Food
Cicipi Ikan Sanma, Makanan Terbaik Di Musim Gugur
2016-09-26 11:39:48
HIS Travel

Musim gugur telah tiba! Musim gugur mungkin menjadi musim favorit seluruh penduduk Jepang. Karena selain suhu udaranya yang sejuk, musim gugur merupakan musim panen yang berarti, akan ada banyak bahan makanan di sana. Inilah waktu dimana orang-orang Jepang akan memanjakan diri mereka dengan berbagai makanan yang unik serta lezat

Bagi orang Jepang yang sangat menyukai mengonsumsi hidangan laut, ikan sanma yang dapat ditemukan di musim gugur ini merupakan salah satu hidangan terbaik. Di musim gugur, ikan sanma sangat lezat dan gemuk, sehingga sangat enak untuk disantap.

Ikan Sanma (秋刀魚), atau Sauri Pasifik, adalah salah satu ikan laut yang menjadi kegemaran masyarakat Jepang. bentuk ikan sanma ini panjang, dan mereka ini dapat berenang dengan sangat cepat, kecepatannya seperti ikan lezat. Tentunya rasa menjadi faktor utama mengapa ikan ini sangat digemari.

Ikan Sanma banyak ditemukan di bagian utara perairan Jepang. Orang Jepang biasanya menyantap hidangan ini dengan cara dipanggang setelah ditaburi sedikit garam. Namun, ada juga restoran yang menyajikan ikan sanma sebagai sashimi atau sushi.

Salah satu daerah di Tokyo yakni Meguro, membuat festival ikan sanma di tiap musim gugur. Festival Ikan Sanma Meguro adalah salah satu festival ikan terbesar yang diselenggarakan di kota Tokyo. Festival ini diambil dari kisah “Meguro no Sanma” (Sanma Meguro) yang bermula dari jaman Edo.

Image source : http://www.owarai.to/meguro/ 

Konon ceritanya, ada seorang samurai yang ditawari makan ikan sanma saat melewati daerah Meguro. Sang samurai ternyata sangat terkesan dengan kelezatannya, dan kata-kata terkenalnya adalah “Sanma wa Meguro ni Kagiru” (Tak ada yang lebih enak selain ikan sanma di Meguro). Sejak saat itu, Festival Ikan Sanma Meguro diadakan setiap tahun.

Disana kamu bisa membeli ikan sanma dengan harga sangat murah lalu memanggangnya sendiri di atas arang. Ikan yang sudah dipanggang itu bisa langsung kamu santap lho.

Pergi ke Jepang di musim gugur, jangan lupa untuk menikmati ikan sanma ini ya!