Tips
Etika mengunjungi onsen di Jepang
2018-03-07 17:10:27
HIS Travel

Banyaknya pengunungan vulkanis yang ada membuat Jepang kaya akan sumber air panas. Sumber-sumber air panas ini telah digunakan oleh masyarakat jepang sejak zaman kuno. Dan dari zaman dahulu, masyarakat jepang sudah mengenal istilah etika mengunjungi onsen di Jepang, dan ini berlaku juga untuk para pendatang yang ada di bumi negri sakura.

Sebagai sumber air panas alami, onsen tidak hanya mampu menghilangkan rasa lelah pada tubuh Anda. Tetapi juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain arthralgia, arthritis, penyakit kulit kronis, bahkan sampai diabetes.

Ternyata, tidak semua sumber air panas dapat dikatakan sebagai onsen lho! Untuk dapat menjadi onsen, sumber air panas harus memiliki setidaknya 19 unsur mineral atau kiia tertentu.

Mineral alami inilah yang diyakini memiliki efek penyembuhan pada tubuh. Maka, tak heran apabila onsen selalu ramai oleh pengunjung, baik domestik maupun wisatawan mancanegara. Namun tentunya mereka harus menjaga etika mengunjungi onsen di Jepang ya!

Anda hendak berkunjung ke onsen? Sudah mengerti tentang etika mengunjungi onsen di jepang? Bila belum, yuk simak artikel singkat kami tentang etika mengunjungi onsen di jepang berikut ini!

Selamat menyimak artikel dari H.I.S Travel Indonesia ya!

 

1. Masuk ke ruang ganti yang tepat, dan melepas semua pakaian di ruang ganti


Image source : https://id.pinterest.com/pin/280560251763066721/?lp=true

Sebelum menuju ke langkah berikutnya, Anda harus masuk ke ruang ganti pakaian terlebih dahulu. Ruang ganti ini terpisah antara laki-laki dan perempuan. Umumnya, pintu masuk ruang ganti menggunakan tirai besar berwarna merah dan biru, serta bertuliskan huruf kanji.

Nah, bagi Anda wisatawan yang tidak mengerti bahasa Jepang, cara membedakannya dengan menghafalkan warna tirai. Tirai biru untuk laki-laki, dan tirai merah untuk perempuan. Bagaimana? Mudah kan?

Lalu, hal yang harus Anda lakukan sebelum masuk onsen adalah melepas semua pakaian di ruang ganti. Ya, semuanya. Anda harus melepas pakaian yang Anda kenakan dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, di ruang ganti sudah disediakan sebuah handuk kecil. Handuk kecil ini dapat Anda gunakan untuk menutupi bagian tubuh Anda selama berjalan menuju kolam.

Bagaimana? Sejauh ini etika mengunjungi onsen di jepang dapat Anda pahami kan?

 

2. Membersihkan tubuh sebelum masuk kolam juga masuk kedalam etika mengunjungi onsen di jepang loh ya!


Image source : https://www.flickr.com/photos/homerspy/66139717/

Perihal membersihkan tubuh sebelum masuk ke dalam kolam adalah budaya orang Jepang yang sudah dilakukan sejak dulu. Budaya ini akhirnya menjadi etika umum dan ciri khas yang membedakan tata cara mandi antara orang Jepang dan kebanyakan orang lainnya, seperti Indonesia.

Kenapa orang Jepang melakukan ini? Karena mereka menganggap bahwa setelah seharian beraktivitas, banyak kotoran yang menempel di tubuh, baik keringat, debu dan lainnya. Sedangkan, kolam adalah tempat bersih yang airnya selalu diganti. Terlebih lagi pada Onsen, yang mana kolamnya digunakan untuk berendam bersama. Anda  pun tidak ingin berendam di kolam yang tercemar kotoran kan?

Oleh karenanya, yuk patuhi etika mengunjungi onsen di jepang yang satu ini!

 

3. Tidak tergesa-gesa menuju kolam


Image source : https://www.flickr.com/photos/raita/34806158464/

Alasan kenapa Anda tidak boleh tergesa-gesa menuju kolam, seperti berlari, adalah menjaga sikap dewasa di depan orang lain, dan orang Jepang sangat memperhatikan hal itu. Selain itu, Anda tidak ingin kan ditertawakan sebab jatuh terpeleset karena berlarian?

 

4. Berhati-hati ketika memasuki kolam


Image source : https://www.flickr.com/photos/seeschloss/9278936348/

Ketika hendak memasuki kolam, Anda perlu masuk secara perlahan. Anda dapat melangkahkan kaki terlebih dahulu untuk mencoba suhu air kolam. Anda perlu ingat, air kolam onsen itu panas. Suhunya saja lebih dari 250C. terlebih lagi jika Anda belum pernah ke onsen sebelumnya, bisa-bisa kaget karena suhunya yang panas. Jadi, hati-hati, ya!

 

5. Jangan menambahkan air dingin


Image source : https://www.flickr.com/photos/dmontalbano/15448160144/

Meskipun pilihan ini tersedia di beberapa onsen, sebaiknya Anda tidak melakukannya. Sebab, justru inilah ciri khas dari onsen yang bermakna sumber air panas. Sumber air panasnya pun mengandung mineral alami yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Itulah yang membuat orang Jepang menyukai onsen. Jadi, daripada Anda kaget dengan suhu air onsen, sebaiknya Anda berlatih berendam di air panas dulu ya dari jauh-jauh hari! Tidak masalah kan?

 

6. Mengikat atau menggulung rambut yang panjang


Image source : https://www.flickr.com/photos/kaiphotos/3690477690/

Berendam dengan rambut panjang yang tergerai itu tidak nyaman, lho. Hal ini  juga dianggap tidak sopan oleh orang  Jepang. Karena, di rambut bisa saja terdapat banyak kotoran yang menempel dan akhirnya mencemari air kolam jika dibiarkan tergerai. Rambut Anda pendek? Pastikan untuk membilas rambut Anda terlebih dahulu ya!

 

7. Menjaga volume suara itu penting! Jangan melanggar etika mengunjungi onsen di jepang yang satu ini ya!


Image source : https://www.flickr.com/photos/urbanana/2363159140/

Ini adalah satu dari sekian etika yang perlu Anda lakukan saat di onsen. Kebanyakan orang memilih onsen sebagai tempat untuk relaksasi dan melepas penat setelah seharian bekerja. Tentunya hal ini membutuhkan suasana yang tenang dan nyaman. Anda boleh saja mengobrol dengan teman saat sedang berendam, tapi perhatikan juga volume suara Anda. Jangan sampai suara Anda mengganggu orang lain ya!

 

Bagaimana? Kini Anda sudah tahu kan etika yang harus dan tidak boleh dilakukan saat mengunjungi onsen di Jepang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di artikel H.I.S Travel Indonesia berikutnya ya. Selamat berendam dengan nyaman!