlibur ke Tokyo dan Osaka, berkeliling di area Tohoku bisa memberikan mengalaman berbeda saat berkunjung ke Jepang.