Tips
Sensasi Menyusuri Kota Bangkok Bersama Chao Phraya Express
2017-08-08 02:06:15
HIS Travel

Salah satu alat transportasi Thailand yang terbilang unik dan layak dicoba adalah Chao Phraya Express. Sensasi menaiki boat express membelah sungai Chao Phraya tak akan bisa didapati di tempat lain. Alat transportasi ini pula yang akan membawa para wisatawan menuju beberapa objek wisata di seberang sungai Chao Phraya.

Sungai Chao Phraya

Sungai Chao Phraya adalah sebuah sungai besar yang membelah Thailand. Sungai ini mengalir melalui Bangkok sampai ke Teluk Thailand. Wilayah-wilayah yang berada di sepanjang sungai Chao Phraya dari utara ke selatan meliputi Nakhon Sawan, Uthai Thani, Chai Nat, Sing Buri, Ang Thong, Ayutthaya, Pathum Thani, Nonthaburi, Bangkok, dan Samut Prakan.

Image Source: thecraversguide.com

 

Sungai Chao Phraya ini memiliki panjang tak kurang dari 372 Km. Sungai ini adalah perpaduan dua sungai yakni sungai Ping dan sungai Nan. Sungai dengan lebar sekitar 250 m ini menjadi bagian dari sarana transportasi penting warga Thailand. Transportasi di sungai Chao Phraya dikelola dengan baik oleh pemerintah dan menjadi salah satu daya tarik wisata.

Bagi penduduk kota Bangkok, sungai Chao Phraya telah memberi denyut kehidupan yang riuh. Setiap hari, tak hanya boat express sebagai alat transportasi saja yang lalu lalang di sungai ini. Ada sekitar 15 perusahaan angkutan sungai dan kapal patroli AL Thailand yang meramaikan sungai Chao Phraya. Ditambah lagi tug-boat yang menarik gandengan berisi barang-barang curah dari Thailand bagian tengah ke Teluk Thailand. Ramainya lalu lintas di sungai Chao Phraya ini tak jarang menimbulkan kemacetan sehingga kapal-kapal harus berhenti menunggu perahu lain yang hendak lewat.

Image Source: bangkokculturaltours.com

 

Chao Phraya Express

Dari Bandara Suvarnabhumi, sungai Chao Phraya bisa dicapai dengan menggunakan bis. Bis dari Bandara Suvarnabhumi akan membawa Anda ke Khaosan Road. Dari Khaosan Road cukup berjalan kaki menyusuri gang-gang kecil Soi Rambutri. Dalam waktu yang cukup singkat, dermaga Phara Arthit pun segera terlihat. Lalu lalang boat express pun segera menjadi pemandangan yang tertangkap jelas di depan mata. Dari seberang sungai ini pula dapat dilihat jembatan-jembatan yang menghubungan dua daratan Kota Bangkok yang dipisahkan sungai Chao Phraya.

Pada jam-jam sibuk seperti di pagi hari dan sore hari, sebagian besar boat express penuh sesak dengan penumpang. Tak hanya para wisatawan saja yang menggunakan armada ini, tetapi anak sekolah dan para pegawai pun menggunakannya. Karena itu jangan kaget bila di jam-jam sibuk, Anda tidak bisa mendapatkan tempat duduk.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan kemewahan berlayar di sungai Chao Phraya, tersedia layanan Chao Phraya Princess Cruise. Perahu ini merupakan perahu mewah dengan ukuran panjang 41 m dan lebar 10 m. Perahu yang beroperasi pukul 19.30 sampai 21.45 akan membawa wisatawan menikmati pemandangan malam hari di sungai Chao Phraya. Di atas perahu, wisatawan akan dijamu dengan makan malam mewah diiringi musik dan tarian.

Image Source: bulletinmetropolis.com

 

Dari atas perahu mewah Chao Phraya Princess Cruise, para wisatawan bisa melihat candi-candi di tepian sungai dan juga Grand Palace yang menjadi landmark Thailand. Untuk layanan mewah dengan perahu ini, tarif yang dikenakan sekitar 800 Baht. Perahu dengan daya tampung 120 orang ini bisa menjadi alternatif jika Anda ingin menikmati malam yang berkesan di sungai Chao Phraya.

Nah, saat tiba di tepi sungai Chao Phraya, ada begitu banyak boat express yang siap untuk dinaiki. Boat-boat express ini sesungguhnya memiliki rute yang berbeda-beda. Perhatikan saja warna bendera yang terpasang pada boat express tersebut. Warna-warna bendera tersebut menandai rute yang ditempuh. Berikut ini rute-rute boat express yang beroperasi di sungai Chao Phraya berdasarkan warna bendera.

  • Local Line

Boat express di jalur ini tidak memiliki bendera. Boat express ini menempuh rute Nonthaburi dan Wat Rajsingkorn. Tarif yang dikenakan berkisar antara 8 Baht hingga 12 Baht bergantung pada jarak tempat yang dituju. Boat express ini beroperasi dari hari senin hingga jumat mulai pukul 06.45-07.30 pagi dan pukul 16.00-16.30 sore.

  • Boat express dengan bendera oranye

Rute yang ditempuh boat express berbendera oranye ini sama dengan local line atau boat express tanpa bendera yakni ke arah Nonthaburi dan Wat Rajsingkorn. Bedanya, boat express berbendera oranye ini beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 19.00 dengan tarif 14 Baht.

  • Boat express berbendera hijau

Boat express berbendera hijau ini beroperasi dengan rute Pakkred, Nonthaburi, dan Sathorn. Boat express ini tidak beroperasi setiap hari, tetapi hanya melayani mulai hari senin sampai jumat. Layanan pagi dimulai pukul 06.10 hingga 08.10 dan layanan sore dimulai pukul 16.05 sampai 18.05 sore. Tarif yang dikenakan bervariasi berdasarkan jarak tempuh mulai dari 10 Baht hingga 31 Baht.

  • Boat express bendera kuning

Boat express dengan bendera berwarna kuning ini melayani rute Nonthaburi dan Sathorn. Boat express yang beroperasi mulai senin sampai jumat ini mulai beroperasi pada pukul 06.15 sampai 08.20 pagi dan di sore hari mulai pukul 16.00 sampai pukul 20.00. Tarif yang dikenakan bervariasi mulai dari 19 Baht sampai 29 Baht tergantung pada jarak yang ditempuh.

Berbekal rute ini tentu menjadi lebih mudah menentukan boat express yang hendak di naiki. Jangan lupa untuk menyebutkan tujuan Anda dan menanyakan tarifnya. Nikmati pemandangan sungai Chao Phraya dari atas boat express yang pastinya akan menambah kesan dalam perjalanan wisata Anda.

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S!

top image source: thailandeventguide.com