Tips
Hal Menarik Yang Dapat Dilakukan Saat Liburan Musim Dingin di Australia
2018-02-09 15:58:19
HIS Travel

Bukan rahasia umum jika Australia dikenal sebagai salah satu destinasi wisata musim panas terbaik di dunia. Tapi siapa yang menyangka, musim dingin di Australia juga patut diperhitungkan.

Saat musim dingin, suhu udara di sana tidak begitu dingin, justru membuat lingkungan sekitar terasa sejuk. Meskipun salju sulit ditemukan, tetapi kamu masih bisa menjumpainya dibeberapa wilayah Australia.

Pada saat musim dingin, tempat wisata dan pusat kota menjadi lebih sepi. Namun, pada bulan Juni hingga Agustus diselenggarakan festival-festival musim dingin yang tentu saja sangat ditunggu oleh warga Australia.

Dengan suhu yang tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas, kamu bisa melakukan banyak hal di sana. Berikut ini adalah beberapa kegiatan dan destinasi wisata yang bisa kamu jumpai di Australia pada saat musim dingin tiba :

Mengunjungi beberapa museum
Bila cuacanya kurang bagus dan kamu enggan bepergian saat cuaca dingin, mengapa tidak mengunjungi beberapa museum di Sydney? Kamu punya banyak pilihan museum yang bisa dikunjungi, tapi yang paling direkomendasikan adalah Museum Powerhouse, yang merupakan museum seni dan sains terapan.

Selain memamerkan barang-barang seni dan penemuan sains yang unik, di sana juga sering terdapat beberapa pameran temporer yang berbasis tema hollywood seperti The Lord of The Rings, dan lainnya.

Liburan musim dingin Australia
Image source : maas.museum

Jika kamu ingin belajar lebih banyak tentang sejarah Sydney, pergilah ke Museum Sydney, di mana kamu akan mempelajari segala hal yang perlu kamu ketahui tentang kota ini. Atau mengunjungi Australian Museum jika kamu lebih tertarik pada fosil atau belajar tentang satwa liar Australia.

Melihat ikan paus bermigrasi
Kumpulan ikan paus di belahan bumi selatan akan bermigrasi ke utara saat musim dingin tiba. Itu berarti kamu memiliki kesempatan fantastis untuk menonton ikan paus yang sesekali menyembul ke permukaan laut.

Ikan paus dapat terlihat di sepanjang garis pantai Australia, atau kamu bisa mengikuti tour wisata untuk menonton ikan paus menggunakan perahu atau udara. Bahkan, kamu juga bisa melihat mereka sedang melakukan perkawinan.

Liburan musim dingin Australia
Image source : says.com

Demi mempermudah para wisatawan, ada aplikasi smartphone gratis yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu keberadaan ikan paus, dan mempelajari lebih jauh tentang mamalia yang menakjubkan ini.

Bersiaplah jika kamu berencana untuk melihat mereka bermigrasi! Siapa tahu baju kamu akan basah karena percikan air yang mereka buat saat sedang menyembul ke permukaan.

Festival musim dingin
Salah satu festival yang wajib kamu kunjungi adalah VIVID Sydney yang merupakan pesta lampu, musik dan seni terbesar di belahan bumi Selatan.

Diselenggarakan setiap tahun pada akhir bulan Mei atau awal Juni, VIVID menampilkan pertunjukan cahaya malam secara gratis dan instalasi seni yang luar biasa, kapal-kapal penuh cahaya yang sedang berlayar, pertunjukan musik live, dan layar Opera House Sydney yang legendaris yang disinari dengan proyeksi 3D yang memukau. 

Liburan musim dingin Australia
Image source : concreteplayground.com

Jika tidak ingin berdesak-desakan, jangan pergi pada saat hari libur. Beruntungnya, satu-satunya hari libur nasional Australia saat musim dingin adalah Queen’s Birthday. Hari libur tersebut berlangsung pada hari Senin kedua di bulan Juni di semua negara bagian Australia, kecuali Australia Barat.

Walaupun Natal dirayakan pada saat musim panas, kamu bisa pergi ke Blue Mountains untuk merayakan Yulefest. Di sana kamu bisa merasakan suasana natal musim dingin, lengkap dengan dekorasi dan makanan khas natal seperti yang biasa kamu jumpai di daratan utara.

Melihat Aurora di bumi selatan
Meskipun Australia memiliki pertunjukan cahaya aurora  yang sama spektakulernya dengan di Eropa, aurora di selatan atau southern light kurang begitu populer. Aurora Selatan sulit dipahami, dan penampakan cahaya seperti itu sangat langka terjadi.

Jika kamu ingin melihat penampakan aurora yang mengesankan, kamu bisa datang ke Tasmania pada saat musim dingin, tetapi kamu harus meluangkan waktu untuk menunggunya karena sulit untuk diprediksi.

Liburan musim dingin Australia
Image source : abc.net.au

Secara teori aurora selatan akan muncul sepanjang musim dingin, tetapi bulan September biasanya merupakan saat terbaik untuk melihatnya.

Beruntungnya, kamu dapat melacaknya menggunakan aplikasi smartphone Star Walk (panduan astronomi interaktif), dengan melihat peta real-time melalui Aurora Forecast atau bergabung dengan grup Facebook Aurora Australis Tasmania yang selalu memposting keberadaan aurora secara real-time.

Mencoba beragam olah raga
Untuk melakukan olahraga musim panas, musim dingin di Australia masih cukup hangat untuk melakukan semua olah raga air seperti berselancar, berenang, dan snorkeling di Great Barrier Reef.

Sedangkan untuk olahraga musim dingin, beberapa wilayah Australia juga tertutup salju, bahkan lengkap dengan resor ski seperti di gunung Buller dan Perisher.

Liburan musim dingin Australia
Image source : adventuresdaintree.com

Untuk olahraga yang begitu seru dan menyenangkan, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dimainkan sepanjang tahun seperti Rugby dan Australian Rules Football a.k.a. Footy.

Kamu juga bisa melihat Melbourne Cricket Ground yang terkenal, dan berteriak sekencang-kencangnya untuk membela tim favorit kamu. Pastikan kamu berada di posisi yang tepat agar tidak terkena lemparan cricket.

Bermain ski
Perisher, destinasi liburan musim dingin paling populer di Australia, merupakan resor ski terbesar di belahan bumi bagian selatan, tepatnya berada di tengah gunung salju Kosciusko National Park Australia.

Dengan empat resor dan 47 lift, Perisher mampu menarik hati para pemain ski dan snowboard terbaik di dunia serta penggemar lokal untuk menuju ke sana dan sekedar menikmati salju.

Liburan musim dingin Australia
Image source : nationalparks.nsw.gov.au

Musim bermain ski biasanya berlangsung sekitar bulan Juli dan Agustus. Kalo kamu belum pernah bermain ski sama sekali, jangan khawatir karena ada banyak tebing atau seluncuran ski dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.

Mulai dari seluncuran untuk pemula, intermediate dan advanced bisa kamu temukan di Perisher.

Road trip di alam terbuka
Tidak ada perjalanan ke Australia yang lengkap tanpa melakukan road trip. Apalagi jika mengemudi mobil sendiri dari kota Darwin yang sangat tropis hingga ke kota Alice Springs yang dipenuhi gurun.

Kamu bisa menggunakan jalur Stuart Highway yang memotong langsung negara bagian Northern Territory, dan melewati destinasi alam paling ikonik di Australia, yakni Uluru.

Liburan musim dingin Australia
Image source : tatteredpassport.com.au

Cuaca musim dingin justru mendukung kamu untuk melakukan road trip. Berbeda dengan musim panas yang akan membuat kamu terbakar dalam terik matahari bersuhu 100 derajat Fahrenheit, musim dingin justru membuat cuaca menjadi lebih sejuk.

Selain itu selama musim dingin, peluang turun hujan dan badai monsoon juga sangat kecil sekali.

Jika kamu tertarik untuk berlibur di Australia saat musim dingin, yuk persiapkan perjalanan wisata kamu bersama HIS! H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. 

Top image source : tfehotels.com