People & Culture
Dingin? Jangan Lupa Menyiapkan Kotatsu Ya!
2015-12-16 08:14:26
HIS Travel

Musim dingin sedang dirasakan oleh mereka yang berada di Jepang saat ini. Apa kamu juga salah satu yang sedang merasakan cuaca dingin tersebut? 

Sebagai negara yang memiliki 4 musim, orang Jepang mempunyai cara-cara tersendiri untuk menghadapi setiap musim. Contohnya di musim dingin, ketika mereka sedang berada di luar rumah mereka akan menggunakan pakaian hangat dan jaket tebal serta kairo agar tubuh mereka tetap hangat. Nah, bagaimana kalau mereka sedang berada di dalam rumah? Kotatsu akan menjadi pilihan yang tepat.

Untuk kita yang terbiasa dengan iklim tropis Indonesia, pasti akan merana begitu memasuki musim dingin karena tidak terbiasa dengan udara dingin. Suhu di Jepang yang berkisar antara 0-7 derajat bukanlah hal yang menyenangkan untuk tubuh kita yang terbiasa dengan suhu yang cukup panas di Indonesia.

Di musim dingin, kalau mereka terus-menerus menyalakan pemanas, tagihan listrik bisa menjadi sangat mahal. Pakai pemanas berbagan minyak tanah juga tidak berani karena takut bisa terjadi kebakaran. Pakai baju berlapis-lapis di dalam rumah pun tidak nyaman. Karena itulah kotatsu akhirnya menjadi pilihan terbaik untuk mereka apabila cuaca dingin datang.

Kotatsu adalah sebuah meja dengan pemanas di bagian bawahnya dengan selimut tebal yang dijepit di antara rangka kaki dengan bagian atasnya. Biasanya kotatsu ditata di atas karpet atau langsung di atas tatami, dengan bantal duduk atau kursi tak berkaki. Kotatsu bisa menjaga tubuh kita tetap hangat dengan memasukkan tubuh kita ke dalam bagian bawah kotatsu. Konsumsi listriknya tidak besar meski dinyalakan sepanjang hari. Sebelum menggunakan pemanas listrik, kotatsu menggunakan tenaga arang.

Namun kotatsu rupanya bisa memberi dampak buruk, lho. Karena apabila kamu sudah masuk ke dalam kotatsu, kamu tidak akan mau keluar lagi karena begitu nyaman. Makan, nonton TV, belajar, bermain, tidur... semuanya dilakukan dalam kotatsu. Kenyamanan di dalam kotatsu bisa membuat mereka malas untuk beranjak.

Meja kotatsu memiliki model yang bermacam-macam. Ada yang berbentuk kotak, bulat, persegi panjang. Tinggal pilih ukuran meja berdasarkan jumlah anggota keluarganya. Motif selimut untuk kotatsu juga sangat beragam. Biasanya harga 1 set yang berisi meja, pemanas, selimut dan karpet itu dijual dengan harga sekitar 15-16 ribu Yen. Bahkan saat ini sudah ada lho, kotatsu yang dipasangkan dengan kursi biasa atau sofa.

Bagaimana? Ingin mencoba?

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Image source : http://www.ii-ie2.net/