Jepang
Gion Kyoto, Tempat Terbaik Untuk Melihat Geisha
2017-06-07 00:48:12
HIS Travel

Geisha (芸者) identik dengan seorang wanita penghibur, musisi, penari, dan fashione mode yang sangat cantik dan langka. Tidak seperti samurai, Geisha masih tetap ada hingga kini dengan wajahnya yang putih, gaya rambut tradisional Jepang, dan kimono yang sangat indah.

Jika kamu berkesempatan untuk melihat Geisha, maka perjalanan kamu di Jepang akan terasa semakin lengkap. Pasalnya, memotret Geisha menjadi hal yang sangat sulit sekali. Hanya ada beberapa tempat di Jepang di mana kamu bisa melihat Geisha. Salah satunya yaitu di Kyoto.

Dahulu, Kyoto dikenal sebagai ibukota Jepang yang memiliki sejarah lebih dari seribu tahun. Masih ada ratusan Maiko (calon Geisha), dan 200 Geiko (Geisha berpengalaman) yang menjalani profesinya hingga saat ini. Seorang Maiko biasanya memulai karirnya sebagai Geisha sejak usia 15 tahun. Baik Maiko maupun Geiko, mereka belajar secara khusus mengenai budaya Jepang seperti upacara minum teh, mendekorasi bunga, musik dan tarian tradisional Jepang.


Image source : kyoto.travel

Bagi wisatawan dengan budget terbatas, namun tetap ingin melihat Geisha maka Gion Corner adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Gion Corner menampilkan tujuh jenis seni tradisional, terutama kyo-mai dance yang dimainkan oleh penari Maiko. Di sini kamu bisa melihat beragam seni tradisional Jepang dalam satu pertunjukan sekaligus.

Lokasinya terletak di Yasaka Hall, di sebelah teater Gion Kobu Kaburenjo, dengan suasananya yang sangat internasional karena tidak hanya diminati oleh warga Jepang saja, tetapi juga wisatawan mancanegara. Selain itu terdapat pula Maiko Gallery, dimana video tarian, hiasan rambut yang dipakai oleh Maiko, dan aksesoris lainnya dipamerkan.

Di akhir pertunjukan, beberapa Maiko akan hadir dan menarikan tarian tradisional Jepang. Karena teater ini pertama kali dibuat untuk menyambut tamu asing pada Olimpiade Tokyo, maka brosur dan panduan earphone disajikan dalam berbagai bahasa. Kamu bisa menikmati semua pertunjukan tersebut hanya dengan 3.150 yen ($ 30).


Image source : justinjapan.com

Masih terlalu mahal? Kalau begitu, satu-satunya cara untuk melihat Geisha secara gratis adalah dengan mengunjungi daerah Gion. Gion adalah tempat tinggal Maiko dan Geiko, jadi kamu mungkin akan menemukan Geisha secara kebetulan. Hanami-koji, jalan di depan Gion Corner, akan menjadi tempat yang baik untuk melihat geisha. Namun hati-hati, jangan sampai salah karena ada juga wisatawan yang sedang menggunakan kostum Geisha untuk berfoto-foto!


Image source : juliepodstolski.wordpress.com

Jika kamu ingin bertemu dengan seorang Geisha secara langsung, Gion Hatanaka akan mewujudkan impian kamu. Mereka memiliki paket khusus bagi pengunjung untuk bertemu dengan Geisha sambil menikmati hidangan Kyoto yang otentik. Beberapa Maiko dan Geiko akan datang ke ruangan untuk menampilkan beberapa tarian, dan menuangkan sake. 

Kamu bisa mengatakan "hai" kepada mereka secara pribadi dan berfoto bersama mereka. Jika kamu cukup berani untuk mengangkat tangan, kamu bahkan bisa bergabung untuk menari bersama mereka! Ini bisa menjadi pengalaman sekali dalam seumur hidup kamu.

Sebaliknya, jika kamu ingin bertemu dengan Geisha secara privasi, atau kamu ingin pengalaman yang lebih menarik, kenapa kamu tidak mencoba Ochaya-asobi, kedai teh yang sebenarnya? Sayangnya akses bagi wisatawan asing untuk bertemu dengan geisha di kedai minum teh cukup sulit. Karena alasan keamanan dan mempertahankan tingkat layanan, mereka tidak menerima tamu tanpa referensi.


Image source : dailymail.co.uk

Akan tetapi, jika kamu berencana untuk menginap di hotel bintang lima atau salah satu ryokans terbaik yang disebut Hiiragiya atau Tawaraya, kamu bisa meminta akses pada petugas disana. Mereka mungkin bisa membuat referensi untuk Ochaya (kedai teh) jika tersedia.

Maiko dan Geiko memang masih menjadi misteri, bahkan tidak banyak orang Jepang yang pernah melihat atau bertemu mereka secara langsung. Selama berkunjung ke Jepang, semoga kamu bisa melihat dan berfoto dengan mereka secara langsung.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia