Food
Cicipi Minuman Khas Kagoshima Yang Satu Ini
2017-04-21 13:18:35
HIS Travel

Salah satu produk andalan yang terkenal Kagoshima selain Ayam hitam satsuma, Kuromaguro dan Katsuoboshi (cek di link ini), adalah ubi jalar.

Ubi Jalar tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi secara langsung. Di Kagoshima, kamu akan menemukan produk ubi jalar yang diolah menjadi minuman beralkohol yang disebut Imo Shochu. Minuman ini sangat terkenal dan disukai oleh banyak orang karena rasanya yang unik.

Image source : http://www.meijigura.com/

Kenapa unik?

Tentu saja karena bahan dasar yang digunakan bukan menggunakan beras, tetapi menggunakan ubi jalar, sehingga rasa yang muncul lebih terasa manis dengan aroma yang khas. Di Kagoshima, kamu akan bisa menemukan imo shochu di hampir tiap restoran Jepang, dan jika ingin meneguknya bak seorang ahli, kamu bisa meminta untuk disajikan oyu-wari (dicampur air panas).

Selain itu, ada metode khusus untuk membuat shochu semakin lezat. Yaitu dengan menambahkan shochu dengan air dan membiarkannya semalaman. Hal tersebut akan membuat aroma dan rasa dari ubi jalar menjadi semakin matang.

Berdasarkan penelitian, shochu juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, lho. Enzim yang terkandung pada shochu mampu mencegah penyumbatan arteri, dengan catatan shochu harus dikonsumsi dalam batasan normal.

Berbeda dengan sake, shochu memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi, dengan rata-rata sekitar 25% . Kadar tersebut masih lebih tinggi dibandingkan rata-rata wine, meskipun masih lebih rendah dibandingkan wiski. Jadi untuk kamu penikmat minuman beralkohol, ada baiknya untuk berhati-hati agar tidak minum terlalu banyak ya.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara membuat Imo Shochu ini, beberapa produsen shochu juga menyediakan tur ke pabrik dan museumnya, lho. Salah satunya kamu bisa mengunjungi produsen Imo Shochu “Satsuma Shuzo”, dengan produk mereka yang terkenal yaitu “Satsuma Shiranami”. 

Tur-nya bahkan disertai guide yang berbahasa inggris. Selain melihat cara pembuatan shochu, di sana kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk shochu tasting, lho. menarik bukan? 

Kalau kamu tertarik untuk menjadikan shochu sebagai oleh-oleh atau ingin kamu nikmati sendiri ketika kembali ke negara asalmu, kamu juga bisa membeli berbagai macam jenis shochu yang dijual di sini.

Satuma Shuzo Meijigura

Alamat : 26 Tategami Honmachi, Makurazaki-shi, Kagoshima-ken

Jam Buka : 09.00 – 16.00

Biaya masuk : biaya masuk museum gratis

Hari libur : Akhir tahun dan Tahun Baru (31 Dec – 1 Jan)

Website : http://www.meijigura.com/ 

 

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang/wisata-jepang/kagoshima

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia