Food
Cicipi Kehangatan Yosenabe di Musim Dingin
2017-11-28 23:16:04
HIS Travel

Musim dingin di Jepang identik dengan makanan yang lezat dan hangat. Salah satu makanan yang harus dicicipi wisatawan adalah Yosenabe, makanan ini sangat populer dan menjadi makanan wajib yang akan disajikan sepanjang musim dingin di Jepang.

Sumber gambar: www.washokulovers.com

Yosenabe dihidangkan dengan hot pot khas Jepang, biasanya pot (panci) ditaruh di atas kompor portabel di atas meja, panci berisi air kaldu yang khas, kemudian dibiarkan sampai mendidih sambil memasukkan bahan-bahan lainnya seperti makanan laut, daging, sayuran, tahu, serta bahan lainnya tergantung selera masing-masing. Seluruh bahan bisa dimasukkan ke dalam panci Yosenabe, karena diambil dari nama Yosenabe ("yose" yang berasal dari "yoseru" berarti memasukkan semuanya bersamaan). 

Yosenabe merupakan salah satu dari berbagai masakan jenis hot pot di Jepang, makanan yang direbus bersamaan di panci kemudian dinikmati bersama-sama. Yosenabe merupakan salah satu yang paling populer karena setiap orang bisa memasukkan seluruh bahan ke dalam panci, jadi variasi bahannya akan lebih banyak. Bagi kelompok atau keluarga yang memiliki selera berbeda-beda, Yosenabe cocok agak tetap bisa menikmati makanan yang disukai dan disantap bersama-sama dalam satu meja.

Sumber gambar: www.washokulovers.com

Biasanya Yosenabe dinikmati bersama teman-teman dan keluarga dengan mengelilingi meja, setiap orang akan mengambil bagiannya sendiri ke dalam mangkuk kecil. Nabepa merupakan sebutan untuk Nabe Party bagi anak-anak muda di Jepang. Anak-anak muda akan bercengkrama bersama teman-teman sambil menikmati Yosenabe dengan asap masih mengepul di atas meja.

Sumber gambar: justonecookbook.com

Panci tradisional Jepang yang digunakan untuk memasak Yosenabe terbuat dari keramik yang disebut Donabe. Beberapa masakan hot pot di Jepang seperti Sukiyaki sudah menggunakan peralatan yang lebih modern, tetapi Yosenabe tetap mempertahankan penggunaan panci keramik agar rasa yang dihasilkan selalu khas dan panasnya bertahan lama. Ukuran donabe bermacam-macam tergantung dari jumlah orang yang ikut serta. Tersedia mulai dari untuk 1-2 orang hingga 12-14 orang atau bahkan dalam jumlah yang besar lagi.

Bagi wisatawan yang ingin membeli donabe sebagai oleh-oleh, donabe banyak dijual di toko peralatan rumah tangga, supermarket besar, atau toko 100 yen di bagian peralatan dapur.

Sumber gambar: Kayahara.ca

Jenis masakan hot pot di Jepang ada berbagai macam, Yosenabe merupakan salah satunya, jenis makanan seperti sup yang dibuat dari bahan-bahan lokal dengan bumbu yang berbeda dari sup pada umumnya. Secara umum, Yosenabe berisi sayuran, jamur, ikan, daging, dan tahu yang menjadi bahan utamanya. Biasanya, Yosenabe dimakan bersama dengan topping dan bumbu khas Jepang seperti daun bawang, lobak (daikon) parut, lada merah atau ponzu biasanya ditambahkan di mangkuk sendiri sesuai keinginan masing-masing.

Yosenabe tidak hanya bisa menghangatkan badan saat musim dingin, makanan ini juga mudah sekali dimasak baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan asing. Yosenabe dimasak secara bersama-sama, semua orang bisa ikut mencampur bahan makanan yang disukainya ke dalam panci keramik.

Sumber gambar: www.washokulovers.com

Yosenabe juga merupakan makanan yang bisa disiapkan dengan cepat dan proses memasaknya sangat cepat. Bagi wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh Yosenabe untuk teman-teman atau ingin mencoba memasak sendiri di rumah, tersedia bumbu dasar Yosenabe yang bisa kamu beli di supermarket mana pun di seluruh Jepang dengan harga terjangkau.

Cari tahu lebih banyak informasi mengenai makanan khas Jepang lainnya bersama H.I.S. Travel Indonesia, selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan.