People & Culture
Etika Berkereta di Jepang
2016-09-23 08:03:16
HIS Travel

Kereta listrik adalah salah satu mode transportasi favorit di Jepang karena jalur kereta di Jepang sangat banyak sehingga bisa menjangkau setiap pelosok daerah Jepang, terutama di kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka. 

Masyarakat Jepang memang dikenal akan tata cara kehidupan mereka yang serba teratur, tertib, dan nyaman. Namun, kesibukan sehari-hari tak jarang membuat masyarakat Jepang melupakan etika ketika berada di tempat umum, misalnya di dalam kereta.

Sebagai dampak dari pekerjaan sehari-hari yang menyita banyak waktu di kantor, mereka kehabisan waktu untuk melakukan berbagai hal di rumah. Lelah dan stress membuat mereka tidak peduli lagi mengenai etika di tempat umum.

Karena itu, pada tahun 2008, Tokyo Metro System mengadakan campaign selama 3 tahun yang bertujuan untuk mengingatkan kepada penumpang subway untuk menjaga etika ketika mereka sedang berada di kereta. 

Mereka membuat poster himbauan yang sebagian besar diisi oleh slogan “Please do it at home” apabila hal tersebut tidak baik dilakukan di kereta, atau “Please do it again” apabila hal tersebut baik dilakukan. Selain slogan, poster tersebut juga berisi gambar yang menggambarkan tingkah laku atau peraturan. Semua poster dibuat dalah bahasa Jepang dan Inggris.

Beberapa ilustrasi terasa sangat mengena, namun ada juga ilustrasi yang cukup aneh dan lucu, dan akan membuatmu bertanya-tanya, ‘benarkah mereka melakukan hal itu di kereta?’. 

Image source : http://en.rocketnews24.com/

Itulah beberapa etika yang baik ketika berkereta. Pada dasarnya, etika tersebut sama di negara mana pun, bukan hanya di Jepang saja. Jadi, tidak ada salahnya kalau kita juga mencoba mengikuti himbauan di atas, bukan?

Top image source : http://www.japanator.com/

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia