People & Culture
Keindahan Wisata Banlung Perbatasan Vietnam dan Kamboja
2018-01-25 10:43:26
HIS Travel

Terselip di sudut timur laut Kamboja, di perbatasan Vietnam dan Laos, Ratanakiri adalah rumah bagi beberapa orang, dan sebagian besar hutan, sungai, air terjun, danau dan hamparan rumput yang indah, yang semuanya dapat dieksplorasi dari ibukota provinsi, yaitu Banlung. Perjalanan menakjubkan yang dulu dari Phnom Penh sekarang bisa dilakukan dalam waktu tujuh jam, sehingga tidak begitu jauh dari Siem Reap.

Sumber gambar:

Seperti Mondulkiri di selatan, penebang kayu (legal dan ilegal) telah berhasil dan benar-benar ada hubungannya dengan Ratanakiri. Sementara beberapa daerah telah terlindungi sampai batas tertentu - terutama danau kawah Yak Lom dan Taman Nasional Virachey - bekas-bekas eksploitasi kayu yang berlebihan dapat dilihat di seluruh provinsi dan saat berkendara melintasi jalan tanah liat merah yang berangin, ladang pohon hangus juga terlihat.

Sebagian besar wisatawan yang berusaha mencapai tempat ini biasanya akan menginap setidaknya tiga malam, melewati air terjun, desa kecil dan mungkin melakukan perjalanan semalam ke taman nasional. Ingatlah bahwa pariwisata masih merupakan bisnis yang sedang berkembang di sini dan hal-hal itu mungkin tidak selalu berjalan seperti yang wisatawan harapkan. Perasaan tetap waspada untuk menjelajahi destinasi ini menambah daya tarik tersendiri.

Sumber gambar:

Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pada bulan November, saat hujan berhenti dan debu tidak terlalu menganggu. Banlung sendiri tidak memiliki banyak jalan yang layak, meski sebagian besar kota sekarang beraspal dan terhubung dengan jalan besar menuju Stung Treng dan dari Stung Treng ke daerah lain, wisatawan harus melalui jalanan yang sedikit berbatu ke Sen Monorom. Namun, dalam bayangan secara umum Banlung tetap menjadi salah satu ibukota Khmer yang paling jauh.

Sumber gambar:

Ada beberapa destinasi wisata yang populer di Banlung yaitu Area Perbatasan dan Pasar Sentral. Area perbatasan Le Thanh atau O Yadao ke Vietnam berjarak 70 kilometer dari Banlung. Orang asing dan juga warga negara Vietnam dan Kamboja semua dapat menyeberang ke Kamboja dari Vietnam dan mendapatkan visa pada saat kedatangan. Bawa setidaknya satu foto ukuran paspor untuk dokumen yang diperlukan. Seperti semua penyeberangan ke Vietnam, wisatawan harus mendapatkan visa Vietnam dari kedutaan sebelum pergi ke perbatasan.

Sumber gambar:

Sementara, Pasar Sentral memiliki hampir semua hal yang mungkin wisatawan butuhkan, seperti pakaian, perlengkapan mandi dan oleh-oleh. Sebagian besar toko-toko lain di kota nampaknya merupakan toko ponsel. Jika belum memiliki energi untuk menjelajahi pasar, ada minimarket di sudut Street 78 dan jalan yang mengarah langsung ke pasar (menghadap ke bundaran). Minimarket ini juga memiliki kebutuhan kecil mulai dari peralatan mandi hingga minuman dan makanan ringan. Bagi Anda yang berburu permata, coba tanyakan ke beberapa penjual di pasar ini. Ratanakiri dikenal dengan tambang permatanya, di sebelah selatan kota. Tambangnya sudah cukup terkuras habis sekarang, meskipun beberapa pengunjung masih menuju ke sana untuk melihat-lihat saat para penambang keluar dari yang terakhir dari apa yang tersisa. Wisatawan pasti memerlukan panduan untuk itu.

Pada titik emas, menuju ke barat kota, Anda akan sampai di sebuah tikungan di sisi kanan untuk Phnom Svay (Bukit Mangga), dan Pagoda Eisan Ratanaram, yang merupakan pagoda kecil yang bekerja. Melanjutkan mendaki bukit melewati pagoda selama 500 meter lagi akan membawa wisatawan ke sebuah bangunan kecil terbuka yang merumahkan sebuah Buddha yang berbaring, yang pemandangan perbukitan di sekitarnya agak tertutup oleh pepohonan, namun bisa mendapatkan pemandangan yang jauh lebih baik. 100 meter kembali menuruni bukit. Ini adalah pengalihan yang menyenangkan di sekitar waktu matahari terbenam, jika tidak memiliki rencana lain.

Banlung menyediakan fasilitas seperti Bank dan ATM. Terdapat Acleda Bank di Street 78, tepat di sebelah timur bundaran yang terhubung ke pasar, serta ATM untuk melakukan penarikan menggunakan kartu kredit dan debit internasional.

Lihat lebih banyak keindahan wisata di negara-negara Asia Tenggara yang bisa wisatawan kunjungi. Rencanakan juga persiapan liburan mulai dari tiket pesawat, hotel, tour, hingga sewa wifi di H.I.S. Travel Indonesia.