Food
Kari dan Kamaboko, Dua Makanan Khas Mombetsu
2016-09-08 07:57:51
HIS Travel

Mombetsu adalah sebuah wilayah di Jepang yang dikenal penuh dengan spot pariwisata es. Ya, bila berkesempatan berkunjung kesana, kamu akan dengan mudah menemukan beberapa lokasi wisata yang penuh dengan es, seperti Okhtosk Sea Ice Museum of Hokkaido, misalnya. Daerah yang berada di bagian utara Jepang ini juga terkenal sebagai kawasan dengan habitat alamiah yang menarik mata. Dua taman bunga bernama Omasuro dan Komuke menjadi dua spot wisata menarik untuk dieksplorasi. 

Ada sisi menarik dari Mombetsu, di mana perekonomian di wilayah itu ditopang oleh produk-produk perikanan air-dingin. Hanya di Mombetsu lah kamu bisa menemukan kepiting yang dikenal secara luas sebagai kepitiing terbaik di Jepang. Kepiting bahkan dijadikan simbol kebanggaan, di mana sebuah patung kepiting dengan tinggi 10 meter berdiri di tepi laut. 

Di Mombetsu pula tersedia banyak pilihan makanan khas daerah tersebut, sesuatu yang rasanya bakal gampang membuat jatuh cinta setiap pencinta kuliner yang datang kesana. Ada dua cerita menarik, masing-masing tentang white curry (kari putih) dan Kamaboko. Keduanya merupakan makanan khas Mombetsu yang rasanya tidak bisa dilewatkan. 

1) White Curry

Nasi putih berdampingan dengan kari putih (white curry). Hmm… Siapa yang tidak tahan godaannya. Keduanya merupakan jenis makanan lokal di kota Mobetsu dan merupakan satu yang bisa ditemukan di beberapa restoran yang berdiri di sana. White curry sudah sangat terkenal namanya dan hampir bisa dipastikan tidak ada orang yang tidak mengenalnya. Salah satu tempat terkenal yang menjual white curry adalah Hotel Okhotsk Palace, yang berdiri pada tahun 1960. Selain terkenal sebagai salah satu fasilitas akomodasi terbaik, hotel tersebut juga dikenal karena white curry-nya. Makanan tersebut dijual seharga 1000 Yen, tepatnya di Restoran dan Cafe Marina yang terletak di dalam hotel.

Image source : http://good-hokkaido.info/

White Curry khas yang dijual di Cafe dan Restoran Marina sebetulnya mencerminkan Mombetsu secara utuh, di mana hasil bumi yang berasal dari pegunungan dan laut bercampur ke dalamnya. Bahan-bahan yang mengisi semangkuk white curry terdiri dari kerang dan udang, serta bahan makanan laut lainnya, tidak terkecuali kepiting khas Mombetsu. Saus karinya mengekspresikan dataran es, sementara sebuah paprika merah menjadi pemanis sekaligus mengekspresikan kehadiran kapal pemecah es. Sebuah asparagus yang juga dimasukkan ke dalamnya mengekspresikan menara Okhotsk. Hasilnya adalah sebuah makanan yang kaya dan sangat kreatif, yang rasanya menyerupai kari seutuhnya. Beberapa orang bahkan mengatakan ada sebuah kemisteriusan yang terkandung di dalamnya. Rasanya juga sangat creamy dan gampang sekali bagi kamu untuk jatuh cinta kepada rasa yang ditawarkannya.

Cafe dan restoran Marina di dalam Hotel Okhotsk Palace buka dari jam 10:30 - 21:00.

Restoran ini selalu buka setiap tahun. 

2) Kamaboko

Image source : https://www.tsunagujapan.com/

Bila kamu sedang mencari makanan khas yang sangat mencerminkan Okhotsk Mombetsu, maka Kamaboko crab cake menjadi satu yang tidak bisa kamu lewatkan. Cake ini dibuat dengan teknik handmade yang sudah diwariskan dari generasi ke generasi. Tentu ada banyak jenis Kamaboko yang tersedia dan siap dibawa pulang sebagai oleh-oleh, termasuk deluxe kamaboko dengan kerang dan kepiting serta cake dalam paket penjualannya. Karena bisa diberikan sebagai oleh-oleh, kamu bisa menyiapkan kamaboko di rumah atau mencicipi langsung di berbagai sentra penjualan kamaboko di kota Mombetsu.

Top image source : https://da.wikipedia.org/

 

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia