Jepang
Kapan Waktu Terbaik Mengunjungi Jepang?
2017-10-11 08:56:23
HIS Travel

Secara geografis Jepang berada di kawasan empat musim  dalam setahun. Seperti yang sudah banyak orang tahu, setiap musimnya Jepang selalu menawarkan pesona wisata yang berbeda-beda. Kondisi lingkungan setempat dan kebudayaan pun menambah pesona yang ditawarkan untuk wisatawan mengunjungi negara dengan julukan Matahari Terbit ini.

Jepang pada dasarnya merupakan negara yang bisa dikunjungi kapan pun tanpa mengenal musim. Musim semi, musim, panas, musim gugur, hingga musim dingin memiliki destinasi wisata dengan pesonanya masing-masing. Namun, tidak semua wisatawan menyukai musim panas atau musim dingin, maka perlu diketahui sebelumnya mengenai masa berlangsungnya empat musim di Jepang. Jangan sampai saat ingin melihat bunga sakura ternyata masa mekarnya sudah habis.

 

Setelah mengetahui masa berlangsungnya empat musim di Jepang, wisatawan bisa menentukan pilihan kapan waktu yang tepat untuk menonton festival kembang api, menyaksikan bunga sakura mekar, mendaki Gunung Fuji, hingga mengikuti berbagai event di Jepang lainnya. Dan pastinya wisatawan bisa mencocokkan pakaian apa yang paling tepat di bawa selama berlibur di Jepang dalam musim tertentu.

 

Nah, apa saja hal yang harus diperhatikan ketika menentukan waktu yang tepat untuk berlibur ke tempat-tempat wisata di Jepang?

 

1. Wisata Salju di Musim Dingin

Sumber gambar: www.kyuhoshi.com

Musim dingin di Jepang berlangsung mulai akhir Desember hingga akhir Februari. Namun, puncak masa musim dingin berada di bulan Desember hingga Maret. Wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Jepang pada musim dingin biasanya adalah mereka penduduk negara yang terletak di wilayah tropis. Mereka ingin melihat turunnya salju di tanah Negeri Matahari Terbit.

 

Apabila wisatawan ingin menikmati liburan musim dingin terbaik di Jepang rencanakan destinasi ke tempat-tempat bermain ski, misalnya kota Nagano yang trekenal sebagai salah satu tuan rumah Olimpiade musim dingin. Wilayah Jepang bagian utara meliputi pulau Hokkaido dan sekitarnya serta daerah pegunungan di bagian tengah Pulau Honshu bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat musim dingin.

 

Perhatikan juga pakaian yang akan dipakai selama liburan musim dingin. Jangan sampai malah kedinginan selama berlibur!

 

2. Keindahan Bunga Sakura

Sumber gambar: www.kyuhoshi.com

Wisatawan yang penasaran dengan keindahan bunga sakura yang sedang mekar pastinya ingin melihat langsung ke tempat asalnya, yaitu Jepang. Musim semi di Jepang berlangsung selama bulan April, waktu paling tepat untuk menikmati bunga sakura yang sedang mekar. Biasanya pilihan berkunjung mulai dari minggu pertama atau minggu kedua di bulan April. Pada saat ini merupakan puncaknya kunjungan wisatawan asing ke berbagai destinasi wisata di Jepang sepanjang satu tahun. Jadi, jangan heran apabila tiket pesawat juga mematok harga yang melambung.

 

3. Kemeriahan Festival Musim Panas

Sumber gambar: www.kyuhoshi.com

Sepanjang musim panas di Jepang wisatawan akan disuguhi berbagai festival budaya yang begitu menarik. Festival budaya di tiap daerah memiliki keunikannya masing-masing sehingga wisatawan bisa menemukan pengalaman yang berbeda-beda di setiap festival yang disaksikan. Selama musim panas wisatawan pasti akan menyaksikan festival khas Jepang ini, mulai pertunjukan seni, kuliner khas Jepang dengan kedai-kedai yang berjajar di sepanjang jalan, hingga kembang api yang selalu menjadi puncak festival di Jepang. Pakailah pakaian yang menyerap keringat dan nyaman, karena musim panas di Jepang sama halnya dengan suhu di Indonesia bahkan bisa lebih tinggi. Jangan lupa bawa topi dan kipas Jepang (uchiwa) ketika berada di luar ruangan. Di musim panas biasanya harga tiket yang ditawarkan jauh lebih murah, jadi bagi wisatawan yang ingin menikmati budaya Jepang lebih dalam dengan budget yang terjangkau, rencanakan liburan di musim panas mulai dari awal Juli hingga akhir Agustus.

 

4. Pesona Keindahan Musim Gugur

Sumber gambar: www.kyuhoshi.com

Musim gugur merupakan musim dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan, hamparan daun-daun yang kemerahan akan memenuhi destinasi wisata populer di Jepang. Musim ini begitu cantik dan tenang, wisatawan bisa mendapatkan berbagai spot-spot menarik untuk diabadikan dan mengunjungi wisata-wisata alam dengan pemandangan yang begitu indah. Musim gugur juga menjadi musim yang banyak dipilih wisatawan untuk berkunjung, selain pesona daun momiji berwarna kemerahan di setiap sudut kotanya, wisatawan akan mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah tentunya. Satu hal lagi, di musim gugur wisatawan akan merasakan suhu yang benar-benar sejuk, tidak begitu dingin atau terlalu panas, karena merupakan musim peralihan menjelang musim dingin.

 

Pastikan untuk memilih waktu yang tepat sesuai dengan destinasi yang ingin dikunjungi. Jangan lupa sesuaikan dengan budget dan kondisi musimnya juga. Ada banyak hal-hal menarik lainnya di seluruh Jepang yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia. Selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapat kan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan!