People & Culture
5 Festival di Vietnam Yang Dapat Anda Ikuti Di Awal Tahun Ini
2018-02-02 15:31:39
HIS Travel

Sebagai negara yang terletak di kawasan asia tenggara, tentu Vietnam juga memiliki kebudayaan yang cukup beragam. Oleh karenanya, tak mengherankan bila negri tersebut memiliki berbagai macam festival yang diselenggarakan secara rutin dari generasi ke generasi. Hal ini cukup menarik, mengingat festival di Vietnam memiliki corak dan keunikan yang belum tentu dapat ditemukan di belahan bumi yang lain.

Layaknya festival di negara Asia pada umumnya, festival di Vietnam memiliki corak budayanya sendiri. Bahkan, beberapa festival tengah tahun sengaja diadakan untuk menghormati arwah leluhur, dan mendoakan arwahnya. Meskipun begitu, ada pula kok festival yang diselingi dengan pementasan tari dan pertunjukan budaya khas Vietnam.

Anda belum pernah mengikuti festival di Vietnam? Berwisata saja ke Vietnam bersama H.I.S Travel! Butuh sedikit gambaran tentang pelaksanaan festival di Vietnam? Simak artikel kami yang berikut ini yuk! Selamat menyimak!

 

1. Tet Nguyen Dan (Tahun Baru Cina), Di Sekitaran Januari Atau Bulan Februari


Image source : https://www.shutterstock.com/

Tet Nguyen Dan merupakan cara orang Vietnam untuk menyebut hari raya imlek. Disana, Festival ini terhitung festival di Vietnam yang paling besar. Layaknya imlek di negara manapun, momen ini  dimanfaatkan bagi mereka yang merayakan, untuk berkumpul bersama dengan keluarga.

Ingin melihat ramainya suasana imlek di Vietnam secara langsung? Datang saja ke Hanoi, kota yang menjadi rumah bagi ratusan kuil dan pagoda. Saran kami, mampirlah ke Pagoda Quan Su ataupun kuil Ngoc Putra.

Kemudian, jangan lupa untuk menyempatkan waktu icip-icip panganan khas lokal ya! Pilihannya banyak kok! Anda bebas memilih Banh cung (kue kukus persegi), Xoi (nasi ketan), dan gio cha (sosis Vietnam). Selanjutnya, jangan lupa pula untuk mencicipi secangkir the khas Vietnam lengkap dengan mut nya ya! Citarasa yang unik, pasti akan membuatmu ingin kembali lagi suatu saat nanti!

 

2. Festival Hue, Di Sekitaran Bulan April, Mei, ataupun Juni


Image source : https://www.wikimedia.org/

Festival ini merupakan sebuah perayaan yang dilakukan setiap dua tahun sekali. Sesuai namanya, festival ini dilangsungkan di kota Hue, yang merupakan salah satu kota yang istimewa di mata UNESCO. Tujuan dari diadakannya festival ini di Vietnam tak lain adalah untuk melestarikan budaya yang diturun temurunkan dari dinasti Nguyen.

Rakyat Vietnam meramaikan Festival ini dengan festival puisi Hue, Dialog Drum dan perkusi, serta Ao Dai Fashion Show. Tak ketinggalan, beragam pertunjukan jalan pun juga turut ditampilkan. Anda tertarik untuk mengikuti festival kebudayaan ini?

 

3. Lim Festival, Festival di Vietnam Yang Diadakan Pada Pertengahan Februari


Image source : https://www.wikimedia.org/

Ingin melihat pertunjukan bernyanyi rakya Belanda quan ho? Ingin menikmati berbagai permainan tradisional Vietnam? Kalau begitu, datang ke Vietnam dan ikuti saja Festival yang satu ini!

Bingung dengan lokasinya? Cari saja Desa Lim, ketika Anda berada di dalam Distrik Tien Du, Provinsi Bac Ninh. Tenang, tidak terlalu jauh dari Hanoi kok! Hanya berjarak 18 km saja! Anda bisa menuju tempat ini dengan menggunakan bus, ataupun mobil yang Anda sewa dari tempat penyewaan mobil setempat.

Jangan hanya asyik melihat beragam pertandingan rakyat yang sedang dilombakan ya! Anda juga harus larut kedalam festival ini, dan sebisa mungkin pergi menuju ke danau di luar Lim Communal House untuk melihat pertunjukan bernyanyi Quan Ho di atas kapal naga. Suasananya sulit untuk dilupakan!

 

4. Hoi An Lantern, Festival Yang Diadakan Setiap Tanggal 14 Di Setiap Bulan


Image source : https://www.shutterstock.com/

Berwisata ke kota yang penuh dengan lilin dan lentera? Duh, syahdunya! Ingin merasakan pengalaman yang serupa? Datang saja ke Hoi An di tanggal 14! Pasti Anda akan merasakan nikmatnya suasana syahdu yang terasa hingga ke sudut kota.

Meskipun rutin diadakan tiap tengah bulan, nyatanya para peduduk tidak pernah bosan melakukan kegiatan yang satu ini loh! Baik itu restoran, bar, dan kawasan bisnis, kesemuanya dengan kompak mematikan listrik dan bergantung kepada ratusan lilin serta lentera tradisional yang dipasangkan dengan sedemikian rupa.

Kemudian, Anda juga bebas memasuki pintu masuk kuil! Alhasil, Anda pun dapat menyaksikan prosesi upacara lilin yang diikuti oleh para bhiksu dan penduduk lokal deh! Meskipun boleh masuk, sebaiknya jangan asal potret ya. Sebab, konon ritual keagamaan ini memerlukan kekhusukan ekstra!

 

5. Phu Giay, Festival Pemuja Dewi Lieu Hanh Yang Diadakan Di Akhir Maret Hingga Awal April


Image source : https://www.shutterstock.com/

Penduduk Vietnam amat percaya dengan hal-hal yang mampu membawa keberuntungan. Salah satunya adalah, seperti memuja Dewi Lieu Hanh, dan berdoa kepada Dewi tersebut dengan prosesi yang dilestarikan dai generasi ke generasi.

Tak hanya memuja Dewi Lieu Hanh di Pagoda Giay, panitia festival juga membawa barang peninggalan bambu yang dihias, sambil mengenakan pakaian tradisional. Meskipun lokasinya sejauh 88 km dari kota Hanoi, tak menjadikan festival di Vietnam yang satu ini sepi pengunjung. Tentunya hal ini berkat berbagai macam permainan yang digelar, semisal tarian singa, gulat, dan tangkap bendera.

Selanjutnya, disela-sela acara Anda juga dapat menikmati sajian tari rakyat serta iringan lagi klasik khas Vietnam semisal trong quan, cheo (satirical musical theater), serta ca tru (chamber music). Sudah terbayang dengan betapa ramainya festival di Vietnam yang satu ini?

 

Oke, sekian dulu artikel singkat kami tentang Festival di Vietnam. Bila Anda sudah memutuskan kapan waktu untuk pergi berlibur bersama H.I.S Travel ke Vietnam, langsung saja hubungi kami ya! Sampai jumpa lain waktu!

Top image source : https://www.wikimedia.org/