Jepang
Fakta Hashima Island, 'Pulau Hantu' yang Terkenal di Jepang
2016-10-08 03:57:53
HIS Travel

Banyak wisatawan yang memiliki rencana liburan ke pulau-pulau indah seperti pulau Maladewa atau Bali, namun beberapa wisatawan lebih memilih pulau yang mampu memacu nyali mereka seperti Hashima Island, pulau yang tak berpenghuni yang berada di lepas pantai di Jepang. Pulau Hashima terletak di dekat Nagasaki, pulau berbentuk seperti kapal perang ini pernah dihuni puluhan ribu pria sebagai pekerja tambang pada masa lalu. Oleh karena itu pulau yang dipercaya angker ini memiliki nama lain, yaitu Gunkajima yang berarti pulau kapal perang.

Image Source : www.cnn.com

 

Pada awalnya pulau ini berfungsi sebagai fasilitas penambangan batubara, yang juga dihuni oleh para penambang dan keluarga mereka. Kemudian, perubahan industri terjadi dan Pulau Hashima akhirnya ditinggalkan. Apakah benar Pulau Hashima berhantu? Bagaimana keadaannya saat ini? Berikut ini fakta Pulau Hashima yang terkenal angker di Jepang!

 

1. Memiliki Penduduk Terpadat di Bumi

Pada tahun 1890 Pulau Hashima dibeli oleh Mitsubishi sebagai lokasi penggalian batubara. Pulau kecil ini dihuni oleh lebih dari 5.000 pekerja dan penduduk. Hal ini menjadikan Pulau Hashima pernah diklaim sebagai tempat yang paling padat penduduknya di Bumi. Bahkan, kepadatannya hamper 10 kali dari kota Tokyo.

Image Source : www.cnn.com

 

2. Pulau Hantu

Gelombang raksasa yang mengelilingi pulau ini menjadikan suasana semakin menyeramkan. Apakah benar Pulau Hashima berhantu? Terlepas dari kepercayaan masing-masing orang, pulau ini memiliki sejarah pekerja yang bekerja dengan kondisi ekstrim dan banyak menewaskan pekerjanya. Beberapa orang dipaksa bekerja sebagai buruh untuk kegiatan pertambangan batu bara. Selama Perang Dunia II, banyak orang Cina dan Korea dipaksa menjadi pekerja di lokasi ini. Itu adalah kegiatan yang berbahaya, dan dikatakan bahwa banyak yang kehilangan nyawa mereka.

Image Source : www.cnn.com

 

3. Lokasi Pariwisata

Setelah Mitsubishi resmi menutup Pulau Hashima dan mengosongkan dari warga yang tinggal, pulau ini sekarang telah runtuh. Namun, sejak tahun 2009, Pulai Hashima dibuka kembali untuk tujuan pariwisata, bahkan tempat syuting film. Pulau ini memiliki sekolah, teater, dan fasilitas lainnya. Barang-barang milik penduduk masih berbaring di sana, beberapa masih tertinggal televisi, buku, dan lain-lain. Untuk mengunjungi Pulau Hashima lebih baik pada musim dingin karena lebih kondusif untuk mencapai pulau ini. Tentu saja, pengunjung tidak diperbolehkan untuk menjelajah sendiri, karena keadaan bangunan berada dalam kondisi yang sangat berbahaya. Pengunjung diperbolehkan untuk menyaksikan pemandangan melalui pagar. Singkatnya, disarankan untuk mengunjungi pulau ini bila kondisi cuaca memungkinkan. Bagi wisatawan menyukai sejarah dan berjiwa petualang, tempat ini pasti patut dikunjungi.

Image Source : http://coldbench-tinybites.tumblr.com/

 

Apakah kamu ingin mengunjungi Pulau Hantu  ini? Pulau ini terletak di Prefektur Nagasaki, sekitar 15 kilometer dari kota Nagasaki. Akses transportasi dari Tokyo maupun Osaka, bisa dilakukan dengan Japan Air Pass/HAnavi, ini adalah paket yang menawarkan gabungan paket Tiket Penerbangan Domestik di Jepang beserta Hotel dengan harga yang murah. Japan Air Pass ini adalah kerjasama antara H.I.S Travel dengan ANA (All Nippon Airways). Dengan demikian bagi traveler yang hendak ke Jepang bisa mendapatkan kombinasi antara tiket dan penginapan dengan harga terjangkau.

 

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!


http://his-travel.co.id/


https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

 

Top Image Source : rottenplaces.tumblr.com