City Travel
Jalan-Jalan Santai di Tepi Sungai Cheonggyecheon Korea Selatan
2017-07-28 16:33:43
HIS Travel

Tidak jauh berbeda dengan ibukota negara lainnya, Seoul memiliki lalu lintas yang padat, populasi penduduk yang tinggi, dan gedung pencakar langit dimana-mana. Meski demikian, ditengah jantung kota Seoul masih terdapat lahan hijau. Salah satunya adalah area di sekitar sungai Cheonggyecheon yang dilengkapi dengan puluhan jembatan, pijakan-pijakan batu, dan air terjun yang menarik. Membentang sejauh 11 km dari timur ke barat dengan aliran sungainya yang sangat jernih membuktikan bahwa Seol memiliki teknologi yang sangat modern.

Sebelum tahun 2005, sungai Cheonggyecheon tidak begitu diperhatikan oleh pemerintah setempat. Namun, setelah program pengembangan kota dilakukan secara besar-besaran di Seoul, sungai ini bertransformasi menjadi sangat natural. Sejak saat itu, jumlah pengunjung lokal dan turis terus bertambah setiap tahunnya. 


Image source : themistycity.blogspot.com

Jika kamu berkunjung ke Korea Selatan dan menyempatkan diri untuk melihat sungai Cheonggyecheon, kamu pasti terpukau dengan keindahannya! Kamu bisa sekedar berjalan-jalan santai di tepi sungai Cheonggyecheon, melompati pijakan-pijakan batu di tengah sungai, duduk di tangga jembatan, berfoto-foto, atau bermain air. Beberapa ikan yang sedang berenang juga bisa kamu lihat secara jelas mengingat airnya yang sangat jernih.

Bahkan, ada beberapa objek wisata menarik yang terletak di dekat aliran sungai Cheonggyecheon, seperti misalnya Istana Deoksugung, Seoul Plaza, Sejong Center, jalan Insa-dong, istana Changdeokgung, dan istana Changgyeonggung. Dengan begitu kamu bisa sekalian mampir ke beberapa tempat tersebut selagi berjalan-jalan santai di tepi sungai Cheonggyecheon Korea Selatan. 

Jika ingin berbelanja, ada beberapa lokasi perbelanjaan seperti Myeongdong, Gwanghwamun, Seoul City Hall, dan beberapa pusat jajanan kaki lima khas Korea Selatan. Jadi jangan takut kelaparan jika berjalan-jalan di tepi sungai Cheonggyecheon.


Image source : pinterest.com

Selain itu, kamu bisa berfoto-foto di beberapa jembatan yang dilalui oleh sungai Cheonggyecheon. Ada sekita 21 jembatan di sepanjang aliran sungai Cheonggyecheon. Dua diantaranya yang paling terkenal adalah jembatan Narae yang merepresentasikan seekor kupu-kupu, dan jembatan Gwanggyo yang menjadi simbol keharmonisan masa lampau dan masa depan.

Sebagai titik permulaan, penelusuran sungai bisa dimulai dari Cheonggye Plaza yang menjadi tempat untuk memperingati proyek restorasi sungai Chenggyecheon, sekaligus sebagai simbol kebersamaan, harmonisasi, kedamaian, dan persatuan. Cheonggye Plaza sendiri dibuka setiap hari selama 24 jam. Di tempat ini kamu juga bisa melihat beberapa lampu dan lampion yang menghiasi tepi sungai Cheonggyecheon pada malam hari.


Image source : pinterest.com

Selain mendirikan Cheonggye Plaza, pemerintah kota Seoul mendesain tempat ini sebagai zona bebas kendaraan pada hari libur, sehingga memberikan kanyamanan yang lebih bagi pejalan kaki. Beberapa objek menarik di sana adalah Candle Fountain dan air terjun setinggi 4 meter yang memancarkan lampu berwarna-warni. Terdapat pula sumur harapan Palseokdam yang tersusun atas 8 batu berbeda yang diambil dari 8 provinsi di Korea Selatan. Tidak heran jika tepi sungai Cheonggyecheon di dekat Cheonggye Plaza menjadi alternatif bagi pengunjung untuk menyegarkan pikiran dan berkumpul bersama teman atau keluarga.

Kalau kamu ingin lebih serius, ada juga tour untuk menelusuri sungai Cheonggyecheon selama kurang lebih 3 jam. Tour bisa dipandu dengan menggunakan bahasa Inggris, Jepang, atau Mandarin. Meski demikian, kamu masih bisa menentukan sendiri rute yang diinginkan sesuai dengan kodisi fisikmu. Umumnya rute yang dilalui adalah Cheonggye Plaza - Gwangtonggyo - Samilgyo - Supyogyo - Saebyeokdari - Gwangjang Market - Ogansugyo - Igansmumun Floodgate.


Image source : pinterest.com

Pada malam hari, mulai pukul 5pm - 11 pm, lampu-lampu indah di tepi sungai mulai dinyalakan dan Candle Fountain juga memancarkan cahaya yang berwarna-warni. Pada waktu tertentu, umumnya bulan November, sungai Cheonggyecheon menjadi tempat pertunjukan festival lampion. Beberapa pertunjukan musik dan lainnya juga bisa kamu lihat pada malam hari.

Berjalan-jalan santai, melihat pertunjukan cahaya di malam hari, atau membasahi kaki sambil melihat ikan-ikan yang berenang di tepi sungai Cheonggyecheon tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan ketika kamu berkunjung ke Korea Selatan. H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Korea Selatan pada H.I.S!