Food
Pulang dari Angkor Wat? Cicipi 5 Street Food di Kamboja
2017-10-20 07:18:22
HIS Travel

Selain beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand dan lainnya, Kamboja juga menjadi salah satu destinasi yang populer di Indonesia. Ada banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk wisatawan asing, seperti Angkor Wat, Silver Pagoda, Museum Nasional Angkor, serta wisata-wisata tersembunyi yang sangat menakjubkan tentunya.

Biasanya, selain traveling mengunjungi berbagai destinasi wisata di Kamboja, wisatawan akan mencicipi kuliner khasnya. Ada 5 street food khas Kamboja yang bisa wisatawan cicipi saat pulang dari Angkor Wat, ini dia ulasannya!

1. Acar Buah

Sumber gambar: amokcuisine.com

Kamboja memiliki berbagai jenis acar buah, bisa dibilang menjadi surganya acar buah mulai dari pepaya, apel, timun, jujube, hingga jambu biji. Umumnya acar buah di Kamboja dimakan dengan saus yang terbuat dari garam, gula, cabai, dan beberapa bumbu lainnya.

2. Es Kopi Susu

Sumber gambar: theculturetrip.com
Orang-orang dari berbagai belahan bumi di mana pun pastinya menjadikan kopi sebagai minuman populer di negaranya. Sama halnya seperti Kamboja, kopi juga menjadi salah satu minuman favorit, salah satunya es kopu susu di Phnom Penh dengan tambahan susu kental manis yang lezat. Tingkat kemanisan es kopi susu bisa diatur sesuai selera, wisatawan yang menyukai rasa manis bisa mengaduk susu kental manis di bagian bawah gelasnya.

3. Amok Ikan

Sumber gambar: theculturetrip.com
Bentuknya kurang lebih seperti pepes di Indonesia, Amok Ikan dibuat dari bahan dasar ikan yang ditempatkan pada daun pisang. Amok Ikan banyak dijajakan di Kamboja, biasanya di kedai-kedai atau gerobak pinggir jalan. Amok Ikan dibumbui dengan kunyit, serai, jeruk kaffir, sehingga rasanya sedikit pahit tetapi aroma ikannya begitu segar.

4. Kue Chive

Sumber gambar: theculturetrip.com
Kue ini berasal dari China, terbuat daru tepung beras, daun bawang, dan bumbu lainnya. Kue Chive dimasak dengan cara digoreng, makanan ini biasanya dicelupkan ke dalam saus ikan manis dan pedas. Cocok disantap sebagai cemilan saat berjalan-jalan di Kamboja tentunya.

5. Balut

Sumber gambar: theculturetrip.com
Makanan ini disebut-sebut sebagai makanan paling bau dan menjijikan di Kamboja karena berasal dari embrio bebek. Namun, makanan ekstrim ini patut dicoba jika ingin merasakan sensasi kuliner yang menantang di Kamboja. Selain itu, makanan ini juga menyehatkan. Tidak hanya Kamboja, makanan seperti Balut ini juga banyak dijajakan di Filipina dan Vietnam.

Mengunjungi suatu daerah tanpa mencicipi makanan khasnya sangat disayangkan, biasanya wisatawan akan merasakan sensasi lokal dari makanan khas yang dicoba selama perjalanan. Jadi, jangan sampai lupa mencicipi kuliner khas Kamboja ini ya. Makanan di atas dijual tidak jauh dari area Angkor Wat, jadi tidak perlu bingung mengenai rutenya.

Nah, mulai tertarik untuk berkunjung ke Kamboja? Ada banyak referensi mengenai informasi wisata, one day tour, dan paket-paket wisata di H.I.S. Travel Indonesia. Kunjungi lebih banyak tempat-tempat wisata untuk dapatkan pengalaman yang lebih banyak.