People & Culture
Festival Bunga Nan Indah di Girona Flower Festival
2017-05-02 07:06:02
HIS Travel

Aroma manis dari bunga musim semi sudah menghampiri beberapa negara, terutama di negara 4 musim. Di musim semi yang indah di bulan Mei ini, salah satu tempat terbaik untuk berlibur ada di Girona, Catalonia.

Memang ada apa di Girona?

Girona, yang dikenal sebagai ‘The City of Festivals’ selalu menjadi kota yang mengadakan festival menarik sepanjang tahun. Namun, di antara semua itu, Girona Flower Festival, atau Girona Temps de Flors menjadi festival yang paling dinanti. Di Tahun 2017 ini, Girona Flower Festival akan diadakan mulai dari tanggal 13 hingga 21 Mei.

Festival yang dimulai sejak tahun 1954 di daerah Barri Vell (Old Town) ini merubah suasana kota dengan warna-warni bunga yang dirangkai cantik dan unik. Festival yang bukan hanya menggunakan salah satu bangunan, namun hampir seluruh seluk beluk kota ini telah menarik hingga 200.000 pengunjung.

Image by Helen Morgan (link : http://inhabitat.com/pics-1000s-of-flowers-fill-spanish-city-streets-for-gironas-colorful-springtime-festival/flowers-girona/)

Dengan partisipasi dari para seniman dan masyarakat kota, membuat karya-karya yang ditampilkan di sini bukan hanya sekedar rangkaian bunga semata. Monumen, rumah-rumah, pekarangan, jalanan dan taman dihiasi oleh berbagai macam bunga dan tanaman dengan kreasi unik dari masing-masing seniman. Bahkan, beberapa restoran juga menyediakan menu khusus sesuai festival ini, lho. 

Salah satu cara terbaik untuk menikmati dan menemukan semua kreasi bunga-bunga ini adalah dengan mengikuti “Map Temps de Flors”. Karena kalau tidak menggunakan map tersebut, ada beberapa karya seni yang bisa-bisa kamu lewatkan karena ditempatkan di tempat-tempat yang cukup terpencil.

Image source : http://ohhellospain.blogspot.co.id/

Kamu bisa mendapatkan map tersebut di Tourist Information atau disediakan dari para sukarelawan di sepanjang rute. Rute yang disediakan ada 2 rute. 

Mengikuti map ini, akan mengajak kamu untuk melihat ke sudut-sudut kota, ke salah satu museum kota, gua rahasia di bawah tanah, dan masih banyak lagi. 

Image source : http://www.mercepararols.com/

Salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan adalah katedral dan gereja, yaitu Gereja San Lluc, Sant Feliu Basilica, Gereja San Marti. Disini menjadi tempat dari beberapa kreasi yang sangat cantik. 

Image source : http://www.spainatyourpace.com/

Karena animo pengunjung yang luar biasa ketika festival ini berlangsung, rasanya tidak cukup kalau hanya sehari mengunjungi tempat ini. Apalagi kalau ingin berfoto, tak jarang kamu harus mengantri terlebih dahulu. 

Image sorce : http://www.apartmentbarcelona.com/

Yang pasti, sesi dokumentasi akan memakan waktu yang tidak sedikit, bukan? Karena itulah, kebanyakan wisatawan yang datang lebih memilih untuk menginap semalam atau beberapa hari di Girona.

Selain itu, akhir pekan menjadi hari-hari dimana pengunjung mencapai puncaknya. Jadi untukmu yang ingin bisa melihat tanpa harus berdesakan dengan pengunjung lainnya, ada baiknya kalau kamu mengelilingi Girona Flower Festival di hari biasa.

Top Image source : http://www.mercepararols.com/