Jepang
9 festival musim panas di Jepang yang wajib dikunjungi
2018-05-01 09:28:28
HIS Travel

Apa yang kalian ketahui mengenai Jepang? Ya, Jepang adalah salah satu negara yang memiliki pesona yang indah pada musim dingin karena saljunya yang putih akan memenuhi sepanjang jalan dan selain itu juga kalian juga bisa bermain ski. Jepang juga indah pada musim semi karena bunga sakura dan berbagai jenis bunga lainnya mekar dengan indahnya. Namun sayangnya banyak sekali orang yang mengabaikan musim panas di Jepang, padahal musim panas di Jepang juga memiliki keindahan dan pesona tersendiri. Disaat musim panas tiba kita bisa menikmati berbagai festival yang diadakan disana. Oleh karena itu kali ini kami akan menginformasikan kepada kalian mengenai festival musim panas di Jepang. Tak usah berlama-lama berikut adalah informasi lengkapnya untuk kalian :

1. Tanabata

Hasil gambar untuk Tanabata

image source : LIVE JAPAN Perfect Guide TOKYO

Festival pertama yang bisa kalian datangi ketika pergi ke Jepang pada saat musim panas adalah festival Tanabata. Tanabata ini adalah salah satu jenis festival musim panas yang masih rutin di lakukan di Jepang sampai sekarang. Festival Tanabata ini juga sering disebut sebagai festival bintang. Nah apa saja yang bisa kita lakukan di festival Tanabata ini? Biasanya orang akan menuliskan permohonan mereka di selembar kertas. Setelah itu mereka akan melipat dan mengantungkan selembar kertas itu di pohon bambu khusus. Banyak masyarakat Jepang yang meyakini jika mereka melakukan ini di festival Tanabata maka keinginan mereka akan terwujud. Festival ini rutin diadakan tiap tahunnya pada sekitaran bulan Agustus. Jika penasaran maka kamu bisa mengunjungi salah satunya di festival Tanabata Sendai di dekat Tokyo pada kisaran bulan Juli hingga Agustus.

2. Hanabi \

Hasil gambar untuk hanabi festival

image source :Japan Guide

Festival kedua yang bisa kalian ikuti bernama Hanabi festival. Jepang memang memiliki berbagai macam festival menarik yang harus kita ikuti dan telisik lebih lagi. Hanabi adalah slah satu festival terbesar di Jepang yang diadakan di bebepara prefektur di Jepang. Hanabi ini dilangsungkan setiap tahunnya bertujuan untuk mengusir kekuatan gelap atau iblis dengan cara menyalakan ratusan kembang api di langit malam kota Jepang. Setiap tahunnya, festival Hanabi ini selalu diadakan disana. Festival Hanabi ini diadakan selama musim panas, yaitu mulai bulan juli hingga agustus.

3. O-Bon

Hasil gambar untuk obon festival

image source : Japan Info

Next, ada festival bernama O-Bon. O-Bon ini adalah festival untuk para umat bergaam Buddha yang dilakukan di Jepang hampir setiap tahunnya. Festival ini dilakukan untuk memperingati leluhur, karena di Jepang sendiri diyakini jika selama Obon berlangsung maka arwah para leluhur akan datang lagi ke dunia untuk mengunjungi kerabat mereka. Festival ini berlangsung pada pertengahan bulan Agustus.

4. Tsukimi

Hasil gambar untuk tsukimi festival

image source : Muza-chan

Yang selanjutnya kita bisa menikmati festival Tsukimi. Tsukimi adalah salah satu festival musim panas menjelang musim gugur yang dilakukan di Jepang. Tsukimi sendiri dilakukan pada bulang September hingga Oktober dan bertujuan untuk menghormati bulan mmusim gugur. Dan ketika festival ini diadakan kamu bisa mencoba makanan Jepang yaitu Tsukimi Dango ada juga Tsukimi Soba dan Tsukimi Udon yang wajib diicipi.

5. Hakata Gion Yamakasa

Hasil gambar untuk Hakata Gion Yamakasa

image source : Japan Guide

festival musim panas di Jepang yang selanjutnya adalah Hakata Gion Yamakasa, festival yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu festival yang cukup menarik di Jepang. Festival ini diadakan di bulan Juli, mungkin sektiaran tanggal 15 Juli. Di festival ini kita bisa melihat beberapa pria yang mengangkat Yamakaza diarak keliling kota yang beratnya sendiri mencapai 1 ton. Kalian bisa melihat secara langsung bagaimana menariknya festival ini.

6. Tenjin Matsuri

Hasil gambar untuk Tenjin Matsuri

image source : JNTO - Japan National Tourism Organization

Selanjutnya ada Tenjin Matsuri, festival ini adalah salah satu festival teramai dan terpopuler di negara Kepang. Festival ini setiap tahunnya diadakan pada sektiaran tanggal 24 hingga 25 Juli. Tenjin Matsuri ini diadakn di Kuil Tenmagu. Diadakan guna untuk menghirmati dewa Sugawara Michizane yang merupakan dewa keilmuan. Tenjin Matsuri ini dilakukan dengan cara mengudnang dewa keluar dan melakukan berbagai macam perayaan di luar untuk menhibur dewa.

7. Awa Odori

Hasil gambar untuk awa odori

image source : Japan Guide

Selanjutnya ada festival bernama Awa Odori. Festival ini bisa kita saksikan setiap tahunnya di Provinsi Awa Jepang. Untuk tahun ini, festival Awa Odori diselenggarakan pada tanggal 12 hingga 15 agustus saja. Kita bisa melihat ratusan penari tradisional yang menarikan tarian Awa di sepanjang jalanan kota dan desa di provinsi Awa. Tujuan Awa Odori ini diselenggarakan adalah untuk menyambut datangnya festival O-Bon yang sudah kita bahas di atas tadi.

8. Akita Kanto Matsuri

Hasil gambar untuk Akita Kanto Matsuri

image source : Tokyo Weekender

Yang kedelapan ada Akita Kanto Matsuri, festival ini adalah festival peryaan Tanabata yang tiap tahunnya rutin diadakan di kota Akita. Jika ingin melihat langsung festival ini maka kamu bisa datang ke kota Akita pada tanggal 3 sampai 6 Agustus. Di festical inikamu bisa melihat pertunjukan dari para pemain yang menyeimbangkan sebuah tiang bambu panjang atau kanto dengan susunan lentera yang terbuat dari kertas. Selain itu kegiatan ini juga diiringi dengan alunan musik yang mengasyikkan dari drum. Jika penasaran maka kamu bisa mengunjungi festival yang satu ini.

9. Nebuta Matsuri

Hasil gambar untuk Nebuta Matsuri

image source : GaijinPot Blog

Nah yang terakhir ada festival bernama Nebuta Matsuri. Festival ini adalah festival api Jeong dimana akan dipertunjukkan seni seperti tarian, pertunjukan dari musisi lokal, dan juga taiko drum. Kita bisa menyaksikan festival ini setiap tahunnya yang diadakan pada tanggal 2 dan tanggal 7 agustus di kota Aomori. Festival ini cukup ramai dan meriah karena setiap tahunnya masyarakat lokal dan wisatawan yang penasaran selalu hadir untuk meramaikan festival yang satu ini.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada kalian mengenai festival musim panas di Jepang. Jika berkunjung ke sana saat musim panas wajib untuk mengunjungi salah satu festival itu ya! Jika ingin mengunjungi festival itu maka jangan lupa utnuk memilh HIS Travel Indonesia sebagai partner untuk traveling seru kamu. Cukup kunjungi websitenya dan dapatkan promonya ya. Semoga artikel yang kali ini kami berikan bisa bermanfaat bagi kalian semua!