Jepang
“Henn-na Hotel”, Hotel Robot Pertama di Dunia
2015-12-11 09:51:41
HIS Travel

Buatmu yang senang berwisata atau mengunjungi tempat-tempat yang jauh dari rumah pasti membutuhkan tempat untuk menginap. Biasanya, kamu akan memilih menginap di sebuah hotel atau penginapan yang letaknya tak jauh dari tujuan wisata.

Memang saat ini sudah banyak inovasi dalam dunia perhotelan. Bukan hanya layanannya saja yang semakin oke, konsepnya pun semakin menarik dan beragam. Hal ini dilakukan untuk menarik wisatawan.

Kamu sedang merencanakan liburan yang mengesankan dan tidak terlupakan? Selain menikmati keunikan tempat wisata yang akan kamu tuju, bagaimana kalau kamu sekaligus mencoba menginap di hotel yang tidak kalah uniknya? Cobalah menginap di hotel nan unik di Jepang, “Henn-na Hotel”.

Jepang memang tidak kenal lelah dalam hal inovasi dan kreasi. Hal tersebut terlihat pada hotel yang baru saja dibuka pertama kali di bulan Juli 2015 ini. Henn-na Hotel, atau yang berarti “Hotel Aneh” dalam bahasa Indonesia ini pasti akan membuatmu berdecak kagum. Pasalnya, hampir seluruh staff di hotel ini bukanlah manusia, melainkan ROBOT! Hotel ini merupakan hotel pertama di dunia yang menggunakan robot sebagai pekerjanya.

Lokasinya berada di kawasan taman bermain Huis Ten Bosch, Nagasaki. Ketika kamu masuk, kamu tidak akan disambut oleh resepsionis manusia, melainkan oleh 3 macam robot yang berbeda bentuk. Ada yang berbentuk dinosaurus, robot wanita, dan robot mini. Jangan khawatir kalau kamu tidak bisa berbahasa Jepang, ya. Karena robot dinosaurus di bagian resepsionis tersebut merupakan robot yang berbicara bahasa Inggris. Sedangkan robot wanita berbicara bahasa Jepang. Untuk robot mini, kamu bisa memilih ingin berbicara bahasa Inggris atau Jepang.

Tidak hanya di bagian receptionis, hotel ini juga menyediakan robot pembawa barang yang akan mengangkut koper tamunya menuju ke depan kamar hotel. Kamu hanya tinggal menekan monitor touchscreen pada robot ini untuk menentukan kamar nomor berapa yang dituju, setelah konfirmasi, robot ini pun akan langsung mengantarmu ke kamar yang dituju. Selain itu juga ada robot arm yang bertugas menyimpan barang bawaanmu di loker.

Untuk memasuki ruang kamar, kamu sudah tidak perlu lagi menggunakan kunci, melainkan menggunakan face authentication system yang bisa kamu pergunakan untuk masuk ke dalam kamar hotel! Ketika berada di dalam kamar, sebagai pengganti pendingin ruangan, kamu akan menemukan panel radiasi terpasang di kamar untuk mendeteksi panas tubuh dan mengatur sendiri temperatur yang sesuai.

Kamu juga akan mendapati robot berukuran sebuah lampu meja berwarna merah muda, bernama Tuly. Robot tersebut tidak hanya menjawab pertanyaan yang kamu ajukan seperti soal cuaca dan jam, tetapi kamu juga bisa menyruh robot itu untuk menghidupkan atau mematikan lampu kamar. Meskipun robot tersebut hanya berbicara dan menjawab pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Jepang, sudah tersedia manual bahasanya kok.

Sang pengelola hotel, Hideo Sawada, mengatakan bahwa robot-robot tersebut bukan hanya sekedar hiasan dan hiburan belaka, melainkan suatu bentuk untuk pemanfaatan teknologi dan efisiensi. Meskipun tidak bisa menggantikan seluruh pekerjaan manusia, robot bisa menjadi salah satu cara untuk mengakali harga yang semakin melambung tinggi saat ini.

Hal tersebut bisa terlihat dari betapa murahnya harga sewa kamar di hotel tersebut. Untuk harga sewa permalam, satu kamar memiliki rate sekitar 80 dollar AS atau sekitar 1,2 juta Rupiah. Harga tersebut terbilang murah untuk ukuran Jepang.

Meskipun begitu, pihak hotel tidak memercayakan semua masalah kepada robot. Hotel ini masih mempekerjakan manusia untuk masalah keamanan dan untuk masalah kebersihan. Masih ada manusia yang selalu mengawasi hotel melalui kamera pengintai selama 24 jam penuh.

Kamu bisa melihat official websitenya di sini : http://www.h-n-h.jp/

Tertarik untuk menginap?

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia