Tips
hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak salah staisun pemberhentian ketika di Jepang
2018-05-01 09:01:46
HIS Travel

Salah satu jenis transportasi yang paling umum digunakan di Jepang adalah kereta. Orang Jepang akan pergi kemana-mana menggunakan kereta entah itu kereta listrik atau kereta bawah tanah. Mau tujuan dekat maupun jauh banyak orang yang menggunakan kereta, jika kalian akan berlibur ke Jepang maka terlebih dahulu kalian harus mengetahui informasi mengenai transportasi di Jepang ini sehingga ketika sampai di Jepang tidak sampai kebingungan. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada kalian semua mengenai hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak salah staisun pemberhentian ketika di Jepang. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah informasinya :

Beberapa jenis kereta milik pemerintah Jepang (JR)

Gambar terkait

image source : jprail.com

Tidak seperti yang ada di Indonesia dimana kita hanya memiliki 1 perusahaan kereta api saja yaitu KAI yang melayani masyarakat menggunakan kereta apinya. Di Jepang kita bisa menemukan lebih dari 1 jenis perusahaan kereta api yang dimiliki oleh pemerintah Jepang. Perusahaan kereta milik Pemerintah itu disebut dengan JR atau kepanjangan dari Japan Railway. JR sendiri memiliki beberapa jenis kereta yang berbeda sehingga kalian harus mengetahuinya agar tidak salah masuk. Jenis-jenis keretanya biasanya bisa kalian lihat di bagian papan pengumuman elektrik ketika berada di peron, di badan kereta juga biasanya ada tulisannya. Berikut ini beberapa infromasi mengenai jenis tiket dan kereta yang ada di Jepang :

Tiket untuk Kereta Biasa

Kereta biasa / lokal : Kalian wajib mengetahui beberapa informasi mengenai kereta JR di Jepang sehingga tidak sampai salah pemberhentian stasiun ya. Untuk kereta biasa atau lokal ini adalah jenis kereta yang berhenti di setiap stasiun yang mereka lewati.

Kereta semi ekspres / semi express : Untuk jenis kereta yang kedua ini, kereta jenis ini tidak berhenti di semua stasiun yang mereka lewati. Mereka hanya berhenti di beberapa staisun tujuan saja, jadi jelilah untuk meihat dimana kereta semi ekspres ini berhenti.

Kereta komuter ekspres / comuter express : Kereta ini hanya beroperasi pada jam-jam ramai di Jepang. Tepatnya beroperasi pada pagi dan sore hari ketika banyak orang berangkat dan pulang dari kantor. Kereta ini hampir sama dengan kereta semi ekspres karena tidak berhenti di semua stasiun yang mereka lewati, bahkan stasiun tempat mereka akan berhenti jauh lebih sedikit ketimbang kereta semi ekspres. Kalin bisa memilih jalur Chuo Line, Keiba Line, Saikyo Line, dan beberapa lainnya.

Kereta cepat spesial / special rapid service : Jenis kereta yang selanjutnya adalah kereta cepat spesial yang tidak berhenti di semua stasiun yang mereka lewati. Kereta jenis ini hanya berhenti di beberapa stasiun saja. Kereta jenis ini melewati Seibu Line, dan Chuo Line.

Tiket untuk Kereta Biasa + Tarif Kereta Khusus

Kereta Ekspres terbatas / limited express : Yang selanjutnya ada tiket kereta ekspres terbatas atau limited express. Di tiket ini, kereta tidak selalu berhenti di semua stasiun. Selain itu stasiunnya juga lebih sedikit dibandingkan stasiun pemberhentian di tiket biasa. Kamu juga perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa naik layanan kereta yang satu ini.

Jalur Kereta yang harus kalian perhatikan

Hasil gambar untuk jr japan maps

image source : jprail.com

Setelah mengetahui informasi mengenai jenis tiket dan juga jenis kereta Jepang aatu JR. Sekarang saatnya kalian mengetahui infromasi penting mengenai mengenai hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak salah staisun pemberhentian ketika di Jepang yaitu memahami dan mungkin menghapal jalur kereta yang harus kalian perhatikan. Berikut ini adalah beberapa jalur kereta yang wajib kalian ketahui :

Yamanote Line

Jalur pertama yang harus kalian pahami dan juga perhatikan adalah Yamanote Line. Jalur keret yang satu ini merupakan penghubung daerah Shinjuku, Tokyo, dan juga Shibuya. Jalur Yamanote ini adalah salah satu jalur terpenting yang harus diketahui para wisatawan asing termasuk kalian. Jalur Yamanote ini cukup unik karena jalurnya berbentuk lingkaran dan ketika kereta sudah mencapai stasiun akhir maka mereka akan balik arah untuk kembali. Kereta yang masuk ke dalam Yamanote Line ini punya arah rute ke dalam (uchomawari) atau rute ke luar (sotomawari). Untuk rute yang dari dalam dimulai dari daerah Shinjuku – Shibuya- Shinagawa – Tokyo. Sedangkan untuk jalur yang luar itu sebaliknya, mulai dari Tokyo – Shinagawa – Shibuya – Shinjuku.

Chuo Line

Yang selanjutnya ada jalur Chuo Line yang wajib kalian pahami dan perhatikan. Chuo Line adalah jalur yang menghubungkan beberapa daerah yaitu Tokyo, Shinjuku, Nakano, dan juga Kichijoji. Jika ingin mengunjungi kuil Kichjoji atau taman Inokashira yang bagus dan indah itu maka kalian bisa menggunakan kereta di jalur Chuo Line ini. Jika ingin berhenti di stasiun Kichjoji maka kami sarankan agar kalian memilih jenis kereta cepat atau rapid express saja ya. Karena kereta ekspress terbatas atau limited express  tidak berhenti di stasiun ini.

Itu dia beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada kalian mengenai hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak salah staisun pemberhentian ketika di Jepang. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bermanfaat dan berguna bagi kalian semua. Jika ingin liburan ke Jepang maka kami sarankan agar kalian liburan bersama HIS Travel Indonesia ya. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bisa berguna bagi kalian semuanya ya!