Food
Cicipi Mie Dingin Ala Korea, Naengmyeon!
2016-06-17 08:17:07
HIS Travel

Seperti Jepang, Korea juga terkenal memiliki bermacam kuliner yang terbuat dari bahan dasar mie. Salah satu kulinernya yang terbuat dari mie yang juga tidak kalah terkenal adalah Naengmyeon. Dari namanya saya, “Naengmyeon” yang berarti (mie dingin), merupakan hidangan favorit masyarakat Korea selama musim panas.

Yang menarik dari mie ini adalah dari kuahnya yang sangat dingin karena kuahnya dimasukkan es batu dalam jumlah yang cukup banyak. Mie yang disantap dalam keadaan dingin sampai kuahnya hampir dibekukan itu mungkin tidak terdapat di negara-negara lain ya. Mungkin mencoba hidangan ini akan sedikit aneh di lidah kita sebagai orang Indonesia, mengingat di Indonesia hanya ada mie yang disajikan dengan panas atau hangat saja.

Selain kuahnya yang super dingin, Naengmyeon mempunyai satu ciri khas yang lain, yaitu mienya cukup keras, tidak begitu mudah memutuskannya dengan gigi manusia sehingga harus dipotong dengan gunting terlebih dahulu sebelum dimakan.

Hal itu disebabkan karena mie untuk Naengmyeon dibuat dari tepung Buckwheat, sejenis gandum.

Nangmyeon lazimnya disajikan dalam sebuah mangkuk stainless bekururan besar dengan kaldu dari daging sapi dan mentimun yang dipotong memanjang. Irisan pir Korea, telur rebus dan  daging sapi disusun dengan rapi di atasnya, lengkap dengan kuah dingin yang bisa dicampurkan dengan es batu. Beberapa orang menambahkan saus pedas sebagai tambahan rasa.

Secara tradisional, mie yang digunakan dalam naengmyeon tidak dipotong alias dibiarkan memanjang. Hal tersebut karena mie yang panjang melambangkan umur panjang dan kesehatan yang baik. Namun karena tekstur dari mi yang cukup keras, kini kamu bisa meminta pelayan restoran untuk memotong mie agar tidak kerepotan saat makan.

Ada dua jenis  penyajian naengmyeon. Pertama disajikan dengan berkuah yang disebut Mul Naengmyeon, dan ke dua disajikan tanpa kuah yang disebut Bibim Naengmyeon. Bibim Naengmyeon biasanya disajikan dengan bahan-bahan oedas seoerti gochujang (saus cabai merah) kemudian dicampur lalu dimakan.

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia