People & Culture
Ingin travelling ke Korea Selatan? Yuk, ketahui Kebudayaan Sehari-hari Masyarakat Korea Selatan!
2017-09-26 09:49:35
HIS Travel

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Timur. Seperti kebanyakan negara di kawasan Asia Timur lainnya, kini Korea Selatan juga sudah mengembangkan berbagai daerah agar dapat menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan mancanegara. Apalagi setelah mereka mengenal tentang kebudayaan sehari-hari masyarakat Korea Selatan. Duh, jadi makin ingin kesana!

Di Indonesia, Korea Selatan mulai lebih mendapat perhatian semenjak booming-nya lagu-lagu populer Korea (K-Pop) yang dibawakan oleh grup idol boyband dan girlband asli negaranya. Terlebih lagi, saat ini tidak hanya lagu-lagunya saja yang mulai populer, tapi, Drama Korea (Drakor, K-Drama) juga menjadikan daya tarik tersendiri. Kemudian, kebudayaan sehari-hari masyarakat Korea Selatan yang unik juga turut menarik minat para wisatawan untuk kesana.

Lokasi pengambilan gambar, baik untuk syuting lagu maupun drama, banyak berada di tempat-tempat yang unik dan juga indah. Beberapa diantaranya adalah Pulau Jeju dan Menara Seoul. Inilah salah satu nilai tambah yang digunakan pemerintah Korea Selatan untuk menarik hati para wisatawan, khususnya yang berasal dari luar negeri yang sama sekali belum pernah ke sana, dan belum mengetahui tentang kebudayaan sehari-hari masyarakat Korea Selatan.

Anda ingin melancong ke Korea Selatan? Kalau iya, mungkin ada baiknya bila terlebih dulu mengetahui beberapa hal tentang kebudayaan sehari-hari masyarakat Korea Selatan, agar Anda tidak kaget dan tidak salah tingkah nantinya.

Artikel tentang kebudayaan sehari-hari masyarakat Korea slatan ini agaknya wajib disimak sampai tuntas ya! Yuk, simak penjelasan dari H.I.S Travel Indonesia berikut!

1. Ingin Kesana? Kenali Cara Penyambutan Yang Ada Di Kebudayaan Sehari-hari Masyarakat Korea Selatan Yuk! Biar Bisa Memaklumi Cara Mereka Nantinya!


Sumber : http://kevinsung.org/


Penyambutan merupakan hal yang cukup spesial di Korea Selatan. Dalam acara penyambutan ini, umumnya masyarakat Korea Selatan menyuguhkan welcome drink (minuman sambutan). Nah, welcome drink yang mereka konsumsi menggunakan campuran alkohol, atau terkadang dengan minuman khas Korea Selatan, yakni Soju.

Lalu bagaimana jika seandainya saat penyambutan Anda diberi minuman dengan alkohol, padahal Anda tidak dapat meminumnya? Tenang, Anda dapat menyiasatinya dengan cara menerima terlebih dahulu minuman tersebut dengan sopan dan ucapan terima kasih, kemudian meletakkannya, lalu meminta minuman pengganti lainnya. Hal ini dapat Anda lakukan untuk menghormati dan menjaga perasaan mereka. kalaupun Anda akan meminta minuman pengganti, mereka dapat memakluminya.

2. Kebudayaan Sehari-hari Masyarakat Korea Selatan Masih Terhitung Ramah. Untuk Itu, Belajar Bersikap Dengan Orang Lain Yuk! Agar Nantinya Tak Salah Tingkah!


Sumber : http://www.aljazeera.com/

Di Korea Selatan, rasa menghormati antara kaum muda kepada orang yang lebih tua menjadi begitu penting. Mereka terbiasa menggunakan kata ganti untuk memanggil orang yang lebih tua, dibandingkan dengan menyebut nama secara langsung.

Saat bertemu dengan orang yang lebih tua untuk pertama kalinya atau orang yang dihormati, mereka memberikan salam dengan baik sambil membungkuk 45 derajat. Point yang satu ini jangan sampai dilupakan ya! Ini adalah hal yang cukup umum di dalam kebudayaan sehari-hari masyarakat Korea Selatan. Tidak ikut membungkuk? Bisa dianggap penghinaan!

Jika masyarakat Korea Selatan melakukan sebuah kesalahan, maka mereka akan dengan mudah meminta maaf tanpa perlu mencari-cari alasan. Kemudian, saat mereka mendapatkan bantuan atau hadiah, maka mereka juga mudah mengucapkan terima kasih.

Selain itu, saat mereka menerima dan menyerahkan sesuatu, mereka terbiasa menggunakan kedua tangan. Kebudayaan sehari-hari masyarakat Korea Selatan menganggap hal ini lebih sopan dibandingkan dengan hanya dengan menggunakan satu tangan saja. Biaskan dari sekarang yuk!

3. Etika Waktu Makan Juga Harus Anda Perhatikan! Sebab, Hal Ini Cukup Sensitif Di Dalam Kebudayaan Sehari-hari Masyarakat Korea Selatan.


Sumber :http://www.bibimbaplondon.com/

Berbicara mengenai kegiatan saat makan, ada kesamaan dan juga perbedaan antara masyarakat Korea Selatan dengan Indonesia. Kesamaannya adalah saat makan disarankan untuk tidak mengeluarkan suara keras/berisik yang dapat mengganggu orang lain.

Sedangkan perbedaanya, pertama, jika di Indonesia orang dapat dan terbiasa makan dengan menggunakan tangan secara langsung, maka di Korea Selatan jika hendak makan, tidak boleh menggunakan tangan saja, tetapi harus dengan alat bantu berupa sendok atau sumpit.

Hal ini dikarenakan makan dengan langsung dengan tangan adalah hal yang dianggap tidak sopan. Kedua, mereka terbiasa makan dengan mulut yang penuh sambil berbicara. Hal yang sangat berbeda dibandingkan budaya makan Indonesia.

4. Berwisata Sembari Mengenal Tentang Dunia kerja Di Korea Selatan? Boleh-Boleh Saja Kok!

Sumber : https://www.flickr.com/photos/153583264@N02/33370533274/

Korea Selatan terkenal sebagai negara yang memiliki tingkat stress cukup tinggi dalam peringkat dunia. Tingkat stress ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain malah jam kerja. Jam kerja di negara dengan penduduk yang padat ini berkisar antara 14 sampai 18 jam sehari.

Tidak hanya itu, beban kerja yang tinggi juga menambah panjangnya jam kerja semakin terasa. Hal tersebut yang memicu stress pada pekerja di Korea Selatan. Tak jarang, Anda akan menemukan berita tentang kasus bunuh diri karena beratnya pekerjaan, hingga menemukan pekerja yang jatuh sakit karena terlalu memaksakan diri.

Untuk refreshing, umumnya para pekerja di sana meluapkan kelelahannya dengan cara “minum-minum” sampai mabuk di kafe atau bar. Oleh karenanya, jika Anda berkunjung ke Korea Selatan dan kebetulan menemukan ada orang dengan setelan baju kerja terkapar di trotoar atau sudut jalan di pagi hari tidak perlu heran. Karena, orang sana pun menganggapnya sebagai hal yang biasa.

Selain itu, masyarakat Korea Selatan terkenal dengan tempramennya yang cukup tinngi. Para pimpinan terbiasa memarahi langsung dan menghardik karyawan mereka yang berbuat kesalahan, sekecil apapun itu. Namun, tidak semua dari mereka bersikap demikian ya.

5. Hal-hal Umum Yang Harus Anda Perhatikan Selama Berada Disana


Sumber : http://usicway.cn/

Ada beberapa hal umum yang perlu Anda perhatikan mengenai masyarakat Korea Selatan nih. Pertama, jangan sembarangan megambil gambar atau foto orang, terutama perempuan. Mereka sangat menjaga privasi diri sendiri. Jika Anda ingin mengambil foto atau foto bersama, baiknya Anda harus ijin terlebih dahulu ya.

Kedua, jika hendak mendengarkan lagu maupun menonton video melalui ponsel di angkutan umum, sebaiknya Anda menggunakan headset atau earphone supaya tidak mengganggu kenyaman orang lain. Ketiga, bagi Anda yang merokok, perhatikan tanda/rambu larangan merokok, jangan sampai Anda merokok di tempat yang dilarang, sehingga nantinya Anda akan dikenakan denda.

Terakhir, buanglah sampah pada tempatnya sesuai dengan keterangan yang tercantum. Plastik sampah di Korea Selatan memiliki beberapa kelompok, antara lain bertuliskan “eumshikmul sseuregi bongthu” yang artinya tempat sampah untuk makanan dan “sseuregi bongthu” yang artinya tempat sampah untuk sampah kering.

Dalam kebudayaan sehari-hari masyarakat Korea Selatan, aspek kebersihan adalah salah satu yang amat penting. Jadi, hati-hati jika hendak membuang sampah ya, salah-salah Anda malah bisa dikenai denda!

Yap, itulah beberapa penjelasan dari H.I.S Travel Indonesia mengenai budaya kehidupan masyarakat Korea Selatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang ingin travelling ke Negeri Ginseng. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!