Food
Kelezatan Mie Ramen Jepang
2015-09-08 10:38:03
HIS Travel

Mie adalah makanan pokok kedua masyarakat Jepang. Makanan pokok kedua mereka adalah nasi. Salah satu masakan berbahan dasar mie adalah Ramen. Kamu pasti pernah dengar tentang ramen atau bahkan pernah mencoba makanan yang disebut ramen itu. Memang saat ini, ramen sudah menjadi salah satu makanan Jepang yang populer di Indonesia. Ramen adalah mie kuah Jepang yang sebenarnya berasal dari Cina dan telah menjadi hidangan yang sangat populer di Jepang.

Ciri khas dari ramen adalah bentuk mie yang tipis dan berwarna kuning merupakan hasil buatan tangan atau buatan mesin. Sekilas memang mirip dengan mie instan yang ada di Indonesia. Namun mie ramen memiliki diameter yang lebih kecil. Mie tersebut dimasukkan ke dalam kuah yang dibuat dari berbagai jenis kaldu. Ada rasa Shoyu yang berasal dari kecap asin khas Jepang. Kuah ramen yang menggunakan shoyu sebagai bahan dasarnya akan berwarna kecoklatan dan transparan. Berikutnya kuah yang menggunakan Miso sebagai bahan dasarnya. Jenis ramen ini berkuah lebih kentar dan berwarna kuning kecoklatan. Hal tersebut berasal dari campuran pasta miso dengan kaldu ayam atau babi. Rasa yang dihasilkan dari kuah tersebut memiliki rasa yang lebih gurih. Lalu ada juga kuah yang menggunakan Shio (garam) sebagai bahan dasarnya. Ramen yang menggunakan Shio memiliki warna kuah yang bening. Selain itu juga ada kuah yang menggunakan tonkotsu. Kuah ramen ini berasal dari kaldu tulang babi. Kuahnya berlemak dan berwarna puyih dengan rasa yang sangat gurih.

Mie yang sudah diberi kuah tersebut kemudian di beri berbagai macam topping seperti; telur rebus, daun bawang, nori, naruto, berbagai macam daging dan sayur-sayuran.

Ramen di setiap daerah memiliki kekhasannya sendiri. Misalnya Tokyo ramen berbahan dasar kaldu katsuoboshi ditambah dengan shoyu. Ramen Kyoto memiliki citarasa kuah yang berbeda-beda seperti rasa kecap asin, kuah yang berminyak dan kuat sangat kental dan berminyak. Selanjutnya ada Hakodate ramen yang memiliki kuar rasa shio atau asin ala Hakodate yang juga memakai bubuk keju sebagai penyedap. Ramen Kobe disajikan dengan berlembar-lembar irisan daging di atasnya. Selain itu, pelengkapnya adalah asinan lobak dan sayur kucai.

Begitu banyak variasi ramen yang kamu patut coba nih. Salah satu ramen yang terkenal di Jepang adalah Ramen Hakata yang berasal dari Fukuoka. Konon, Ramen pertama kali muncul itu berasal dari Fukuoka, lho.  Kelezatan ramen tersebut juga tidak diragukan lagi, lho! Jangan lupa ya untuk memasukkan ramen Hakata ke dalam daftar wisata kulinermu ketika pergi ke Jepang.

Tapi untuk kamu yang beragama islam dan ingin mencoba ramen di Jepang, sebabiknya hati-hati ya sebelum memesan ramen. Karena hampir semua ramen mengandung babi. Kalau tidak daging yang menjadi topping-nya, ya kuahnya yang menggunakan babi. Kalau kamu mau memesan, harus bertanya, apakah topping atau kuahnya mengandung babi atau tidak.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia