Food
Wisatawan Wajib Cicipi 7 Makanan Khas Kamboja Ini
2017-10-25 08:40:50
HIS Travel

Kamboja merupakan negara yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata kuliner, terdapat berbagai warung makan mulai dari pusat kota, warung pinggir jalan, pasar tradisional, hingga hotel mewah atau restoran kelas atas. Kuliner di Kamboja jauh lebih sehat dibandingkan kebanyakan makanan di negara Asia Tenggara lainnya. Wisatawan akan menemukan berbagai makanan dengan bahan dasar sayuran, seafood, serta rempah-rempah asli seperti Indonesia. Tidak hanya lezat, kuliner di Kamboja juga terjangkau bahkan tergolong murah, wisatawan bisa menikmati kelezatan makanan khas Kamboja mulai dari 0,50 USD. Berikut ulasan 7 makanan khas Kamboja yang wajib dicicipi!

1. Lok lak

Sumber gambar: www.cambodia-hotels.com
Lok lak merupakan makanan khas Kamboja berupa daging sapi yang ditumis dengan variasi yang berbeda dari setiap kokinya, biasanya ditambahkan sayuran segar seperti selada, tomat, bawang merah, dan irisan mentimun. Daging sapi biasanya direndam semaleman dengan campuran kecap ikan, kecap manis, lemon, lada, dan saus tiram untuk menghasilkan rasa yang khas. Daging sapi bisa diganti dengan daging rusa, daging babi, ayam atau bahkan tahu. Seperti kebanyakan makanan lokal Siem Reap, Lok lak akan disajikan dengan nasi, telur goreng, saus, hingga daun selada segar seperti lalapan.

2. Bai sach chrouk

Sumber gambar: www.cambodia-hotels.com
Bai sach chrouk dijual di warung makanan pinggir jalan dan pasar lokal di pusat kota Siem Reap seharga kurang dari 1 USD. Meskipun makanan pokok penduduk Kamboja ini terlihat sederhana, tetapi populer di kalangan wisatawan, biasanya dibuat dengan irisan daging babi, telur orak-arik, dan nasi. Daging babi akan dimasak perlahan di atas arang, beberapa restoran menyediakan daging yang sudah diasinkan dengan santan atau bawang putih untuk menambah cita rasa. Setelah dimasak, daging babi diiris tipis, kemudian disusun di atas semangkuk nasi, irisan telur orak-arik, acar mentimun, serta lobak. Biasanya disantap bersamaan dengan semangkuk kaldu ayam, daun bawang dan bawnag goreng. 

3. Khmer red curry

Sumber gambar: www.cambodia-hotels.com
Khmer red curry merupakan kari yang memiliki warna merah sangat mencolok tetapi tidak terasa pedas, kari ini berwarna merah bukan karena cabai. Kari ini cocok untuk kamu yang tidak kuat pedas, makanan dengan bahan utama berupa santan kepala ini mengandung kroeung, yaitu pasta kunyit Khmer yang dibuat dengan sereh, lengkuas, dan kunyit. Biasanya Khmer red curry disajikan bersama baguette Prancis, dimasak dengan irisan daging (daging sapi, ayam atau ikan), terong, kacang hijau, dan kentang. Rekomendasi tempat untuk menikmati Khmer red curry adalah Khmer Kitchen Restaurant atau Malis Cambodian Restaurant’s Kampot dengan harga 22 USD bagi penggemar seafood.

4. Prahok ktiss

Sumber gambar: www.cambodia-hotels.com
Prahok ktiss merupakan bumbu tradisional di Siem Reap yang menggunakan fermentasi pasta ikan sebagai bahan utamanya. Meskipun sebagian besar hidangan seperti prahok memiliki rasa yang kuat dan tajam, saus ini terkenal lezat bagi sebagian besar pengunjung dengan tambahan irisan daging babi cincang, terong, santan, dan kroeung. Biasanya disajikan dengan banyak irisan sayuran segar seperti wortel, kol, mentimun, dan kacang panjang. Prahok ktiss ini biasanya dinikmati sebagai makanan ringan atau lauk untuk mie dan nasi.

5. Samlor machu trey

Sumber gambar: www.cambodia-hotels.com
Makanan ini begitu populer di kalangan wisatawan Kamboja, samlor machu trey berisi racikan segar, fillet ikan, dan sayuran segar yang lezat, semuanya dimasak dengan kaldu. Rasa yang dihasilkan merupakan perpaduan manis dan asam. Makanan ini biasanya dimasak dalam satu panci kemudian sedikit dibumbui gula, saus ikan, dan garam. Cocok disantap saat makan siang dan makan malam. Beberapa racikannya meliputi ikan, bayam air, bawang putih, serai, seledri, jus asam, toge, dan nanas. Harganya mulai dari 0,75 USD.

6. Nom banh chok

Sumber gambar: www.cambodia-hotels.com
Nom banh chok, mirip dengan Pho Vietnam, biasanya dinikmati sebagai sarapan cepat dan murah. Makanan ini tersedia di sekitar pasar pusat kota Siem Reap, carilah penjaja lokal yang membawa keranjang anyaman yang dikaitkan ke bahu. Semangkuk mie Khmer harganya antara 0,50 USD dan 1 USD yang terdiri dari mie, daun mint, toge, kacang hijau, bunga pisang, dan mentimun dengan kari hijau beebahas dasar ikan. Pada acara-acara khusus seperti pesta pernikahan dan festival keagamaan, penduduk setempat biasanya mengganti saus hijau nom banh chok dengan saus kari merah.

7. Lap Khmer

Sumber gambar: www.cambodia-hotels.com
Lap Khmer sering disebut juga salad khas Kamboja, terdiri dari irisan daging mentah yang direndam dengan jeruk nipis, serai, bawang merah, bawang putih, saus ikan, kemangi, daun mint, kacang hijau, dan lada. Rasa yang dihasilkan sangat menarik, biasanya makanan ini dihidangkan bersama sepiring nasi putih dan cabai segar apabila kamu penggemar pedas. Sebagian besar restoran Khmer menyajikan irisan daging sapi panggang yang sesuai dengan lidah wisatawan. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang wajib dicoba wisatawan saat wisata ke Kamboja.

Melewatkan wisata kuliner saat traveling ke suatu negara sangat tidak direkomendasinya. Termasuk saat wisata ke Kamboja, cobalah untuk mencicipi seluruh makanan khas dan rasakan cita rasa yang berbeda. Nah, mulai tertarik untuk berkunjung ke Kamboja? Ada banyak referensi mengenai informasi wisata, one day tour, dan paket-paket wisata di H.I.S. Travel Indonesia. Kunjungi lebih banyak tempat-tempat wisata untuk dapatkan pengalaman yang lebih banyak.