Food
Bulat, Kenyal dan Lezat, Dango
2016-03-28 10:03:30
HIS Travel

Menikmati indahnya bunga sakura akan terasa lengkap apabila ditemani dengan hidangan yang manis. Dari sekian banyak camilan untuk musim semi, dango merupakan pilihan yang tepat.

Kue dari negeri Sakura ini memiliki tampilan yang cantik dan unik. Bentuknya seperti bola kecil yang ditusuk dengan tusukan satai dari bambu (kushi). Bahan utama untuk membuat Dango adalah tepung beras dan air. Namun selain menggunakan tepung beras, Dango juga bisa dibuat dengan menggunakan tepung terigu atau tepung millet.

Sebenarnya Dango itu tidak memiliki rasa alias hambar lho. Karena bahan utama untuk membuat Dango kan hanya dari tepung beras dan air saja. Namun biasanya ditambahkan gula dalam adonannya sehingga rasa Dango menjadi manis. Sedangkan Dango yang tidak manis akan disantap dengan dicelupkan ke dalam saus.

Dango juga bisa dimakan diberi topping seperti dengan taburan bubuk kacang kedelai (kinako), dimasukkan ke dalam mitsumame (agar-agar yang dimakan bersama aneka buah kaleng) atau selai kacang merah yang diencerkan dengan air.

 Jenis Dango juga ada banyak macamnya lho. Ada beberapa Dango yang dimakan khusus untuk acara-acara tertentu, seperti Hanamidango. Hanamidango adalah Dango yang dimakan sewaktu kegiatan hanami atau perayaan bunga sakura di musim semi.

Hanamidango terdiri dari dango yang memiliki 3 warna yang berbeda, yaitu warna pink, putih dan hijau. Pink merupakan rasa sakura, putih merupakan dango yang tanpa rasa dan hijau yang berasa matcha. Jumlah butiran dango dalam satu tusuknya berbeda tergantung pada daerah masing-masing di Jepang. Biasanya berisi 3,4, atau 5 butir dango per tusuknya.

Dango banyak disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kalau di Jepang, kamu akan dengan mudah menemukan hidangan ini dijual di kios atau di pinggir jalan dengan harga murah. Namun kalau di Indonesia, kue ini masih kalah pamor dibandingkan dorayaki atau takoyaki dan masih jarang dijumpai di Indonesia.

Nah, kalau kamu ke Jepang, jangan lupa untuk mencoba hidangan yang satu ini ya...

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia