Jepang
4 festival musim semi di Jepang yang wajib diikuti
2018-05-01 06:10:55
HIS Travel

Salah satu orang memilih Jepang sebagai destinasi wisata untuk liburan adalah karena Jepang memiliki 4 musim yang indah. Ketika musim semi tiba, jumlah wisatawan asing yang pergi ke Jepang semakin meningkat. Hal itu bisa terjadi karena mereka mungkin penasaran dan ingin melihat keindahan musim semin di Jepang dimana bunga sakura yang cantik sedang berlomba-lomba untuk memekarkan dirinya. Jika kalian akan berlibur ke Jepang pada musim semi maka kami sarankan agar kalian mengetahui festival musim semi di Jepang yang wajib diikuti. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah informasi lengkapnya untuk kalian :

1. Aoi Matsuri

Hasil gambar untuk aoi matsuri

image source : https://matcha-jp.com/en/3892

Aoi Matsuri adalah salah satu festival musim semi yang diadakan rutin di Kyoto Jepang 1 tahun sekali tiap tahunnya. Aoi Matsuri ini diadakanj setiap bulan Mei, pada tahun 2018, festival ini diadakan pada tanggal 15 Mei 2018. Puncak dari perayaan Aoi Matsuri ini adalah dengan melakukan iring-iringan atau upacara di jalan raya atau yang disebut sebagai Roto no gi. Festival ini sebuah perayaan dimana para pejabat istana diring menuju ke kuil Kamigamo dan juga kuil Shimogamo. Para pejabat nantinya akan menggunakan pakaian warna-warni untuk simbol penghormatan kepada pada kaisar atau pejabat istana pada zaman Heian. Festival ini berlangsung di jalan-jalan di Kyoto. Jadi bagi kalian yang kebetulan pergi ke Jepang pada tanggal 15 Mei nanti jangan lupa untuk mampir kw Kyoto dan menyaksikan megahnya festival Aoi Matsuri ini ya. Festival Aoi Matsuri ini bisa kamu lihat di jalanan Kyoto dengan gratis ya.

2. Bunkyo Tsutsuji Matsuri

Gambar terkait

image source : https://www.flickr.com/photos/nahcco/5720235543

Festival musim semi di Jepang yang wajib diikuti yang kedua adalah Bunkyo Tsutsuji Matsuri. Festival ini adalah salah satu festival yang menampilkan keindahan musim semi yang bisa kita nikmati dan bisa memanjakan mata kita. Bunkyi Tsutsuji Matsuri ini adalah festival bunga musim semi yang paling indah di Jepang. Di festival ini kita bisa melihat lebih dari 300 jenis bunga bermekaran dengan cantiknya. Festival yang satu ini rutin diadakan tiap tahunnya di Nezu Shrine di Tokyo. Di festival yang cantik ini kita bisa melihat sekitar 3000 bunga Azalea yang terdiri lebih dari 100 jenis atau varietas. Di festival ini kita bisa melihat taman super cantik yang seolah beralaskan bunga azalea. Untuk mengakses festival ini cukuplah mudah ya, kita hanya oerlu berjalan kaki selama 5 menit saja dari stasiun Nezu atau stasiun Sendagi. 5 menit juga berjalan kaki dari  Stasiun Todaimae. Buka mulai pukul 9 pagi hingga 17.30 sore ya, untuk masuk ke dalam festival Bunkyo Tsutsuji Matsuri ini kita hanya perlu membayar 200 yen saja dan bisa sesuka hati menikmati indahnya festival bunga ini.

3. Hana Matsuri

Hasil gambar untuk hana matsuri

image source : https://centraltokyo-tourism.com

Festival ketiga yang diadakan pada saat musim semi di Jepang adalah Festival Hana Matsuri. Festival yang satu ini adalah salah satu jenis festival yang sampai saat ini masih dilestarikan ya. Tidak hanya dilakukan di beberapa kota yang besar saja. Namun Festival bernama Hana Matsuri ini dilakukan di seluruh kuil yang ada di Jepang setiap tanggal 8 April. Festival yang sering disebut juga sebagai Kanbutsue ini adalah festival yang merupakan upacara untuk memperingati kelahiran Buddha. Kalian yang beragam Buddha tidak ada salahnya untuk mengikuti Hana Matsuri jika berada di Jepang pada awal April. Ketika festival ini berlangsung maka tempat kecil di dalam kuil akan dihias indah dengan bunga. Selain itu patung Buddha bayi atau tanjobustu akan ditaburi para jamaah menggunakan sendok dengan amacha. Amacha sendiri adalah jenis minuman yang dibuat dengan rendaman the pada air panas. Di Hana Matsuri ini kita juga bisa menemukan banyak bunga yang dipersembahkan untuk para Buddha.

4. Nagahama Hikiyama Festival

Hasil gambar untuk nagahama hikiyama festival

image source : pinterest

Yang terkahir ada Nagahama Hikiyami Festival. Festival yang stu ini adalah salah satu dari 3 festival terbesar yang ada di Jepang ya. Nagahama Hikiyami Festival in sdauh dilangsungkan sejak jaman dahulu, karena merupakan salah satu festival Jepang yang terbesar maka festival yang satu ini ditetapkan sebagai warisan budaya rakyat yang tidak berwujud secara nasional pada sekitar tahun 1979-an. Nagahama Hikiyama Festival ini diselenggarakan pada tanggal 13 April hingga 16 April 2018 yang lalu.  Konon katanya, festival ini berasal dari zaman Momotama. Saat itu kaisar sedang merayakan kelahiran anak pertamanya dengan menyebarkan uang kepada masyarakat. Namun masyarakat yang kagum akan kemurahan hati kaisar mereka itu menjadikan uang pemberian kaisar untuk merayakan kelahiran anaknya secara besar-besaran di kuil Hachiman. Festival itu sampai sekarang masih rutin diadakan setiap tahunnya di kuil yang sama. Bahkan kita bisa menonton pagelaran Kabuki yang diperankan oleh anak kecil ya.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada kalian mengenai festival musim semi di Jepang yang wajib diikuti. Jika ingin mengikuti festival itu maka kami sarankan agar kalian mencari paket liburan ke Jepang di HIS Travel karena murah dan terpercaya. Dengan mengikuti tour HIS Travel kamu juga bisa melihat festival musim semi yang sudah kami sebutkan di atas ini ya. Bahkan banyak festival lainnya yang bisa kamu lihat juga, tidak usah berlama-lama ya, segera cek websitenya untuk mendapatkan banyak promo travel dan tiket  penerbangan ke Jepang!