Info Muslim
Houtou, Hidangan Muslim-Friendly di Musim Dingin Khas Yamanashi
2016-01-20 12:22:14
HIS Travel

Jalan-jalan ke Yamanashi untuk menikmati gunung Fuji yang indah dari jarak dekat, atau berkunjung ke danau Kawaguchi yang memesona, pastinya ada di dalam list kamu. Tapi di musim dingin seperti ini, tentu kamu juga ingin merasakan sesuatu yang hangat, berkuah, dan khususnya bagi kamu yang muslim, 100% bisa dimakan!

Houtou, merupakan hidangan berkuah yang disajikan hangat dan khas dari prefektur Yamanashi. Prefektur Yamanashi terkenal lebih dingin dari daerah tetangganya, Tokyo. Oleh karena itu, hidangan satu ini sangat terkenal untuk disantap saat musim dingin.

Konon, hidangan ini muncul karena prefektur Yamanashi yang memiliki temperatur suhu yang dingin, sulit mendapat beras terbaik saat musim dingin, sehingga pilihannya jatuh pada tepung, terutama tepung gandum.

Hidangan khas satu ini dapat dikonsumsi oleh para pengunjung muslim karena sama sekali tidak mengandung bahan makanan non-halal. Dalam Houtou, terdapat mie yang tebalnya kurang lebih seperti udon, namun masyarakat Yamanashi mengatakan bahwa Houtou sama sekali berbeda dengan udon. Bentuknya lebih seperti kwetiaw tapi lebih tebal dan disajikan tidak seperti udon melainkan seperti pangsit. 

Adonan untuk Houtou langsung diolah dengan tangan di dalam mangkuk kayu, direnggangkan, dikaikan satu sama lain agar terurai, lalu dipotong besar-besar. Tidak seperti udon yang memiliki tekstur halus, adonan houtou memiliki tekstur yang kasar, tanpa dibubuhi garam bahkan adonannya tidak didiamkan terlebih dahulu. Tidak seperti udon atau mie lainnya, houtou tidak direbus terpisah dengan bahan yang lain, tetapi langsung direbus bersama bahan dan sayuran lainnya.

Oleh karena itu, houtou dibuat sesuai pesanan, dan sangat segar karena benar-benar dibuat. Kaldu dari houtou sendiri diambil dari sari ikan kering (biasanya sarden kering), juga dari labu yang direbus dan dihancurkan yang kemudian dicampur dengan sup miso. Bahan pelengkap lainnya yaitu sayuran, yang umumnya porsi dari sayuran dalam suatu houtou lebih banyak dari porsi mie-nya, bervariasi tergantung musim. Variasi sayuran diantaranya adalah labu, kentang rebus, bawang bombai, daun bawang, jamur, wortel, kubis, dan berbagai sayuran lain sesuai musim.

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia