Tips
Jangan Lakukan Hal Ini Saat Hanami Di Jepang Apapun Alasannya
2018-02-27 16:14:40
HIS Travel

Berwisata ke Jepang sungguh menyenangkan. Banyak traveler yang kesana bersama H.I.S Travel Indonesia mengaku ingin kembali mengunjungi negri sakura tersebut di musim liburan yang selanjutnya. Banyak hal yang terasa lebih menakjubkan dari apa yang dibayangkan sebelumnya, terlebih ketika berhanami. Selain merasa senang setelah berhanami, mereka pun dapat terhindar dari hal-hal yang kurang menyenangkan setelah mempraktikan saran “Jangan lakukan hal ini saat Hanami”.

Belum pernah berhanami di negri Sakura? Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Hanami dan isi saran “Jangan lakukan hal ini saat Hanami” dari kami? Simak terus artikel kami yang berikut ini yuk! Selamat menyimak ya!

 

Mengenal Tentang Hanami, Kebiasaan Masyarakat Jepang Saat Bunga Sakura Bermekaran


Image source : https://www.flickr.com/photos/richardwelsh/1263079761/

Untuk sebagian orang, Hanami memang masih terdengar asing. Namun bagi mereka yang sudah pernah berkunjung ke Jepang, pasti sudah cukup familiar dengan istilah yang satu ini. Ya kan? Betapa tidak? Hanami adalah salah satu acara yang paling terkenal di seantero Jepang karena sudah menjadi budaya di masyarakat negri sakura.

Hanami sendiri tak lain merupakan suatu kegiatan memandangi bunga sakura yang sedang bermekaran. Biasa saja? Tunggu dulu! Anda harus merasakan sendiri sensasi kesyahduan ketika menikmati Hanami secara langsung di Jepang. Pasti terkesima!

Belum lagi bila Anda menikmati suasana Hanami bersama dengan sanak keluarga. Suasana syahdu pasti akan semakin terasa! Namun jangan lupa untuk turut serta membawa perbekalan untuk dimakan bersama-sama ya! Tak perlu makanan berat kok, makanan ringan juga tidak apa-apa. Yang penting ada, dan suasana kekeluargaaan dapat semakin terasa.

 

Ingin Menikmati Indahnya Sakura Di Jepang Bersama Warga Lokal? Pokoknya Jangan Lakukan Hal Ini Saat Hanami Di Sana Ya! Apapun Alasannya!

 

1. Ingin Berfoto Saat Berhanami Di Jepang? Jangan Dekat-dekat Dengan Pohon Sakura Ya! Amat Beresiko!


Image source : https://www.flickr.com/photos/mshexagram/4571771872/

Bunga Sakura memang banyak dijumpai di wilayah Jepang. Namun bukan berarti Anda dapat bertingkah seenaknya terhadap bunga cantik yang warnanya sangat khas ini ya! Harus tau aturan juga! Ingat, Jepang adalah negri yang disiplin, mengerti tata-krama dan amat menjaga budaya mereka.

Berfoto-foto selama berhanami sih boleh-boleh saja. Namun jangan sampai terlalu dekat dengan pohon sakura ya! Apalagi sampai menyentuh, atau bahkan “meninggalkan jejak” di pohon bunga sakura.

Kami tidak bermaksud untuk menghakimi Anda. Namun ada kalanya beberapa wisatawan meninggalkan jejak di pohon bunga sakura, dengan membuat goresan ukiran nama, menulisi batang pohon dengan tinta, hingga hal-hal lain yang pada akhirnya hanya menjadi polusi bagi mata. Bila hal tersebut dibiarkan begitu saja, sungguh amat disayangkan bukan?

Bahkan, di Jepang saja para warganya enggan unuk menyentuh pohon sakura. Bagi sebagian orang jepang asli, menyentuh pohon sakura adalah hal yang tabu, dan harus dihindari. Karena menurut orang sana, pohon bunga sakura adalah pohon yang spesial dan cukup diamati dari kejauhan.

Sekedar saran, berfotolah di depan pohon sakura dengan mengambil jarak minimum 1-2 meter ya! Hasil foto yang Anda ambil pasti akan terlihat keren kok!

 

2. Memetiki Bunga Sakura Selama Berhanami Itu Tidak Dibenarkan Ya! Dimanapun Anda Berada, Abaikan Keegoisan Pribadi Untuk Memetiki Bunga Sakura Yang Sedang Mekar Disana! Pokoknya jangan lakukan hal ini saat Hanami Di sana!


Image source : https://www.flickr.com/photos/vhinterleitner/16654869484/

Pohon yang mampu memekarkan bunganya memang menawan. Oleh karenanya, tak heran bila setiap mata yang memandang menjadi tertarik, bahkan ingin menjamah dan memetik bunga yang sedang mekar di tanaman tersebut.

Namun taukah Anda, bahwa tindakan tersebut justru malah merusak keindahan yang ada? Terlebih lagi, bunga yang Anda petik adalah bunga sakura yang kesegarannya tidak bertahan lama. Bahkan, waktu mekarnya saja paling lama hanya 2 minggu loh! Singkat sekali bukan?

Bila sudah tau tentang singkatnya waktu mekar bunga sakura, apa iya Anda masih tega merusak keindahan bunga sakura? Tentu tidak kan?

Daripada Anda merusak keindahan bunga sakura dengan memetiki bunganya, lebih baik Anda membeli souvenir yang dijajakan oleh para penjual souvenir saja. Aksesoris yang mengadaptasi keindahan bunga sakura cukup banyak dijual disana loh! Tak hanya aksesoris, Anda juga dapat menemukan stiker, poster, hingga kaos keren yang dapat Anda beli dan Anda jadikan sebagai item pelengkap di lemari koleksi Anda.

Beli nya jangan hanya satu saja ya! Yang banyak juga tidak apa-apa. Lumayan loh, untuk oleh-oleh orang tercinta di rumah! Diberikan ke orang tersayang saat sepulangnya Anda di tanah air pun tak jadi masalah!

 

3. Memanjat Pohon Bunga Sakura Selama Berhanami Juga Amat Dilarang Ya! Pokoknya Jangan Lakukan Hal Ini Saat Hanami Apapun Alasannya!


Image source : https://www.infojepang.net/

Memanjat pohon sakura di negri Jepang yang penduduknya amat terdidik dan mengagumi pohon ini? Menurut Anda pribadi, bagaimana kedengarannya? Pastinya kurang etis ya!

Meskipun begitu, nyatanya ada loh yang nekat memanjat pohon sakura ini hanya demi mendapat sudut berfoto yang keren! Namun tenang, mereka bukan wisatawan yang berasal dari Indonesia kok! Para turis yang sempat terpergok beberapa waktu lalu itu adalah turis asing yang berasal dari Cina.

Kejadian tersebut sempat membuat masyarakat Jepang menjadi kesal. Bahkan, ulah wisatawan Cina ini sempat menjadi viral disana. Untung masyarakat Jepang masih mengenal istilah toleransi disela keramah-tamahan budayanya ya! Coba kalau tidak, pasti mereka sudah diserahkan ke pihak yang berwajib!

Anda tentu tak ingin bertingkah seperti itu bukan? Kalau iya, catat pelajaran tadi baik-baik di buku catatan pribadi Anda, dan beri label Jangan lakukan hal ini saat Hanami di Jepang, bila diperlukan. Ini penting loh! Mengerti kan?

 

Oke, artikel tentang jangan lakukan hal ini saat Hanami di Jepang kita cukupkan dulu ya! Terimakasih telah menyimak artikel dari H.I.S Travel Indonesia, sampai jumpa lagi di kesempatan yang selanjutnya!