Jepang
4 Panganan Ringan Khas Jepang Pada Musim Sakura
2018-01-19 08:42:58
HIS Travel

Jepang adalah salah satu negara yang menjadi destinasi wisata oleh berbagai macam turis di dunia. Jepang menjadi salah satu tujuan destinasi wisata karena Jepang adalah negara yang cantik dan menarik untuk dikunjungi. Kebudayaan dan keindahan alam dan kotanya membuat semua turis akan merasa jatuh cinta jika sudah mengunjungi Jepang. Tidak hanya pemandangannya saja yang indah, pasti ketika mendengar kata Jepang kita identik dengan bunga sakura bukan? Ketika pada musim bunga semi tepatnya bunga sakura maka Jepang menjadi cantik dan ketika musim itu tiba kita wajib untuk mencicipi panganan ringan khas Jepang pada musim sakura yang mungkin tak akan bisa kita temukan di Indonesia. Penasaran apa saja makanan yang harus Anda coba ketika musim ini datang? Let’s check this out!

1. Sakura Milk Crepe

Hasil gambar untuk sakura milk crepe

image source : https://grapee.jp/en/80338

Panganan pertama yang wajib kita cicipi ketika musim sakura di Jepang bernama Sakura Milk Crepe. Tentu saja dari namanya yang ada kata “sakura” nya berarti kudapan yang satu ini tentu saja dicampur dengan bunga sakura bukan? Ya, ketika musim semi di Jepang datang kita dapat menemukan kudapan ringan bernama Sakura Milk Crepe ini di beberapa toko kue atau cafe yang tersebar di seluruh Jepang. Jika mungkin Anda sudah merasakan crepe biasa ketika di Indonesia, Anda harus mencicipi crepe yang satu ini ketika berada di Jepang. Seperti namanya, crepe ini dibuat dengan campuran susu yang banyak sehingga membuat setiap lapisan crepenya menjadi lembut. Selain itu dilapisi juga krim dari susu yang sangat lembut dan seperti meleleh di dalam mulut.

Bunga sakura juga tak ditinggalkan, karena di atas sakura milk crepe ini ada toping bunga sakura yang terbuat dari campuran pasta kacang manis dan juga kelopak bunga sakura yang sudah dihaluskan. Membuat crepe ini menjadi sangat istimewa karena rasa manisnya yang unik. Tapi tidak perlu khawatir karena walaupun rasanya manis, sakura milk crepe ini rasanya tetap ringan di mulut. Untuk harga, biasanya sakura milk crepe ini dibanderol dengan harga 480 yen.

2. Sakura Matcha-Latte

Hasil gambar untuk matcha sakura latte

image source : https://www.tokyoweekender.com/

Jepang memang populer dengan yang namanya matcha, jika Anda tidak tahu matcha. Matcha adalah teh hijau yang sudah diolah menjadi bentuk seperti bubuk yang prosesnya adalah digiling. Jika berpergian ke Jepang maka kita akan dengan mudah menemukan berbagai macam olahan kudapan yang memanfaatkan matcha, seperti misalnya kue dengan krim matcha, coklat, sampai minuman yang terbuat dari matcha yaitu yang paling populer adalah matcha latte. Jika berada di Jepang maka tidak sulit menemukan berbagai macam olahan kudapan yang dibuat dari matcha. Yang tak boleh ketinggalan ketika kita berada di Jepang waktu musim mekarnya bunga sakura adalah mencicipi salah satu variasi matcha latte yang dicampur dengan bunga sakura yaitu sakura matcha-latte.

Jika berada di Jepang waktu musim ini maka wajib banget ya untuk membeli minuman ini, berbeda dengan matcha latte yang biasa kita minum. Sakura matcha-latte ini memiliki keunikan karena matcha lattenya dibuat dengan campuran kelopak bunga sakura sehingga memiliki aroma yang unik dan lembut khas bunga sakura. Selain itu dilengkapi dengan whipped cream di atasnya yang ditambah dengan saus manis khusus yang dibuat dari bunga sakura dan juga biasanya ditambah dengan parutan coklat yang dibuat dari bunga sakura. Bisa menikmati sakura matcha latte yang dingin atau hangat, sesuai selera Anda. Sangat cocok menikmatinya sambil melihat bunga sakura yang berguguran, bisa Anda beli dengan harga sekitar 580 yen saja.

3. Sakura Eclair

Hasil gambar untuk sakura eclair

image source : http://www.businesstimes.com

Siapa yang tak kenal dengan eclair? Jenis kue yang satu ini mungkin sudah populer sejak lama, eclair adalah salah satu varian dari pastry kue sus yang bentuknya lonjong memanjang dan biasanya di dalamnya ada isian vla dan juga diatasnya diberi coklat atau vla. Eclair sendiri sebenarnya berasal dari Perancis, namun sekarang sudah berkembang ke seluruh dunia salah satunya ke Jepang. Di Jepang sendiri kita bisa dengan mudah menemukan eclair, namun ketika kita pergi ke sana waktu bunga sakura mekar maka tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu olahan eclair yang menggunakan bunga berwarna pink ini sebagai bahan campurannya.

Sakura eclair ini diisi dengan vla atau coklat yang sudah dicampur dengan kelopak bunga sakura yang sudah dijadikan sebagai bubuk. Tidak lupa di atasnya juga diberikan vla campuran bunga sakura yang berwarna pink muda. Biasanya di ujung eclair itu ada bunga sakura kecil asli sebagai hiasan. Campuran bunga sakura yang digunakan membuat eclair sakura ini rasanya akan manis dan unik. Bisa dibeli dengan harga sekitar 300 yen di beberapa cafe atau pattisiere yang bisa kita temukan dengan mudah di jalanan kota-kota yang ada di Jepang.

4. Sakura Dorayaki

Hasil gambar untuk Dorayaki

image source : http://www.tumblr.com

Jika mendengar kata dorayaki maka mungkin kita akan teringat dengan serial kartun Doraemon karena dorayaki merupakan makanan favorit si Doraemon. Dorayaki ini tidak hanya bisa kita temukan di kartun saja ya, dorayaki adalah salah satu kue terkenal khas Jepang yang merupakan kue tradisional di sana. Dorayaki ini terbuat dari dua lembar adonan pancake yang disatukan kemudian di tengahnya diisi dengan selai yang dibuat dari kacang merah. Namun sekarang ini dorayaki memiliki berbagai macam rasa ya, terutama ketika musim bunga sakura bermekaran maka kita bisa dengan mudah menemukan sakura dorayaki yaitu dorayaki dengan rasa bunga sakura sebagai selainya, sakura dorayaki ini akan terasa unik karena menggunakan pasta bunga sakura sebagai pengganti pasta kacang merah. Anda bisa membelinya di supermarket atau yang dibuat secara tradisional di sana. Jangan sampai melewatkan panganan ringan yang satu ini ya!

Nah itu dia beberapa informasi dari kami mengenai mencicipi panganan ringan khas Jepang pada musim sakura. Tentu saja ketika pergi ke Jepang terutama ketika bunga sakura lagi berkembang harus merasakan olahan itu karena di Indonesia mungkin tak akan bisa kita merasakannya. Tour bersama H.I.S Travel ke Jepang untuk merasakan sensasi mencicipi olahan dari bunga sakura! Arigato!