City Travel
5 Jenis Transportasi di London, Inggris
2017-11-29 01:19:21
HIS Travel

Transportasi merupakan hal penting yang wajib kita ketahui ketika kita ingin berkunjung ke sebuah negara, jika tak tahu apa saja jenis transportasi maka nantinya kita akan kebingugan. Tak mungkin jika kita pergi jalan-jalan tanpa naik transportasi. London, kali ini kita akan membahas beberapa transportasi yang ada di Kota yang cantik ini. Ada beberapa transportasi yang bisa kita gunakan untuk berpergian kesana kemari, sebelum kita liburan ke London sebaiknya tahu apa saja kendaraan yang ada di London sehingga ketika sampai di London kita tidak kebingunan dan langsung tahu harus naik apa ketika ingin pergi ke sebuah tujuan. Tidak usah berlama-lama, berikut adalah jenis transportasi di London :

1. Sepeda

Jika kita ingin bersantai dan menikmati keindahan kota London sekaligus ingin sehat maka kita bisa menggunakan salah satu transportasi yang ada di London yaitu sepeda. Ada sepeda gratis yang sering disebut boris bike. Kita bisa menyewa selama 90 menit jika mau gratis. Namun jika ingin lebih leluasa menaiki sepeda dan berkeliling kota London sepuasnya ada juga penyewaan umum sepeda yang sering disebut dengan Barclays Cycle Hire yang baru saja diluncurkanoleh pemerintah pada tahun 2010 silam. Tapi ada persyaratannya lho kalau mau bisa menyewa sepeda ini, kita harus jadi membernya terlebih dahulu. Caranya gampang kok, tinggal daftar di internet melalui website barclayscyclehire.tfl.gov.uk. Setelah itu kita bisa menyewa sepeda dengan mudah, soal harga jangan khawatir karena sangat murah. Tapi ingat untuk tidak menggunakan sepeda itu lebih dari 24 jam, karena jika kita tidak mengenmbalikan dalam waktu yang ditentukan kita bisa terkena denda. Jika dirupiahkan mungkin sekitar 2 juta rupiah, banyak kan dendanya? Oleh karena itu taat aturan saja lah!

2. Taxi hackney

Kalau mungkin mau diantar dan naik transportasi yang tidak umum dan lebih private maka kita bisa naik transportasi taxi di London.Taxi di London ini berbeda ya dengan taxi yang ada di Indonesia, lebih khas dan unik sehingga kalau ke London wajib banget untuk naik taxi yang disebut hackney ini. Taksi berbentuk unik dan berwarna hitam ini siap untuk mengantar kita menuju ikon-ikon kota London yang indah. Tidak usah khawatir karena para sopir taxi pasti akan mengantarkan kita ke tempat tujuan danbahkan akan merekomendasikan wisata atau hal lainnya di London. Kalau penasaran bisa nih coba naik hackney, karena bentuknya yangcukup unik hackney menjadi primadona bagi turis-turis yang datang ke London. Kita bisa menemukan taksi-taksi hitam yang unik ini di sepanjang jalan di pusat kota London ya. Jadi jangan khawatir akan kesulitan mencari hackney disana.

3. Bus double-decker merah

Transportasi yang ini jadi ikonnya kota London ya. Kalau ke London dan nggak naik bus unik warna merah ini rasanya seprti ada yang kurang. Karena di tempat lain kita tak bisa mencoba ini, maka selagi di London sebisanya mencoba naik bus double-deker merah ini ya. Bus ini juga sangat mudah di akses ya, sehingga para wisatawan tidak perlu bingung lagi. Hampir di setiap sudut kota London ada stop-an bus double-decker ini. Selain itu tidak perlu takut untuk tersesat karena di setiap halte nanti disediakan map khusus sehingga kita tahu mana saja pemberhentian bus ini. Selain itu kelebihan dari bus ini, adalah jam operasinya yang ada selama 24 jam, 8.000 armada, dan 6 juta penumpang setiap harinya. Jadi nggak perlu khawatir kalau kita bakal ketinggalan bus ini, jumlahnya banyak banget deh. Selain itu kalau mau naik bus merah ini kita sarankan supaya sebelumnya mengisi kartu oyster dulu yang bisa digunakan untuk membayar bus dan kereta di London. Karena jika menggunakna oyster card harganya akan jauh lebih murah daripada kita beli personal ticket.Jadi kalau ke London wajib ya untuk mencoba bus ini, kita bisa naik di tingkat yang atas karena bisa menikmati London secara terbuka. Tapi harus siap mantel karena udara lebih dingin tentunya.

4. Tube (kereta bawah tanah)

Kalau pergi ke London dan mungkin sudah menjajal beberapa transportasi yang ada di atas, maka kita harus juga mencoba transportasi umum yang satu ini. Yaitu London underground atau kereta bawah tanah yang sering disebut dengan tube. Masih sama seperti bus yang kita bahas di atas tadi, kita bisa menggunakan oyster card untuk membayarnya sehingga harganya jauh lebih murah ya. Oyster card sendiri bisa dengan mudah di dapatkan di beberapa stasiun, kita hanya perlu menyetorkan uang untuk mengisi saldo pada kartu itu dan baru bisa kita gunakan. Tube sendiri berjalan melewati sekitar 12 jalur di pusat London dan sekitarnya, sekali lagi jangan bingung akan tersesat di London karena kita bisa mendapatkan peta London secara gratis dan cuma Cuma di beberapa halte dan stasiun yang kita lewati.

5. DLR / Rail (kereta atas tanah)

Tidak hanya bisa menggunakan kereta bawah tanah saja, di London sendiri juga ada kereta atas tanah atau yang sering disebut dengan Rail atau London Overground. Beberapa stasiun kereta atas tanah ini terkadang terhubung dengan beberapa stasiun tube juga. Bagi yang ingin naik DLR atau kereta di atas tanah ini maka bisa juga mengisi kartu Oyster karena tarif yang dikenakan akan jauh lebih murah. DLR London ini juga berhenti pada beberapa stasiun di pusat kota London bahkan pinggiran London sekalipun.

Itu dia informasi mengenai beberapa transportasi yang ada di London yang wajib sekali kita coba ketika sampai di London. Kalau ingin murah gunakanan Oyster card ya. Untuk mendapatkan berbagai macam paket liburan yang terjangkau selalu andalkan H.I.S Travel kami menyediakan beragam promo tiket internasional yang murah dan terjamin!