Jepang
Ghibli Museum, Tak Hanya Sekedar Museum! (Part 1)
2016-10-24 05:25:30
HIS Travel

Kamu suka menonton anime? Tahu rumah produksi animasi manakah yang paling dikenal saat ini? Yup, Studio Ghibli merupakan salah satu pioneer rumah produksi di Jepang. Ghibli didirikan pada tahun 1985 oleh sutradara ternama Hayao Miyazaki, bersama dengan rekannya yang juga pembimbingnya, Isao Takahata.

Film-film anime dari Studio Ghibli kebanyakan mengandung unsur-unsur provokatif, imajinatif, emosional dan telah mendapatkan apresiasi di mancanegara, temasuk masyarakat Indonesia.

Kamu pasti tahu beberapa anime keluaran studio ini, bukan? Seperti ‘Tonari no Totoro’, ‘Spirited Away’, ‘Howl’s Moving Castle’, ‘Princess Mononoke’, dan masih banyak lagi. Coba sebutkan judul anime ghibli mana yang menjadi favoritmu?

Nah, selain menikmati karya dari studio Ghibli melalui film-filmnya, para fans juga bisa mengunjungi museum yang dibangunnya, Museum Ghibli yang berada di Mitaka (三鷹の森ジブリ美術館, Mitaka no Mori Jiburi Bijutsukan, Mitaka Forest Ghibli Museum).

Tahukah kamu, desain museum ini dirancang oleh sang sutradara sendiri, lho. Sehingga kalau kamu mengunjungi tempat ini, sentuhan khas Miyazaki akan sangat terasa di setiap bagian bangunan.

Jangan kira tempat ini akan sepi seperti kebanyakan museum lainnya, ya. Karena animo pengunjung museum ini benar-benar luar biasa, sehingga terkadang kamu harus memesan tiket beberapa minggu sebelumnya untuk bisa mengunjungi museum ini.

Tiket Museum Ghibli merupakan tiket reservasi yang berlaku untuk hari dan jam tertentu. Tiket masuk ini tidak dijual di museum, tetapi harus dibeli di mesin penjual tiket Loppi yang terdapat di convenience store Lawson. Lawson tersebar luas di Jepang, terutama di depan stasiun besar di sana. Jadi kamu akan dengan mudah menemukannya. Namun, karena proses pembelian tiket yang mudah ini, reservasi tiket semakin cepat habis. Bisa dipastikan kamu tidak akan mendapatkan tiket apabila kamu memesan tiket beberapa hari sebelumnya. Reservasi tiket bisa dilakukan mulai tanggal 10 tiap bulan nya, mulai pukul 10:00.

Takut tidak bisa membaca tulisan Jepang? Jangan takut. Kamu bisa melihat di sini , yang memuat semua informasi tentang bagaimana cara mengunjungi dan membeli tiket Museum Ghibli di Loppi. 

Sebenarnya sih, lebih enak lagi sih kalau kamu punya kenalan yang tinggal di Jepang. Kan kamu bisa tinggal titip tiket ke kenalanmu yang tinggal di sana. Tapi kalau tidak punya, kamu juga bisa membeli tiket secara online kok. Sekarang sudah cukup banyak cara untuk membeli reservasi tiket museum Ghibli.

Waktu kunjungan museum dibagi menjadi empat, yaitu 10:00, 12:00, 14:00, dan 16:00. Tetapi meskipun jam masuknya sudah ditentukan, kamu bisa berlama-lama di museum ini sampai tutup. Jangan lupa, kalau museum ini tutup setiap hari Selasa, dan juga hari libur panjang dengan waktu yang berubah-ubah. Untuk mengetahui jadwal libur museum, silakan cek di sini. 

Harga tiket masuk museum adalah 1,000 yen untuk dewasa dan mahasiswa, 700 yen untuk siswa SMP dan SMA (13-18 tahun), 400 yen untuk siswa SD (7-12 tahun), dan 100 yen untuk murid TK (4-6 tahun).

Akses menuju Mitaka dari pusat kota Tokyo sendiri sangat mudah. Salah satu yang paling cepat adalah dengan menggunakan JR Chuo Line dan turun di Stasiun Mitaka.

Setelah sampai di Stasiun Mitaka, ada dua cara untuk menuju ke Ghibli Museum, yaitu dengan berjalan kaki atau menggunakan bus.

Kalau kamu memilih ingin berjalan kaki, kamu bisa mengambil jalur Kaze no Sampo Michi yang dejajar dengan saluran air Tamagawa Josui. Jalur ini berada di sebelah kiri pintu keluar selatan Stasiun Mitaka. Selain penunjuk arah yang jelas untuk menuju ke Museum, pemandangan di sepanjang jalan yang cantik memberikan nilai tersendiri.

Tapi kalau kamu tidak ingin cepat lelah (jarak dari stasiun Mitaka sampai ke Museum Ghibli cukup jauh, sekitar 20 menit berjalan kaki), bus bisa menjadi pilihan terbaik.

Halte bus untuk menuju ke Museum Ghibli berada di dekat pintu keluar selatan Stasiun Mitaka, dan kamu bisa naik bus jurusan Myojo Gakuen. 

Di halte bus, terdapat mesin untuk membeli tiket bus. Tetapi, kamu juga bisa langsung membayar ke supir busnya kok. Karena jarak yang cukup dekat, museum akan dicapai dalam waktu 5 menit.

Setelah turun di halte bus yang berada tepat di museum tujuanmu, kamu akan melihat bangunan yang sangat unik dan berbeda dari bangunan yang lain.

Selamat datang di Museum Ghibli!

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia