People & Culture
Intip 7 Festival Musim Dingin di Jepang
2017-11-14 04:26:17
HIS Travel

Jepang memang terkenal dengan festival yang diadakan hampir setiap waktu, bahkan di setiap musim memiliki fetsival yang berbeda-beda. Menyambut musim dingin, biasanya festival salju diadakan di setiap daerah dengan cara yang berbeda-beda. Keunikan festival yang diadakan menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Jepang. Berikut ini ulasan 7 festival musim dingin di Jepang yang bisa jadi referensi!

1. Festival Salju Sapporo (1-12 Februari)


Bagi wisatawan yang datang ke Hokkaido di musim dingin, salah satu hal yang ingin dilakukan adalah melihat Festival Salju Sapporo. Festival berlangsung setiap bulan Februari di Sapporo, Hokkaido. Berbagai patung-patung salju yang terbuat dari pahatan es diperlihatkan di Taman odori, Tsudome, dan Susukino, diiringi pertunjukan musik. Wisatawan juga bisa mencoba arena seluncuran, dan area labirin es. Tidak lupa sajian makanan-makanan lokal dari seluruh kota Hokkaido bisa dinikmati selama festival berlangsung.

2. Okumikawa Hana Matsuri (November- awal Maret)

Sumber gambar: tourist-note.com
Okumikawa Hana Matsuri merupakan festival yang dari Aichi, Jepang. Festival tradisional ini telah berlangsung lebih dari 700 tahun yang lalu, sebagai penanda titik balik matahari di musim dingin, tarian dengan topeng Shimotsuki Kagura mengiringi festival yang berlangsung di kota-kota dan desa-desa sekitar pegunungan Okumikawa, ada juga ritual merebus air dengan penampilan rakasa-raksasa oni (iblis) juga makhluk-makhluk mitos singa shishi yang dilakukan sepanjang malam.

3. Niino no Yuki Matsuri (14 dan 15 Januari)

Sumber gambar: tourist-note.com
Festival salju ini sangat kental dengan tradisi rakyat di desa Niino, distrik Shimoina, Nagano. Banyak pertunjukan yang ditampilkan seperti drama dan tarian-tarian topeng yang menggambarkan dewa-dewa lokal, serta prosesi yang diikuti oleh penduduk lokal disebut onobori. Mereka menampilkan 16 jenis pertunjukan seni penduduk lokal sepanjang malam festival, festival berlangsung dari Kuil Suwa sampai Kuil Izu saat senja tanggal 14 Januari.

4. Festival Salju Yokote Kamakura (15 dan 16 Februari)

Sumber gambar: tourist-note.com
Festival Salju Yokote Kamakura memiliki sejarah lebih dari 450 tahun. Acara ini diadakan setiap tahun pada tanggal 15 dan 16 Februari di kota Yokote, Prefektur Akita. Festival ini menampilkan rumah-rumah salju mirip igloo yang disebut kamakura dan dibangun di berbagai lokasi di seluruh kota. Orang-orang datang untuk memberikan persembahan di altar-altar salju yang didedikasikan untuk dewa air, dengan kue-kue beras dan amazake (anggur beras manis hangat) dipersembahkan oleh anak-anak sebagai balasannya.

5. Festival Namahage Sedo (minggu kedua Februari)

Sumber gambar: tourist-note.com
Festival ini merupakan kombinasi dari ritual Saitosai Shinto yang diadakan pada tanggal 3 Januari di Kuil Shinzan, Kitaura. Festival Namahage dimulai pada tahun 1964 dan pertama kali diadakan di halaman Kuil Shinzan. Mitosnya, ketika perapian raksasa dinyalakan di alun-alun utama kota, monster namahage turun dari gunung untuk menakut-nakuti anak yang nakal atau malas.

6. Festival Lentera Nagasaki (1-15 Januari kalender bulan)

Sumber gambar: tourist-note.com
Festival ini diadakan untuk menyambut Tahun Baru China, penduduk China merayakan festival ini selama 15 hari dengan ribuan lentera China yang menghiasi Chinatown Shinchi, Hama-ichi, dan Arkad Kankodori di Nagasaki. Pertunjukan tarian naga, singa, akrobatik China, serta pertunjukan Erhu diadakan dalam Parade Kaisar yang menjadi highlight festival ini.

7. Hachinohe Emburi (17-20 Februari)

Sumber gambar: tourist-note.com
Festival rakyat tradisional ini berlangsung di pusat Kota Hachinohe, yang berupa tarian bertani padi Emburi. Sekumpulan penari tampil di sekitar seorang penari tayu yang menggunakan topi berbentuk kuda, dengan gerakan yang disebut-sebut menggambarkan kegiatan menanam benih dan padi.

Masih ada banyak festival musim dingin yang berlangsung di Jepang, masing-masing daerahnya punya keunikan tersendiri. Cari tahu lebih banyak keindahan Jepang di H.I.S. Travel Indonesia, selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan.