People & Culture
Fakta Menarik Dari Kantung Kangguru
2016-10-20 07:11:33
HIS Travel

Terdapat salah satu hewan endemik yang paling terkenal dan berada di Australia, hewan apakah itu? Yup, kangguru. Hewan ini termasuk jenis mamalia memiliki ciri khas tersendiri, yaitu memiliki kantung yang berada di bagian perutnya.

 

Nama kangguru berasal dari bahasa Aborigin yaitu Gangguru. Aborigin adalah suku asli yang mendiami Australia. Tidak semua daerah terdapat hewan kangguru, oleh karena itu kangguru sangat dijaga kelestariannya.

 

Ketika mengunjungi Australia kamu pastinya penasaran ingin melihat hewan berkantung ini, hanya ada beberapa jenis hewan yang memiliki kantung atau disebut kelompok hewan marsupialia. Kantung unik tersebut menjadi ciri khas kangguru sebagai hewan yang ikonik di Australia.

Berikut beberapa fakta dari kantung kangguru!

 

1. Bukan Tempat Melahirkan Bayi

Bayi kangguru tidak dilahirkan di dalam kantung. Periode kandungan kangguru hanya satu bulan saja, ketika masih merah bayi kangguru tidak memiliki bulu dan berukuran sangat kecil. Ukurannya kira-kira sekitar 2,5 sentimeter, bayi dilahirkan melalui jalan lahir yang berada dekat ekor. Kaki depan bayi sudah memiliki cakar sehingga bayi kangguru yang masih sangat mungil dapat bergerak dengan pelan dibantu oleh ekor induknya untuk memasuki kantung sang induk. Itulah mengapa anak kangguru sudah berada di kantung sejak dilahirkan. Dengan badan yang masih merah, tak berbulu, mata masih terpejam, kondisinya mirip bayi yang masih berada di perut. Selama 235 hari, ia tinggal dalam kantung induknya. Kemudian ia akan menonjolkan kepala dari kantung induknya dan melihat dunia luar.

 

2. Tempat Menyusui Bayi

Kangguru menyusui bayinya melalui kantung, bayi kangguru dibawa ke mana pun kangguru pergi, ketika berlari dan melompat kangguru tetap mampu menopang berat di dalam kantungnya. Setelah masuk ke dalam kantung, bayi kangguru langsung menghisap susu dari induknya. Bayi kanguru terus menghisap susu meski sang induk melompat-lompat.

 

3. Melindungi Bayi Dari Bahaya

Fungsi kantung kangguru juga untuk melindungi bayi kangguru dari bahaya. Ketika sedang berlari, kantung yang terletak di depan akan lebih aman bagi bayi kangguru. Setelah bisa keluar dan berjalan sendiri di alam bebas, anak kangguru masih sering kembali ke kantung untuk minum susu dan mencari perlindungan ketika bahaya menyerang.

 

Fungsi kantung kangguru sangat hebat tentunya, penasaran dengan tingkah dan keunikan hewan khas Australia ini? Kamu bisa cek paket wisata dari HIS untuk mengunjungi negara tempat hewan unik ini berasal.

 

Atau, kamu bisa ikutan kompetisi blog yang diadakan HIS dan dapatkan 2 tiket pergi ke Australia untuk melihat secara langsung keunikan kangguru.