Food
Wisatawan Wajib Coba 9 Cemilan Khas Jepang Ini
2017-09-13 09:07:43
HIS Travel

Jepang terkenal dengan berbagai jenis cemilan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Selain lezat, cemilan ini memiliki bentuk bahkan tekstur yang unik. Ada banyak rasa yang bisa dinikmati berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ketika berwisata ke Jepang, yang selalu ada dipikiran wisatawan adalah sushi, sup miso, dan ramen.

Sumber gambar: taiken.com

 Ternyata, cemilan-cemilan di bawah ini wajib dicoba ketika berwisata ke Jepang, selain harganya murah rasa dan bentuk yang unik juga menjadikan liburan lebih menarik. Yuk, intip 10 cemilan khas yang hanya bisa ditemukan di Jepang!

1. Senbei
Sumber gambar: taiken.co

Dalam bahasa Inggris, senbei dikenal dengan sebutan rice crackers, gurih seperti keripik kentang yang dibuat dari bahan dasar nasi yang dibakar atau dipanggang. Senbei memiliki berbagai rasa yang lezat, yaitu asin (sarada), soy sauce, manis, udang, atau rumput laut. Bentuknya juga ada bermacam-macam, ada yang bulat seperti koin dengan diameter lebih lebar, piringan kecil, bahkan lebih pipih dan memanjang.

2. Kibidango
Sumber gambar: taiken.co

 Cemilan kuno ini sering disebut rice candy, memiliki sejarah yang panjang di kebudayaan dan kesusastraan Jepang. Kibidango dibuat di sebuah kota yang bernama Kibi kemudian terkenal di masyarakat sebagai kota yang melatarbelakangi legenda Momotaro. Terbuat dari nasi glutinous, gula, starch, dan sirup dengan has a chewy taffy-like consistency. Cemilan ini bisa ditemukan di seluruh supermarket di Jepang.

3. Kinakobo
Sumber gambar: taiken.co

 Panganan kecil nan manis ini mungkin jarang ditemui di negara lain di luar Jepang. Dengan bahan dasar utama kinako, yang merupakan kacang kedelai dicampur ke dalam bubuk. Resepnya begitu sederhana: sirup, gula, dan kinako dicampur dalam stik kecil dengan berbagai rasa. Meskipun ukurannya kecil, tetapi rasanya menarik dan baik untuk kesehatan dibanding permen lainnya.

4. Pocky

Sumber gambar: taiken.co

 Cemilan ini mudah dimakan dan mudah dibawa, cemilan berbenk stik ini bisa dinikmati kapanpun dan di manapun. Lapisan cokelat di atas stik pretzel ini menjadi cemilan sehari-hari bagi orang Jepang. Saat ini rasa yang ditawarkan semakin banyak seperti susu cokelat, cokelat, stawberry, pisang, teh hijau bahkan rasa pizza.

5. Umaibo

Sumber gambar: taiken.co

 Cemilan gurih berbahan dasar jagung ini memiliki rasa manis dan asin. Cocok untuk anak-anak dan mudah dibawa kemana pun dalam tas. Rasa yang biasnaya tersedia adalah mentaiko, jagung manis, atau rumput laut. Rasanya mirip seperti snack dari Amerika yaitu Cheetos atau Momogi  dari Indonesia.

6. Miyako Konbu
Sumber gambar: taiken.co

Cemilan berbahan dasar rumput laut ini rasanya manis seperti permen. Lebih dari 100 tahun lalu, orang Jepang selalu mengkonsumsi cemilan ini. Rasa manis yang khas, kenyal, gurih, dan menyehatkan. Miyako Konbu kaya akan umami, rasa kelima yang diyakini orang Jepang.

7. Edo Dagashi
Sumber gambar: taiken.co

Edo dagashi merupakan cemilan stik yang bahan dasarnya hampir sama dengan umaibo, namun dijual jauh lebih banyak. Di zaman Edo, cemilan ini disebut-sebut sebagai cemilan paling murah, Edo Dagashi mengandung rasa manis yang akan meleleh di dalam mulut. Saat ini cemilan ini hanya dijual pada saat-saat tertentu, jadi jangan sampai melewatkannya saat berkunjung ke Jepang.

8. Belut Bakar
Sumber gambar: taiken.co

Bagi kebanyakan wisatawan, belut bakar menjadi cemilan yang menantang. Rasanya, seperti yang sudah dibayangkan seperti belut bakar khas Jepang (unagi). Ini merupakan cemilan kenyal yang rasanya asin seperti rasa ikan. Karena belut kaya akan vitamin E, tentunya cemilan ini menyehatkan.

9. Sobaboro
Sumber gambar: taiken.co

Sobaboro merupakan kue yang terbuat dari tepung dan gula yang renyah. Cemilan ini menjadi populer setelah Perang Dunia II. Cemilan yang kaya dengan adonan tepung ini bisa juga mengenyangkan di saat lapar. Sobaboro dapat dinikmati bersama teh hijau ala Jepang.

Apabila saat berkunjung ke Jepang dan ingin menikmati makanan-makanan yang unik dengan rasa yang menarik, wisatawan bisa datang ke seluruh supermarket dan tersedia banyak pilihan cemilan. Rasa yang ditawarkan dan bentuk-bentuk yang menarik bisa menjadi pilihan oleh-oleh juga untuk keluarga dan teman-teman.

Ada banyak hal menarik di Jepang yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia . Selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah,  tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan.