Tips
Hal Menarik Yang Dapat Dilakukan Saat Penerbangan Jarak Jauh
2018-02-16 17:36:17
HIS Travel

Terlepas dari rasa senang karena akan pergi ke luar negeri, atau bisa merasakan terbang menggunakan pesawat terbang, kamu tetap akan merasa bosan jika berdiam diri di pesawat selama belasan jam, atau bahkan lebih. 

Kamu tidak akan bisa tidur dengan nyaman, telingamu sakit, kulitmu kering, kakimu kesemutan, dan badanmu terasa pegal sekali. Bahkan, semakin lengkap penderitaanmu jika harus transit di bandara antah berantah. 

Untuk menghindarinya, kamu bisa membeli tiket penerbangan kelas atas yang harganya selangit. Namun, jika itu bukan opsi yang bisa kamu pilih, beberapa hal menarik berikut ini mungkin bisa kamu lakukan saat penerbangan jarak jauh. Setidaknya kamu akan sedikit terhibur dan bebas dari rasa bosan.

1. Mencoba inflight-entertainment
Inflight-entertainment adalah segala macam bentuk hiburan yang telah disediakan oleh maskapai penerbangan kepada penumpangnya. Biasanya tempat duduk kamu akan dilengkapi dengan berbagai macam hiburan yang bisa mengusir rasa bosan selama berada di pesawat.

Tips penerbangan jarak jauh
Image source : extremetech.com

Ada layar touchscreen tepat di depat mata yang bisa kamu mainkan sesuka hati, lengkap dengan beragam fitur menarik dan canggih seperti peta 3D, video dan audio entertainment, televisi, inflight movie, video games, dan konten religious. Agar tidak mengganggu pkenyamanan penumpang lain, kamu juga akan diberikan headset untuk menikmati semua video dan musik yang disediakan.

2. Menulis review makanan pesawat
Makanan yang disajikan oleh pramugari pesawat, entah kamu menganggapnya enak atau tidak enak, pasti menarik untuk diceritakan kepada orang lain dalam bentuk tulisan. Kamu bisa menulisnya ke dalam blog pribadi, forum online, atau media sosial. Beberapa blog bahkan didedikasikan secara khusus untuk mereview makan-makanan pesawat dari berbagai maskapai penerbangan di dunia.

Tips penerbangan jarak jauh
Image source : dietdetective.com

Kamu bisa mengabil beberapa gambar mengenai makananmu, menceritakan apa saja yang disajikan, memberitahukan rasanya, dan mengutarakan pendapatmu mengenai makanan tersebut. 

3. Membaca buku, novel, dan majalah
Seberapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk membaca satu buah novel? Membaca satu buah novel sampai habis mungkin bisa menjadi kegiatan menarik di penerbangan jarak jauhmu. Semakin menarik novel yang kamu baca, semakin kamu tenggelam dalam cerita  di dalamnya.

Tips penerbangan jarak jauh
Image source : foap.com

Jika kamu lupa untuk membawa bahan bacaan seperti buku, novel atau majalah, jangan khawatir! Kamu bisa meminta kepada pramugari mengenai inflight magazine. Biasanya maskapai penerbangan selalu menyediakan majalah-majalah yang bisa kamu baca selama penerbangan jarak jauh.

4. Browsing internet dan media sosial
Saat di dalam peswat terbang, kamu harus mengaktifkan mode pesawat agar tidak mengganggu system komunikasi pesawat. Dengan mode pesawat maka kamu tidak bisa mengakses internet menggunakan koneksi broadband. Beruntungnya, beberapa maskapai penerbangan menyediakan layanan free wifi secara cuma-cuma.

Tips penerbangan jarak jauh
Image source : fortune.com

Dengan menggunakan wifi pesawat, ada banyak aktivitas di internet yang bisa kamu lakukan. Mulai dari browsing, chatting, streaming, membaca artikel, dan membuka media sosial.  Akan tetapi, jika maskapai penerbangan yang kamu pilih tidak menyediakan layanan wifi, terpaksa kamu harus melakukan kegiatan lain yang tidak membuutuhkan akses internet.

5. Bermain video games
Game mobile sudah banyak tersedia untuk smartphone, baik Android maupun iOS. Ada beragam jenis genre permainan yang bisa kamu mainkan sesuai dengan keinginan. Akan lebih baik, sebelum terbang menggunakan pesawat, kamu harus sudah menginstall beberapa game di smartphone milik kamu.

Tips penerbangan jarak jauh
Image source : theverge.com

Bosan dengan game-game yang ada di smartphone? Kamu bisa mmembawa konsol video game seperti PSP, PSP Vita, Nintendo DS, Nintendo Switch, dan lainnya. Jangan lupa untuk menamatkan game yang belum sempat kamu selesaikan!

6. Belajar percakapan bahasa asing
Saat bepergian ke luar negeri, mau tidak mau kamu harus sedikit mengerti tentang bahasa warga lokal. Minimalnya kamu mengetahui percakapan sehari-hari yang mungkin akan kamu butuhkan begitu pesawat landing di negara tujuan. Tidak harus memahami semuanya, yang penting kamu paham untuk bertanya tentang petunjuk jalan, cara menggunakan transportasi umum, menawar harga, dan percakapan lainnya.

Tips penerbangan jarak jauh
Image source : lindsaydoeslanguages.com

Saat kamu sibuk dan tidak sempat untuk belajar bahasa asing, kamu bisa memanfaatkan waktu penerbangan kamu yang berjam-jam untuk sedikit membaca-baca dan memahami percakapan bahasa asing. Siapa tahu kamu akan membutuhkannya nanti begitu tiba di sana.

7. Membuat rencana perjalanan
Kamu sudah menyiapkan itinerary perjalanan liburan sejak jauh hari.yang jelas. Namun jika belum, kamu bisa melakukannya sembari mengisi waktu penerbanganmu. Mungkin kamu juga bisa membuat rencana cadangan. 

Tips penerbangan jarak jauh
Image source : businessinsider.com

Manfaatkan wifi pesawat untuk mengorek informasi lebih mendalam mengenai negara tujuan kamu. JIka cuaca tidak mendukung, kamu bisa melihat perkiraan cuaca melalui pesawat dan mulai untuk membuat rencana perjalanan baru sesusai dengan cuaca yang terjadi.

8. Tidur sambil mendengarkan musik
Hal terakhir yang bisa kamu lakukaan saat melakukan penerbangan jarak jauh adalah tidur. Tapi kursi pesawat yang sempit dan jumlah penumpang yang ramai terkadang bisa mengurangi kenyamanan kamu. Jika sudah berusaha untuk tidur, tetapi tetap terjaga, kamu bisa mencoba mendengarkan musik melalui smartphone sambil memejamkan mata. Kalau kamu bisa larut dalam alunan musik dan lagu yang didengar maka kamu akan terlelap. 

Tips penerbangan jarak jauh
Image source : destinationtips.com

Namun, kamu juga harus memperhatikan waktu tidurmu di pesawat. Kamu harus memperhitungkan perbedaan waktu antara negara asal dan negara tujuan. Jangan sampai kamu merasa jetlag dan sulit tidur karena sudah terlalu banyak tidur di pesawat.

Jika kamu sedang mencari tiket penerbangan jarak jauh untuk berlibur, yuk persiapkan perjalanan wisata kamu bersama HIS! H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. 

Top image source : thedesignair.net