Jepang
4 Jalur Pendakian Untuk Sampai Ke Puncak Gunung Fuji Di Jepang
2017-08-14 15:21:21
HIS Travel

Karena memiliki lereng yang datar, siapapun bisa mendaki gunung Fuji hingga ke puncaknya secara mudah, bahkan pemula sekalipun. Meskipun demikian, kamu akan dihadapkan dengan kondisi alam yang berbeda dengan Indonesia. Sehingga mau tidak mau kamu harus memahami karakteristiknya dan merencanakan pendakianmu sebaik mungkin.

Salah satu hal yang harus kamu rencanakan dengan baik adalah pemilihan jalur pendakian. Kamu bisa memulai pendakian pada malam hari sehingga tiba di puncak sebelum matahari terbit.


Image source : fujisan-climb.jp

Sedangkan bagi pemula, sangat disarankan untuk memulai pendakian pada pagi hari dan menghabiskan malam di puncak gunung Fuji. Berikut ini adalah 4 jalur pendakian untuk sampai ke puncak gunung Fuji di Jepang:

Jalur Yoshida
Jalur ini terletak di stasiun kelima Fuji-Subaru dan menjadi titik awal pendakian yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan. Jalur Yoshida sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula yang belum pernah mendaki sama sekali, hal ini mengingat jumlah titik atau pondok peristarahatan yang sangat banyak.

Sangat kecil sekali kemungkinan untuk kamu tersesat karena ada banyak sekali pendaki yang pergi bersama kamu. Bahkan para pendaki yang ingin melihat sunrise rela mengantri dan berdesak-desakan di jalur pendakian. Kemudian saat turun, kamu bisa menggunakan jalur lainnya.


Image source : fallfishtenkara.com

Jalur Fujinomiya
Jalur Fujinomiya adalah jalur terpendek dan terendah diantara keempat jalur lainnya dan menjadi jalur paling populer kedua setelah Yoshida. Selain itu karena rute pendakian dan penurunan terletak pada satu jalur yang sama, maka akan sangat padat sekali terutama pada pagi hari dan malam hari.

Pendaki pemula yang memilih jalur ini akan merasa sangat aman karena jumlah titik peristirahat sangat banyak, tapi kamu harus tetap berhati-hati karena tebingnya sangat curam. Mengingat lokasinya yang berada di sisi selatan gunung Fuji maka kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan Suruga Bay yang mempesona.


Image source : thegeotraveller.com

Jalur Subashiri
Jalur Subashiri terletak di sisi timur gunung Fuji dengan karakteristik pepohonan yang sangat liar, tetapi memiliki tebing-tebing yang jauh lebih datar dibanding jalur Yoshida. Selain itu terdapat pula padang pasir tandus yang terletak pada jalur turun Subashiri.

Pada dasarnya, jalur ini sangat cocok dilewati oleh para pendaki berpengalaman karena jumlah titik peristirahatan yang sangat sedikit. Jalur ini akan bertemu dengan jalur Yoshida di stasiun kedelapan, jadi kamu harus siap-siap dengan antrian mendaki yang panjang pada titik tersebut. Sedangkan pada jalur turun, kamu bisa berseluncur di atas padang pasir yang landai di stasiun ketujuh.


Image source : jennajapan.blogspot.co.id

Jalur Gotemba
Dimulai dari ketinggian 1440 meter di atas permukaan laut, Gotemba menjadi jalur pendakian terpanjang dan tersulit untuk mencapai puncak gunung Fuji. Oleh karena itu jalur Gotemba hanya cocok dilalui oleh para pendaki profesional yang telah mendaki gunung Fuji melalui jalur lainnya.

Karena jalurnya cukup panjang dan tempat peristirahatan umumnya terletak di stasiun ketujuh, kamu harus siap untuk berkemah di setengah perjalanan menuju puncak. Perbekalan makanan dan minuman juga harus dipersiapkan lebih matang.


Image source : panoramio.com

Dari keempat jalur pendakian tersebut, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak sekitar 5 - 10 jam. Kebanyakan pendaki akan memulai pendakian dari stasiun kelima Kawaguchi yang memiliki waktu tempuh rata-rata 5 -6 jam hingga sampai ke puncak gunung Fuji. Namun perkiraan waktu tersebut akan berbeda-beda, tergantung berapa lamu kamu beristirahat di titik peristirahatan.


Image source : wacross.com

Saat mendaki gunung Fuji, kamu bisa memilih jalur naik dan turun yang berbeda-beda. Bahkan boleh saja kamu naik melalui jalur Fujinomiya dan turun melalui jalur Yoshida. Dengan begitu kamu bisa melihat pemandangan Jepang dari sisi gunung Fuji yang berbeda-beda.

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Jepang pada H.I.S!