Jepang
GHIBLI MUSEUM, TAK HANYA SEKEDAR MUSEUM! (PART 2)
2016-10-26 05:32:40
HIS Travel

Untukmu yang telah datang ke museum jauh dari waktu yang tertera di tiketmu, kamu mungkin harus menunggu. Pasalnya, gerbang tidak akan dibuka hingga 15 menit sebelum waktu bukanya. 

Tetapi, waktu kamu bisa kamu habiskan dengan menikmati pemandangan di taman umum yang berada tepat di samping Museum Ghibli.

Kalau kamu datang di musim gugur ini, kamu bahkan bisa melihat cantiknya bunga yang sangat populer di musim gugur, bunga higanbana. Detail mengenai bunga higanbana bisa kamu lihat di sini. Hanya bersantai-santai sambil melihat pemandangan yang masih asri di Mitaka pun juga cukup menyenangkan, lho.

Nah, setelah cukup menunggu, dan gerbang museum dibuka, kamu akan disambut petugas yang akan mengecek tiket yang kamu miliki. Jadi pastikan kamu telah datang di jam yang tepat ya.

Meskipun gerbang luar sudah dibuka, kamu masih akan diharuskan mengantri sampai gerbang di dalam bangunan dibuka. Karena gerbang bangunan museum baru akan dibuka tepat waktu. Baru mengantri sebentar saja, antrian sudah bertambah panjang hingga beberapa meter. Banyaknya pengunjung tidak terbatas dari orang Jepang saja.

Kalau kamu sudah masuk ke dalam museum, petugas akan meminta tiket reservasi kamu dan mengganti dengan tiket masuk yang unik. Kenapa unik? Karena tiket tersebut berisi potongan film animasi Ghibli.

Satu hal yang harus kamu ingat, di dalam museum tidak boleh mengambil foto apalagi video. Jadi, kalau kamu ketahuan oleh petugas, maka kamu akan langsung diminta untuk mematikan kameramu. Kebijakan ini dilakukan sebab Hayao Miyazaki sang arsitek dari Studio Ghibli dan Museum Ghibli mengharapkan para pengunjung untuk merasakan setiap inci dari museum dengan tangan dan mata sendiri.

Itu sebabnya, kalau dari bagian saja kamu sudah terpukau akan arsitekturnya yang unik, maka bagian dalam akan lebih membuatmu terkesima. Terlebih, Museum Ghibli juga mempunyai berbagai macam jenis jenis pameran yang berubah-ubah setiap beberapa bulan sekali. Jadi, hal yang dipamerkan di museum di bulan ini, mungkin akan berbeda dengan apa yang dipamerkan di museum beberapa bulan kemudian. Hal ini pasti akan menambah rasa penasaranmu untuk mengunjungi tempat ini lagi dan lagi bukan?

Di lantai dasar berisi bagaimana langkah-langkah pembuatan suatu film sebelum menjadi animasi yang lengkap yang dijadikan kedalam suatu diorama. Nah, sebagai sebuah studio film, pasti rasanya kurang lengkap apabila tidak ada pemutaran film produksi dari Ghibli. Di lantai satu ini juga tersedia theater pertunjukan film yang masih menggunakan proyektor film analoh untuk memutar film-nya. Film yang ditampilkan berbeda-beda di setiap harinya. Namun yang jelas, seluruh film yang diputar di theater ini ekslusif untuk Museum Ghibli saja sehingga hal ini bisa menjadi pengalaman tersendiri untuk para fans.

Di jam-jam tertentu, museum ini juga menampilkan film pendek dengan judul yang berbeda-beda.

Di lantai dua, kamu bisa melihat dari mana tone dan gaya visual Studio Ghibli yang dekat dengan realisme ajaib ala Eropa. Banyak juga storyboard dari berbagai film dan buku-buku apa saja yang dijadikan acuan untuk film-film ghibli.

Puas di bagian dalam, jangan lupa kamu pergi ke bagian atap museum ya. Untuk menuju ke sana kamu akan melewati tangga melingkar yang dihiasi oleh tanaman pagar, membuat tangganya terlihat sangat cantik. Di bagian atas, kamu akan menemukan replika robot yang ada di film ‘Laputa, Castle in The Sky’

Sampai di bagian atas, ternyata  sudah cukup banyak orang yang mengantri lantaran ingin berfoto bersama dengan si robot ini, lho.

Setelah puas berkeliling museum, kamu bisa beristirahat di Straw Hat Cafe yang terletak di sisi samping Museum Ghibli. Kamu bisa memesan makanan ringan dan menikmati satu lagi sajian spesial dari museum ini, bir Kaze no Tani.

Setelah cukup mengisi dahaga dan lapar, kamu bisa kembali ke bagian dalam museum oleh-oleh untuk teman dan keluarga di toko oleh-oleh khas Studio Ghibli. Tidak hanya pernak-pernik lucu, berbagai hiasan dinding maupun peralatan makan yang sangat cantik juga ada di sini. Pokoknya, kamu tidak akan tahan kalau tidak membeli paling tidak 2 macam benda yang ada. Takut uang yen-mu habis? Ternyata mereka menerima tidak hanya kartu kredit, tetapi kartu debit juga, lho.

Buat kamu yang belum pernah mengunjungi Museum Ghibli, jangan lupa untuk memasukkannya ke Top List kamu selama berada di Jepang ya!

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia